Pendapat tentang pembelajaran online selama social distancing


Sebelum penjelasan pendapat tentang pembelajaran online selama social distancing, baiknya kita lihat dulu beberapa pengertian berikut:

Pembelajaran
Berdasarkan Permendikbud 103 th 2014, pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat.

Pembelajaran Online
Merupakan pembelajaran dengan menggunakan media digital sebagai sarana belajar jarak jauh.

Social Distancing
Merupakan pembatasa aktifitas sosial. Saat beeinteraksi dengan orang harus mengambil jarak minimal satu meter. Kemudian dilarang untuk berkumpul. Juga dilarang untuk mengunjungi keramaian. Kali ini, social distancing dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran covid 19.

Home Learning
Salah satu akibat dari penerapan social distancing adalah keharusan pelajar untuk belajar dari rumah. Home learning diberlakukan mulai dari untuk pelajar TK, SD, SMO, SMA, hingga Perguruan Tinggi.

Home learning mengharuskan mereka menjalani pembelajaran secara online. Kelas online dipandu oleh guru. Sehingga kegiatan belajar mengajar tetap berjalan. Namun dengan sistem online. Sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya yang pertama adalah sesuai dengan perkembangan zaman. Sekarang adalah zamannya online, zaman internet, zaman digital. Sudah semestinya kegiatan belajar mengajar memaksimalkan media zaman ini. Dengan begitu juga pelajar menjadi melek dengan zaman digital dalam bidang pendidikan.

Kelebihan yang kedua, fleksibilitas. Karena belajarnya dari rumah maka pelajar bisa merasakan fleksibilitas dalam belajar. Pelajar bisa sambil makan contohnya. Bisa sambil ngasuh adiknya. Kalau mau ke kamar kecil bisa segera.

Kelebihan yang ketiga adalah rekam yang jelas. Misalnya guru menggunakan google classroom. Terlihat disana waktu pengumpulan tugas secara otomatis. Siapa saja yang mengumpul tugas dengan cepat. Kemudian siapa saja yang terlambat.

Dalam pembelajaran konvensional di kelas. Kadang guru tidak mampu merekam dengan jelas dan tepat. Dikarenakan banyaknya siswa. Bahkan kadang tidak bisa pendataan samasekali karena kekurangan waktu.

Namun pembelajaran online juga memiliki kekurangan. Misal adanya pelajar yang tidak punya perangkat untuk bisa online. Misalnya tidak punya handphone. Ada yang tidak punya uang untuk beli paket data internet.

Kemudian ada pelajar yang tidak sanggup melihat layar terus menerus. Kalau melihat layat terus menerus mata jadi sakit. Apalagi tugas kadang datang bersamaan. Deadline tugas tuga ada yang bersamaan. Ada pula tugas yang datangnga malam. Jam melihat layar jadi lebih lama dan membuat mata sakit.

Pelajar yang memiliki kendala hendaknya segera melapor ke guru. Supaya dapat dimaklumi. Sebisanya untuk menemukan jalan keluar bersama. Jangan sampai ada kesalahpahaman karena pmbelajaran online tersebut. 

2 Responses to "Pendapat tentang pembelajaran online selama social distancing"

  1. Belajar online itu seru, kenapa ? Karena zaman sekarang walaupun berkumpul pasti asyik dengan perangkat masing2, dan ini disuruh memang untuk dekat dengan perangkat online masing2 dan berinteraksi di dalam jaringan kelas masing2, meskipun begitu pasti ada kelebihan dan kekurangan nya

    ReplyDelete
  2. memang belajar online itu seru tetapi tentu ada kekurangannya. Seperti ada wilayah tertentu yang susah sinyal internet. Ingat tempat kkn ku dulu kalau mau dapat sinyal mesti manjat pohon, bayangkan kalau anak-anak di sana pada manjat kan ya. Ini semua harus ditemukan solusinya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel