Papua Surga Wisata Hijau di Indonesia

raja ampat
Raja Ampat, Papua Barat (Source: econusa.id edited with canva)

Papua Surga Wisata

Papua adalah pulau paling timur di Indonesia. Papua adalah penjaga kedaulatan bangsa di timur. Papua adalah bangsa Indonesia yang sangat istimewa. Alam Papua pun sungguh teramat kaya.

Papua itu surga wisata. Ada keindahan surga di sana. Ada burung surga, burung cendrawasih. Ada hewan unik juga, kanguru pohon. Ada aneka makanan khas. Ada kebudayaan yang khas. 

Papua Wisata Hijau

Hutan Papua (Souce: econusa.id)

Papua memang identik dengan kehijauan. Ingat Papua langsung teringat dengan hutan rimba. Hutan rimba di Papua memiliki hasil kekayaan alam yang khas: ada damar, kopi arfak, cokelat pabar, buah woton, babi hutan, dan sagu.

Ada pula rumah pohon yang unik dari suku Korowai. Rumah ini sebenarnya rumah panggung biasa. Namun disebut rumah pohon karena sangat tinggi. Tingginya antara tiga sampai sembilan meter. Lebih tinggi dari rumah panggung pada umumnya.

Mengunjungi rumah-rumah pohon ini bisa menjadi kegiatan wisata. Bisa juga sebagai kegiatan study tour. Bangunan rumah pohon ini bisa dijadikan agenda study tour mahasiswa jurusan arsitektur.

Tentang study tour, Papua bisa banget dijadikan daerah tujuan. Selain untuk mahasiswa arsitektur seperti yang aku sebut tadi. Untuk mahasiswa sosiologi, bisa menjadikan agenda untuk mengenal orang  asli Papua.

Buah Woton, Papua (Source: econusa.id)

Orang asli Papua adalah orang yang berasal dari rumpun ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli yang ada di Papua dan/atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua.

Untuk pembelajar bidang makanan juga bagus menjadikan papua sebagai tempat study tour. Makanan di Papua itu khas. Ada mie sagu, ada ubi bakar yang dibakar di dalam tanah, ada ulat sagu, ada juga kopi arfak.

Papua juga adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alam mineralnya. Papua adalah penghasil emas. Papua juga terkenal dengan wisata kelas internasional, Raja Ampat. Siapa yang tidak kenal dengan nama Raja Ampat.

Indahnya Raja Ampat

raja ampat
Raja Ampat, Papua Barat (Source: econusa.id)

Raja Ampat. Mungkin sama dengan kebanyakan orang lain. Aku ingin juga ke sana. Katanya belum ke Papua kalau belum ke Raja Ampat.

Aku pertama kali tertarik dengan Raja Ampat ketika pernah nonton pembahasannya di televisi. Itu sudah lama. Sampai saat ini belum kesampaian juga mau ke Raja Ampat.

Sampe pernah juga aku ikut seleksi pertukaran pemuda kapal. Rutenya ada ke raja ampat. Sayang ga lolos seleksi. Jadi batal ke Raja Ampat.

Waktu dapat kesempatan mengajar dengan stay setahun dari program pemerintah, Papua Barat jadi salah satu daerah sasarannya. Aku sempat berpikir mungkin aku dapat Papua. Sempat juga menghayal mau nanti berkebun di sana. Eh tahunya aku ga dapat ngajar di Papua.

Alam Raja Ampat sangat megah. Menikmati pemandangan di sana membuat hati berdecak kagum atas ciptaan Tuhan. Begitu indah. Pergi ke tempat seperti ini walau sekali seumur hidup semangatnya bisa disimpan sempanjang hayat.

Bagiku, mengunjungi tempat yang indah banget kayak Raja Ampat akan banyak memberikan kesegaran, motivasi, dan kehangatan. Tempat yang akan jadi kenangan seumur hidup. Semoga aja pada suatu saat bisa jalan-jalan ke sana bareng suami dan anak. aamiin.

Selain alamnya yang megah, Raja Ampat memiliki potensi fauna yang sangat kaya.  Ada banyak spesies ikan di sana. Yang bahkan tidak akan ditemukan di tempat lain. 

Hiu Karpet
Hiu Karpet, Fauna Raja Ampat (Source: econusa.id)

Salah satu contohnya adalah hiu karpet. Ikan ini bentuknya seperti hiu juga seperti karpet. Sedangkan kulitnya bermotif macan tutul. Unik banget.

Kemudian ada juga hiu berjalan. Hiu berjalan tersebut disebit-sebut sebagai hiu satu-satunya yang masih dalam proses evolusi. Ini hiu terakhir yang berevolusi. Sebagian besar hiu berevolusi 200 juta tahun yang lalu.

Papua itu Indonesia

Papua itu Indonesia. Papua itu istimewa. Papua memiliki kekhasan yang tinggi. Papua yang unik menjadikan Papua begitu berharga.

Keunikan dan kekayaan yang berlimpah dari alam Papua tentunya harus dilestarikan dan dijaga. Kesadaran menjaga ini bukan hanya berlaku untuk penduduk setempat. Tapi juga bagi semua orang yang datang ke Papua.

Selain menjaga alam, masyarakat harus bisa memaksimalkan potensi alam. Harapannya bisa menjadikan masyarakat makmur. Ada yayasan yang telah berupaya untuk itu. EcoNusa yang berfokus pada upaya memaksimalkan potensi sumber daya alam di sana. Semoga bisa menjadi kebaikan untuk Papua, Indonesia.

Sumber Referensi:
https://econusa.id/
https://hutanpapua.id/
https://indonesia.go.id/
UU Otonomi Khusus

43 Responses to "Papua Surga Wisata Hijau di Indonesia"

  1. Papua,,, kapan lah bisa jalan jalan kesana, melihat alam nya yang penuh keindahan dan keunikan

    ReplyDelete
  2. Wow..alam Papua memang keren ya! Semoga tetap terjaga dan lestari ya.. ingin juga ke Raja Ampat suatu saat nanti..

    ReplyDelete
  3. Kalau baca ini sambil.mikir kapan ya sampai sini. Pun kalau kerajinannya yang khas punya aku oleh oleh dari teman hahaha

    ReplyDelete
  4. Papua itu Indonesia, meski secara fisik orang papua itu khas banget dan beda sama yang lainnya. Aku pengen juga ke papua, melihat begitu banyak sumber daya alam yang melimpah di sana

    ReplyDelete
  5. ingin banget ke Papua, menikmati liburan di alam yang asri dan jaaaaauuuuuuh dari rumahku wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Aku pernah lihat perjalanan di Papua via TV, bagus banget pemandangannya. Gak salah sih kalau disebut sebagai deatinasi wisata hijau. Mbaknya pengen ke Raja Ampat juga ternyata, itu termasuk tempat favorit yg pengen kudatangi hihi

    ReplyDelete
  7. Hiunya kok kiyuutt yaah...((apa pangambilan sudut fotonya aja?))
    Papua memang syurga yang tersembunyi yaa...indahnya alam dan semua yang masih alami, ada di sana...

    ReplyDelete
  8. Papua emang indah banget sih klo aku liat di google walaupun blm prnh ksna

    ReplyDelete
  9. Kalau menurut saya, jalan2 ke Bali itu terlalu mainstream. Tapi kalau ke Raja Ampat ini baru keren, secara tiket pesawatnya aja lumayan banget..heheh

    ReplyDelete
  10. Pengen banget ke Raja Ampat, sudah lihat foto-fotonya, bagus sekali. Semoga one day bisa traveling bareng keluarga ke sana

    ReplyDelete
  11. Pulau impian aku 😍😍😍

    ReplyDelete
  12. Seneng ya kalau ada lembaga macam econusa ini, yang bisa menjaga kelestarian hutan kita dan mempercantiknya sehingga bs jadi kawasan wisata hijau tanpa haru merusaknya.

    ReplyDelete
  13. duh keren banget dah raja ampat, kapan ya bisa berwisata ke daerah ini. masih sangat alami. semoga next time terwujud

    ReplyDelete
  14. Keinginanku untuk ke Papua bukan hanya ingin menikmati keindahan alamnya saja. Tetapi juga ingin mempelajari budayanya yg sangat unik itu

    ReplyDelete
  15. Wah baru tau makanan khas Papua mi sagu..kirain itu dari tanah Melayu...heheh...siapa sih yang gak pengen ke Papua ya...alam nya indah , apalagi ada hiu karpet... Jadi makin penasaran liat fauna disana

    ReplyDelete
  16. Semoga dengan adanya yayasan yang menjaga dan memaksimalkan potensi yang ada di Papua, akan menarik banyak orang datang kesana karena ingin mengenal lebih banyak. Bangga Indonesia!

    ReplyDelete
  17. Salah satu angan yang belum kesampaian ke Papua. Entahlah kapan bisa sampai sana ya. Raja Ampat sendiri jadi list yang sudah lama ingin dieksekusi. Semoga covid segera berlalu hingga bisa mbolang lagi ya.

    ReplyDelete
  18. Sepakat bila ada yg bilang Papua itu surga kecil yg jatuh ke bumi. Dan saya salah satu yg beruntung karena pernah kerja dsana. G lebih dr 1 tahun tp lumayan bs jln2 gratis

    ReplyDelete
  19. Gak cuma hijau ya, Papua juga biru karena alam bawah lautnya super Indah. Kapan ya bisa ke Papua.

    ReplyDelete
  20. Masya Allah Tabarakallah, Papua ini sungguh indah yah, daya tarik untuk para wisatawan nih. Duh kapan saya bisa kesana yah?

    ReplyDelete
  21. Wah indahnya Papua, sudah lama sih ingin tahu banyak tentang Papua. Semoga ada langkah untuk ke sana suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  22. Tetap SemangatCiee kak Nina, walau belum berhasil ke tempat impian ini, insya Allah bisa terwujud ke destinasi impian banyak orang ini. Soalnya daku juga pengen sih, hehe, siapa tahu kita bisa bareng jalannya, eeaa

    ReplyDelete
  23. Destinasi impian sejak dulu nih
    Udah jatuh cinta sama keindahan alam Papua sejak melihat di prangko-prangko jaman dulu. Pengen lihat cendrawasih secara langsung, pengen larilari manja di Lembah Baliem, pengen terpana asyik dari ketinggian Raja Ampat
    Ahh... semoga tercapai

    ReplyDelete
  24. Alam Papua memang menakjubkan banget. Saya juga ingin banget bisa ke Raja Ampat, semoga terwujud, aamiin....

    Btw ikan hiu karpetnya unik banget deh!

    ReplyDelete
  25. Saya selalu mupeng kalo lihat foto dan cerita tentang Papua dgn keindahan alamnya. Semoga suatu saat nanti saya bisa berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  26. dari lomba blog tentang Papua aku jadi kepoin webnya EcoNusa ternyata alam Papua itu indah ya. Semoga aku bisa berkunjung ke sana suatu saat nanti. Banyak orang cuma taunya Raja Ampat ternyata di Papua banyak tempat menarik lainnya yang gak kalah bagusnya

    ReplyDelete
  27. Iya benar, Papua juga Indonesia. Sudah selayaknya kita mencintai dan menjaga Papua seperti kita mencintai dan menjaga daerah lainnya di Indonesia. Jayalah Papua, lestari alammu, kekal budayamu.

    ReplyDelete
  28. keren ya pemandangan di Papua. Jadi pengen mampir tapi sayang jauh di mata, hehehe. Btw, aku jadi ingat nih kalau tahu papua tuh pas SD dan aku kira negra tetangga loh, hehe

    ReplyDelete
  29. Pengen banget ke sana lho kak.. tapi apa daya, selain sakit, duit juga gak ada. Duh kepo banget aku sama semua yang ada di situ. Itu si Hiu Karpet, lucu jg kulitnya..

    ReplyDelete
  30. Ya Allah aku kepingin banget holiday trip ke Papua, sekalinya kesana malah business trip ke freeport :(

    ReplyDelete
  31. Kapan ya saya dan keluarga bisa mengunjungi Papua. Raja Ampat. Lembah Baliem dan masih banyak lagi. Apalagi saya senang sekali nontonin beberapa tayangan dari Ring Of Fire yang edisi Papua. Kebayang cantiknya alam Papua.

    Eh iya, Buah Woton itu bisa dikonsumsi?

    ReplyDelete
  32. selalu rindu dengan Papua karena papahku dinas disana, jadi rindu aja sama cerita dan juga foto-foto keindahan alamnya

    ReplyDelete
  33. Pengen banget ke Raja ampat dan ke daerah lainnya di Papua. Semoga nanti ada kesempatan. Meski liat dari foto aja, udah terbanyang kalo Papua itu masih asri dan alami banget alamnya.

    ReplyDelete
  34. Papua ini memang surga kecil di dunia, makanya beruntung Indonesia punya Papua. Ya kaya hutannya, dengan binatang endemik yang keren banget, ya kaya pula perut buminya. KOpinya apalagi :) Kapan ya bisa ke Papua....

    ReplyDelete
  35. Beberapa waktu belakangan ini banyak teman-teman blogger yang mengulas tentang keindahan di tanah Papua. Dan saya setuju sekali kalau Papua dikatakan sebagai surga wisata hijau di Indonesia

    ReplyDelete
  36. Indah sekali ya wisata hijau di Papua sana, kalau melihat potensi keindahan di sana suka khawatir takut rusak alamnya atau dikelola dengan tidak tanggung jawab. Semoga senantiasa indah dan terawat yah di Papua inih

    ReplyDelete
  37. PApua adalah surga tersembunyi yang beneran masih perawan alamnya dan lengkap, gunung, bukit, savana, hutan sampai laut, pantai dan bebatuan indah. duhhhh sayang aja jauh, kalau deket pasti udah dijelajahi semua sih

    ReplyDelete
  38. jadi pengen ke papua neh.. kapan ya menjejak kesana.. duh udah ga tahan neh mau kesana banget akutuh

    ReplyDelete
  39. Wisata hijau di Papua ini memang bukan main mbaaak, saya pernah tinggal di Papua aja takjub, apalagi Jayapura itu baguuuuus sekali

    ReplyDelete
  40. Keindahan di Papua ini luar biasa ya Mba, aku jadi pengen ke Papua
    semoga ada rejeki bisa sampe sana, belajar banyak hal.

    ReplyDelete
  41. Papua emang keren. Wishtlist travel aku mau ke papua dan rajaampat. Semoga oneday bisa travelling ke sana.

    ReplyDelete
  42. Papua benar-benar surga dunia ya.. indah banget. Kupikir yang indah itu cuma Raja Ampatnya, ternyata banyak tempat di Papua yang juga tak kalah indah dan menarik. Semoga bisa diberi rezeki menginjakkan kaki ke Papua.

    ReplyDelete
  43. Waaa jadii makin pengen kesana nihh, memang eksotis banget keindahan di tanah Papua🥺

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel