Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MEMBACA NYARING SERU DENGAN APLIKASI LET’S READ

Bahasa ibu, sebuah bahasa yang biasanya kita kuasai sebelum mengenal bahasa lain. Sebuah bahasa yang membuat kita rindu kampung halaman saat pergi jauh. Yup, begitulah biasanya.

Sebagai seorang ibu aku putar otak cari cara bagaimana caranya agar anak mengenal bahasa ibu dan mencintainya. Seorang kerabat bercerita tentang aplikasi Let’s Read. Sebuah aplikasi untuk membaca buku bagi anak-anak yang dibuat oleh The Asia Fondation. 

Aplikasi ini menyediakan banyak sekali bacaan menarik untuk anak. Batinku berkata “Betul juga ya, kita bisa mengenalkan bahasa ibu dengan anak melalui membaca.” Kita harus memberikan hak mereka untuk pandai membaca dan lebih dekat dengan bahasa ibunya.

Mendownload Let’s Read di Play Store

Setelah mendengar cerita tentang Let’s Read aku langsung menuju play store. Begini kira-kira penampakannya di play store.


Ada gambar seekor gajah sedang membaca buku, lucu ya.

Sewaktu aplikasi dibuka kita akan diminta memilih bahasa aplikasi. Menurutku bahasa yang mereka tawarkan lengkap, kalau aku tentu memilih Bahasa Indonesia. Kemudian lanjut, setelah lanjut kita akan diminta memilih bahasa buku yang akan digunakan, aku pilih buku Bahasa Indonesia.

Kemudian halaman utama tampil. Pada halaman utama ada menu Buku Unggulan, Semua Buku dan  Buku Unduhan. 

Eh ini sudah bisa langsung digunakan tanpa login?

Yup, benar sekali. Aplikasi ini gratis dan kita tidak memerlukan login untuk menggunakannya. Benar-benar memudahkan.

Let’s Read menyediakan banyak sekali pilihan buku bacaan untuk pengguna, kita tinggal pilih yang kita suka. Aku mendownload buku berjudul Tata dan Titi, anakku suka sekali melihat gambar dua ekor anak ayam dan induknya di cover buku. Buku ini dikarang oleh Ratna Kusuma Halim. Keterangan mengenai pengarang dan lainnya bisa kita lihat di bawah cover buku.

Nanti buku yang sudah kita download akan masuk ke menu buku unduhan. Jika ingin membaca kita tinggal mengklik tombol baca di bagian kanan bawah cover. Jika kita ingin membaca halaman selanjutnya kita tinggal geser halaman ke kiri.

Oh iya, di Let’s Read gambar dan teksnya bisa diperbesar lho. Jadi misal kita membacanya menggunakan perangkat seluler tulisan dan gambar bisa tetap tampil lebih besar. 


Membaca nyaring bersama 

Karena buku ini dipilih bersama tentu anakku Cyra suka sekali saat aku membuka buku Tata dan Titi. Cyra belum bisa membaca, maklum umurnya baru 11 bulan jadi aku yang membacakan untuknya. Aku membaca nyaring sambil menirukan adegan Tata dan Titi di cerita. Sesekali aku menunjuk gambar yang sedang aku tirukan.

“Bagaimana Titi bisa naik? Titi tidak mau melepaskan cacing dari mulutnya. Tata juga tidak mau” ; Kataku.

Cyra melihatku sambil menyahut; “tatata…tattaaaa……tititi………….”; seakan kita memang sedang membaca bersama, lucu dan seru.

Kami tenggelam dalam cerita, seolah kami benar-benar berada di lokasi dimana Tata dan Titi berebut cacing. Gambar yang menarik membuat cerita yang kami baca seakan benar-benar hidup. Lembar demi lembar kami buka dengan penuh antusias. 

Sesekali Cyra menatap buku kemudian menatapku, sepertinya banyak hal yang ingin dia tanyakan tentang kehidupan para ayam.

Betul ternyata, kita bisa membaca nyaring bersama sebagai sarana mengenalkan bahasa ibu dengan anak. Tanpa sadar mereka akan menyerap kosa kata yang kita ceritakan.


Kesimpulanku tentang aplikasi Let’s Read:

Gratis dan Mudah digunakan

Let’s Read gratis, kita tidak perlu khawatir dengan harga beli atau biaya bulanan. Aplikasi Let’s Read sangat mudah diaplikasikan. Seperti ceritaku di atas, kita tinggal download, pilih bahasa dan pilih buku yang kita suka tanpa perlu login.

Bisa pilih bahasa

Ini pas sekali untuk anak-anak dalam proses belajar. Kita bisa memilih bahasa sesuai dengan kebutuhan. Ada bahasa Inggris, Indonesia, Jawa, Sunda, Minang dan lainnya.

Ada level bacaan dan banyak pilihan buku 

Anak-anak bisa mulai membaca dari My First Book, level 1 hingga level 5. Pembagian level ini bagus karena dengan begitu level kemahiran anak dalam membaca akan terus meningkat.

Let’s read juga menyediakan banyak pilihan buku untuk pembaca. Kita tinggal pilih yang kita suka. Kalau aku lebih suka mengajak anak memilih bersama agar dia lebih antusias saat membaca.

Aplikasinya tergolong ringan

Aplikasi ini ukurannya hanya 4 mega dan cocok untuk mobile maupun tablet.

Gambar dan tulisan menarik

Buku-buku di Let’s Read memiliki gambar dan tulisan yang menarik. Hal ini membuat anak antusias saat diajak membaca.

Pilihan cara membaca

Tidak hanya melalui aplikasi, kita juga bisa mendownload cerita Let’s Read dengan format PDF melalui websitenya.

Aku suka banget aplikasi ini. Aplikasi ini punya banyak kelebihan. Membaca nyaring untuk anak menjadi lebih seru. Yuk download aplikasi Let's Read.


Post a Comment for "MEMBACA NYARING SERU DENGAN APLIKASI LET’S READ"