Mengapa harus ada latihan di dalam pembelajaran?

latihan

Mengapa harus ada latihan di dalam pembelajaran?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, baiklah kita melihat konsep dari pembelajaran:

Berdasarkan Permendikbud 103 th 2014, pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat.

Proses tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.

Jika kita liat konsep tersebut, terlihatlah bahwa pembelajaran itu proses melatih. Melatih agar bisa. Melatih agar mampu. Melatih agar peserta didik berkembang. Agar kemampuan peserta didik membaik terus meningkat.

Karena prosesnya adalah melatih, maka latihan adalah bagian mutlak. Bagian yang melekat pada pembelajaran itu. Suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari pembelajaran itu.

Dalam konsep belajar, manusia tidak cukup tahu saja jika ingin trampil. Harus ada latihan-latihan yang terus menerus dilakukan. Contohnya: Guru menjelaskan cara membuat cerita pendek. Pertama guru menjelaskan teori tentang bagaimana caranya.

Lalu, peserta didik diminta berlatih membuat cerita pendek. Dalam mereka dilatih, kesempatan guru membimbing. Guru membersamai pesera didik yang sedang latihan membuat cerita pendek. Biasanya dalam latihan peserta didik menemui kendala. Misalnya bingung mau buat judul apa.

Kejadian seperti ini menunjukkan dengan jelas perlunya latihan. Karena prosesnya peserta didik berlatih membuat judul. Kemudian kendala yang lain juga. Kemudian mereka terua berlatih sampai cerita pendek itu selesai. Semakin sering berlatih, mereka akan semakin pandai membuat cerita pendek.

Practice make perfect. Begitulah kata pepatah. Semakin sering latihan nanti semakin bagus keterampilannya. Juga, latihan itu akan efektif menyimpan pengetahuan di memori jangka panjang. Sehingga tidak mudah lupa atas suatu pengetahuan.

0 Response to "Mengapa harus ada latihan di dalam pembelajaran?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel