Mengatasi Akun LinkAja yang Terblokir

 


Jadi ceritanya, aku belum lama buat akun LinkAja. Isi saldonya Rp 50.000. Sudah beberapa waktu ga dibuka. Eh lupa PIN. Pas mau akses akun di aplikasinya yah kan ga bisa.

Aku masuk applikasinya, mau coba-coba. Sekali salah. Dua kali salah. Ketiga kalinya salah juga. Fix akun terblokir. 

Aku langsung diperihatkan pilihan reset pin. Pilihannya ada tiga: via email, via pertanyaan keamanan, via callcenter. Aku ga punya pertanyaan keamanan. Juga ga punya email di sana.

Entah mengapa aku pas buat akunnya ga setting pertanyaan keamanan. Ga juga setting email. Super percaya diri kalau ga akan lupa pin. Namun ternyata terjadi.

Pikiranku jadi melayang ke masa SMP. Saat itu ada seorang guru yang suka maksa siswa nyatat apapun yang ia katakan. Ia bilang gini: "Catat itu! Nanti kalian pasti lupa!"

Dulu aku heran dengan beliau. Sekarang aku baru paham maksud beliau. Manusia itu memiliki keterbatasan memori. Untuk mencegah hilangnya memori penting, harus dicatat. 

Aku ga punya catatan apa-apa tentang PIN akun ini. Aku cuma punya satu pilihan. Telpon callcenter. Aku cus telpon ternyata no aku yang terdafyar di linkAja ga ada pulsa.. Hiks

Untung no yang lain ada pulsa. Tapi ga terdaftar di linkAja. Ku coba telpon callcenter via no itu. Ternyata bisa. 

Terhubung ke callcenternya sangat cepat. Petugasnya menyapa langsung aku sampaikan keluhan. Dia cek bentar. Katanya kemudian akunku bukan akun premium.

Jadi? Mereka ga bisa bantu reset PIN. Aku diminta hubungi *800*99# Kemudian ikuti saja langkah-langkah di sana. Lalu kusampaikan sebenarnya aku dah berulang kali coba upgrade ke akun premium tapi selalu gagal.

Kalau ga salah, waktu mau upgrade itu diminta foto ktp, trus selfie sama ktp. Nah, pas selfie fotoku ga diterima. Katanya mukaki beda sama yang di ktp.

Secara, KTP itu dibuat sepuluh tahun yang lalu. Mukaku sudah banyak juga perubahan. Solusinya beliau sampaikan, aku bisa ke grapari terdekat. Nanti dibantu disana. Tapi sebelumnya update dulu foto ktp di dukcapil ya gaes.

Selesai telpon callcenter aku langsung coba *800*99#

Lalu, dapat SMS kalau pin sudah direset. Juga diinfokan untuk ganti pin di *800*91*6digitPIN# (khusus pengguna telkomsel)

Kemudian diminta konfirmasi. Ga lama, dapat email diminta verifikasi email.

Selanjutnya buka lagi applikasi LinkAja. Masukkan PIN baru. Konfirmasi PIN baru. Berhasil!

0 Response to "Mengatasi Akun LinkAja yang Terblokir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel