Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Online UMKM Bersertifikat di Skill Academy by Ruangguru


Pandemi Covid 19 telah membuat runtuh perekonomian dunia. Termasuk perekonomian di Indonesia. Banyak pengusaha kecil yang terpaksa gulung tikar. Banyak orang harus kehilangan pekerjaan. Tapi ternyata banyak juga pengusaha kecil mikro dan menengah yang mampu bertahan.

Bagaimana cara mereka bertahan di tengah pandemi? Apa yang mereka lakukan tidak lain adalah mengikuti alur perkembangan zaman. Zaman dewasa ini banyak terpengaruh digitalisasi. Untuk konsumsi rumah tangga pun sudah banyak yang memilih berbelanja secara online. Sehingga melek teknologi dan mendigitalisasi sebuah usaha yang dirintis merupakan sebuah jalan keluar yang tepat.

UMKM memegang peranan besar dalam perekonomian di Indonesia. Sebagian besar kegiatan perekonomian dipegang oleh pelaku UMKM. Pengusaha di Indonesia itu kebanyakan adalah UMKM. Jika UMKM tidak upgrade untuk bertahan, dampak negatif turunnya penghasilan UMKM berpengaruh besar dengan kondisi kestabilan ekonomi nasional.

Mau tidak mau pelaku UMKM harus mendigitalisasi usahanya. Pandemi covid 19 telah membuat semua orang terpaksa mempercepat perubahan ke dunia serba digital. Untuk generasi milenial, era digital sudah sangat erat sehingga seolah tidak perlu dipelajari lagi.

Sebut saja misalnya ada seorang mahasiswa yang mau mulai sebuah bisnis jualan kosmetik kecil-kecilan. Segera ia mendaftarkan diri ke jaringan bisnis salah satu brand kosmetik. Lalu membuat akun instagram untuk bisnisnya. Kemudian mulai promosi. Untungnya semua temannya pun sudah aktif di dunia instagram. Sehingga langkah awal memulai bisnis berjalan mulus.

Ada juga seorang mahasiswa yang memulai usaha kuliner di masa pandemu covid 19. Ia membuat makanan di rumahnya. Lalu memasarkanmya secara online. Pembeli datang secara online. Ia pun juga sukses memulai bisnisnya meski ia memulai bisnis justru di zaman pandemi.

Tapi tak semua pengusaha UMKM melek teknologi. Bagi pengusaha berusia di atas generasi milenial, mendigitalisasi usahanya merupakan sebuah tantangan besar. Pun generasi milenial sendiri yang sudah melek teknologi masih terus berusaha upgrade skill untuk lebih meningkatkan penjualan bisnis UMKM mereka.

Kabar baiknya kini ada pelatihan online UMKM skill academy. Pelatihan ini bisa diikuti secara mudah di Skill Academy by Ruangguru. Hanya tinggal daftar di website atau aplikasinya. Lalu membeli kelas pelatihannya. Pelatihan pun bisa segera diikuti. 

Pelatihan online UMKM cocok diikuti baik bagi kamu yang sudah memiliki usaha di bidang UMKM maupun kamu yang baru mau memulai bisnis UMKM. Ada kelas pelatihan dimana kamu bisa menemukan ide bisnis seperti kelas Memulai Bisnis Kue Basah dan masih banyak lagi.

Ada banyak kelas juga untuk upgrade skill bidang UMKM untuk kamu yang mau ikut pelatihan bagaimana mengelola UMKM. Karena mengelola UMKM juga memerlukan beberapa skill lain selain membuat produk dan memasarkannya. Misalnya skill mengatur keuangan.

Berikut beberapa contoh kelas pelatihan online UMKM yang ada di Skill Academy by Ruangguru.

1. Pahami UMKM dan Pajaknya

Kelas ini bertujuan agar pelaku UMKM paham bagaimana cara membayar pajak UMKM. Di kelas ini dipelajari cara membayar pajak UMKM mulai dari memahami konsep pajak UMKM, cara lengkap menghitung dan membayar yang disertakan contoh kasusnya, juga jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang pajak UMKM.

2. Sukses Mengelola Keuangan UMKM

Kelas yang satu ini memiliki tujuan agar peserta paham pembukuan untuk mengelola keuangan UMKM dengan tepat. Nantinya di kelas ini akan dibahas tuntas terkait pembukuan, mulai dari pengenalannya, mengetahui konsep dasar akutansi, dan juga pembukuan berbasis akrual.

3. Bisnis Rumahan/UMKM Harus Tau: Menentukan Badan Usaha

Kelas ini cocok untuk kamu yang sedang merintis bisnis startup. Di kelas ini kamu akan mempelajari mulai dari mengenal berbagai bentuk badan usaha. Baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum. Di sini juga akan dipelajari prosedur yang tepat untuk mendirikan startup yang berbadan hukum, mengidentifikasi badan usaha yang sesuai untuk bisnis start up mu untuk kelancaran bisnis kamu.

4. Video Pelatihan: Akutansi Dasar Untuk UMKM

Kelas ini dalam bentuk video pelatihan, didesign untuk mengajarkan akutansi dasar untuk perusahaan kecil. Nantinya akan diajarkan membaca dan memahami laporan keuangan, melakukan rekonsoliasi bank, dan mengerjakan praktik studi kasus yang akan diberikan.

5. Video Pelatihan: Pentingnya Berkolaborasi  dan Berkomunikasi untuk UMKM

Kelas ini menjelaskan pentingnya berkolaborasi dan berkomunikasi baik secara internal maupun dengan pembeli.

Masih banyak lagi kelas pelatihan yang ada di Skill Academy by Ruangguru. Kelas-kelas ini dipandu oleh ahli di bidangnya masing-masing. Ada profesional ada pula mitra dari Skill Academy. Pastinya kamu harus baca dulu deskripsi, target pelatihan, tujuan pelatihan, dan penjelasan lainnya yang sudah disediakan di sana. 

Ada list pelatihan apa saja yang tersedia. Tinggal klik nanti muncul berbagai penjelasannya. Ada keterangan tentang topik apa saja yang dibahas. Ada berapa video dan dokumen yang akan diberikan. Kemudian ada bonus tambahan apa saja. 

Pelatihan online ini juga menyediakan sesi ujian baik pre test, mid test, maupun post test. Yang semuanya bertujuan agar peserta mantap dalam memahami materi yang dipelajari. Lalu akan diberikan sertifikat.

By the way, sebagai pelengkap, ada juga ulasan pengguna di sana. Jadi benar-benar  bisa memilih yang sesuai baru kemudian beli. Bagaimana? Menarik bukan? Tunggu apalagi, yuk upgrade skill UMKM kamu di Skill Academy by Ruangguru.

Post a Comment for "Pelatihan Online UMKM Bersertifikat di Skill Academy by Ruangguru"