Tips Wisata Indonesia yang Pelosok


Apakah Anda pernah bermimpi mengambil wisata Indonesia ke area pelosok. Tempat seperti pedalaman Kalimantan dan pulau terpencil NTT adalah area wisata yang tentu menarik dicoba bagi Anda yang suka liburan ke tempat baru. Tapi apakah Anda sudah siap untuk melakukan itu?

Berkunjung ke tempat pelosok memang bisa menghasilkan banyak pengalaman tidak terlupakan. Jadi, untuk membantu Anda, bagaimana jika saya pribadi membagi tips agar wisata ke pelosok Anda bisa nyaman, lancar dan lebih menyenangkan? Berikut adalah tips – tips dari pengalaman saya!

Pastikan Cari Tahu Dulu Soal Daerah yang Akan Dikunjungi
Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya tersendiri. Jika Anda ingin berwisata ke pedalaman yang budaya-nya masih kental, Anda harus belajar soal hal tersebut. Saya pribadi pernah berkunjung ke pulau kecil di gugusan NTB yaitu Teluk Gok.

Tempat wisata di pulau ini memang hanya pantai dan area laut, tapi untuk sekedar wisata budaya dan berpetualang, Anda bisa membawa pulang banyak hal. Nah, saat mengunjungi tempat itu, saya melakukan kesalahan. Hal seperti pendatang baru di pulau harus segera melapor ke kepala desa di pulau itu. Jika tidak, Anda bisa mendapat masalah.

Nah, waktu itu, karena berencana kunjungan singkat, Saya dan rombongan hanya menyewa boat dari pelabuhan Lembar dan langsung datang ke situ. Karena berpenghuni, saya tidak segan merapat ke pulau dan melihat – lihat area pantainya. Nah, pendatang seperti ini sangat tidak dianjurkan. Pertama Anda harus datangi desa di situ dan tanya siapa kepala desa-nya dan tujuan Anda datang. Jika tidak, Anda bisa dicurigai pendatang gelap yang memiliki kepentingan tidak jelas.

Pastikan Memiliki Persiapan yang Cukup Untuk Masalah Darurat
Jika berpergian ke tempat wisata Indonesia yang terpencil, pastikan memiliki persiapan untuk keadaan darurat. Hal ini penting kareana tempat terpencil di Indonesia terkadang memiliki akses sulit untuk cover polisi dan juga tempat kesehatan.

Tempat terpencil ini memang bisa menawarkan keindahan alam dan juga budaya yang unik. Tapi jika saat diperlukan tidak ada fasilitas yang bisa diandalkan, Anda sendiri yang akan kesulitan. Contoh saja seperti pengalaman saya saat ada di Teluk Gok. 

Tempat ini tidak ada rumah sakit dan bahkan toko obat. Jadi, saat saya butuh obat maag, saya tidak bisa beli. Untungnya, teman rombongan ada yang sudah bawa, jadi saat darurat ini bisa diatasi. Tapi jika tidak, asam lambung saya bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan. Saya awalnya merasa obat maag pasti bisa mudah di dapat di mana saja, tapi hal ini ternyata tidak benar.

Jangan Terlalu Memaksa Diri
Walaupun Anda ingin mencoba pergi ke pelosok Indonesia untuk mencoba sesuatu yang baru, Anda tetap tidak boleh memaksakan diri. Jika budaya tempat wisata pelosok tersebut memang tidak sesuai dengan pola hidup Anda, jangan terlalu memaksa untuk menganut budaya tersebut.

Contoh saja saya mendengar dari teman bahwa di pedalaman Papua, kebanyakan makanan diambil dari hutan dan juga berburu. Memang hal seperti memasak dan bumbu ada di situ, tapi cara memasak dan penggunaan bumbunya akan berbeda dengan makanan yang biasa Anda makan.
Dari cerita teman, ia memaksakan diri makan hidangan daging buruan yang terlalu gamey (amis bau hewan buas). Hal ini tentu tidak cocok dengan apa yang biasa dimakan dan akhirnya malam membuat muntah. Hal ini tentu dipandang suku pedalaman sebagai tindakan yang tidak hormat. Untuknya ada guide yang pergi bersama teman saya itu, jika tidak masalah sebagai tamu suku bisa kacau.

Hal seperti ini untungnya tidak pernah saya alami, tapi sejak mendengar hal tersebut saya tidak pernah memaksakan diri. Jadi walaupun berkunjung ke tempat pedalaman, saya biasanya masih menginap di area kota. Contoh saja seperti saat saya datang ke Teluk Gok, saya tidak menginap dan hanya mengunjungi dari pagi hingga sore. Selebihnya, saya luangkan di area Lombok Barat.

Sekian tips – tips yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman saya pergi ke pedalaman. Mudah – mudahan tips wisata Indonesia untuk area pelosok ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

0 Response to "Tips Wisata Indonesia yang Pelosok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel