Model Pembelajaran


Model pembelajaran

Model pembelajaran adalah satu rangkaian cara untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang berisi pendekatan, strategi, metode, teknik, serta taktik agar tujuan pembelajaran bisa dicapai dengan baik dan maksimal. 


Beberapa jenis model pembelajaran


Model pembelajaran experiental learning, yaitu suatu model dimana proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar u ntuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung.

Model pembelajaran David Merril dimulai dengan model desain instruksional yang menunjukkan lingkungan belajar yang efektif adalah berbasis masalah dan melibatkan siswa dalam empat tahap yang berbeda dari pembelajaran: (1) aktivasi pengalaman sebelumnya, (2) demonstrasi keterampilan, (3) penerapan keterampilan 
dan (4) integrasi atau keterampilan ke dalam kegiatan dunia nyata. Gambar di bawah ini menunjukkan tahap-tahap mengatasi masalah dalam lingkungan belajar.

Model pembelajaran ASSURE dikembangkan oleh Sharon Smaldino, Robert Henich, James Russell dan Michael Molenda dan model ini dapat digunakan untuk menetapkan pengalaman belajar yang dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diinginkan. Langkah awalnya mengenal siswa dengan mengenal dan mengetahui profil siswa yang akan menempuh proses belajar, guru, instruktur, pelatih dan perancang program pembelajaran dapat menentukan kompetensi yang sesuai dan perlu dicapai. 
Model ASSURE dirancang untuk membantu para guru merencanakan mata pelajaran yang secara efektif memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas. Tujuan utama para guru adalah memenuhi kebutuhan unik setiap siswa sehingga mereka bisa mencapai tingkat belajar maksimum.

0 Response to "Model Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel