Pentingnya Seminar Nasional dan Seminar Internasional

Seminar 

Seperti tulisan sebelumnya tentang bagaimana cara menjadi audiens dalam seminar, definisi seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu permasalahan di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagaimnya).

Seminar ada banyak ragamnya. Ada seminar proposal skripsi mahasiswa. Seminar ini membahas permasalahan yang akan diangkat mahasiswa menjadi bahan penelitian. Dalam seminar akan ada dosen penguji dan dosen pembimbing. Kemudian juga ada mahasiswa lain yang mau menjadi audiens seminar.

Seminar ada yang skala tingkat daerah. Misalnya seminar yang diadakan tingkat kabupaten/kota. Ada pula tingkat provinsi. Kemudian tingkat nasional. Lalu tingkat internasional.

Sebuah seminar dinilai tingkatnya berdasarkan asal pembicara dan asal peserta. Misalnya, seminar baru dikatakan sebagai seminar internasional jika
pembicaranya minimal tiga orang dari tiga negara berbeda. Pesertannya juga minimal berasal dari tiga negara berbeda.


Pentingnya Seminar

Seminar adalah wadah pembahasan suatu masalah yang kemudian dibahas sampai kepada penyelesaiannya.  Seminar semakin tinggi tingkatnya dianggap semakin bermanfaat ilmunya. Karena pembicaranya yang sudah tingkatan internasional.

Mencintai ilmu pengetahuan dengan menjadi audiens seminar adalah kemuliaan seorang pencari ilmu. Seminar pun menjadikan orang semakin luas wawasannya. Seminar membuat orang beepikir secara logis karena seminar menunjukkan adanya penelitian dengan gaya pikir yang runtut dan sistematis.

Penting tidaknya sebuah seminar untuk diikuti bergantung juga dari kebutuhan audiens. Audiens bisa memilih ikut apa tidak suatu seminar melihat dari topik yang diangkat dan siapa saja pembicaranya. Jika dirasa tidak penting untuk diikuti maka menjadi pilihan calon audiens seminar.

Hasil Ikut Seminar
Seminar yang baik diikuti adalah seminar yang memang dibutuhkan audiens. Setelah ikut suatu seminar diharapkan ada hasil yang didapatkan. Ada ilmu baru yang diperoleh. Ada sesuatu yang bisa untuk coba diterapkan.

Jika sebelum mengikuti seminar calon audiens sudah tahu tidak akan mendapat ilmu baru. Juga tidak mendapat sesuatu yang bisa diterapkan. Maka seminar tersebut bisa untuk tidak diikuti.

0 Response to "Pentingnya Seminar Nasional dan Seminar Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel