Papua Surga Wisata Hijau di Indonesia

Papua
Raja Ampat, Papua Barat (Source: econusa.id edited with canva)

Papua Surga Wisata

Papua adalah pulau paling timur di Indonesia. Papua adalah penjaga kedaulatan bangsa di timur. Papua adalah bangsa Indonesia yang sangat istimewa. Alam Papua pun sungguh teramat kaya.

Papua itu surga wisata. Ada keindahan surga di sana. Ada burung surga, burung cendrawasih. Ada hewan unik juga, kanguru pohon. Ada aneka makanan khas. Ada kebudayaan yang khas. 

Papua Wisata Hijau

Papua memang identik dengan kehijauan. Ingat Papua langsung teringat dengan hutan rimba. Hutan rimba di Papua memiliki hasil kekayaan alam yang khas: ada damar, kopi arfak, cokelat pabar, babi hutan, dan sagu.

Ada pula rumah pohon yang unik dari suku Korowai. Rumah ini sebenarnya rumah panggung biasa. Namun disebut rumah pohon karena sangat tinggi. Tingginya antara tiga sampai sembilan meter. Lebih tinggi dari rumah panggung pada umumnya.

Mengunjungi rumah-rumah pohon ini bisa menjadi kegiatan wisata. Bisa juga sebagai kegiatan study tour. Bangunan rumah pohon ini bisa dijadikan agenda study tour mahasiswa jurusan arsitektur.

Tentang study tour, Papua bisa banget dijadikan daerah tujuan. Selain untuk mahasiswa arsitektur seperti yang aku sebut tadi. Untuk mahasiswa sosiologi, bisa menjadikan agenda untuk mengenal orang  asli Papua.

Orang asli Papua adalah orang yang berasal dari rumpun ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli yang ada di Papua dan/atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh masyarakat adat Papua.

Untuk pembelajar bidang makanan juga bagus menjadikan papua sebagai tempat study tour. Makanan di Papua itu khas. Ada mie sagu, ada ubi bakar yang dibakar di dalam tanah, ada ulat sagu, ada juga kopi arfak.

Papua juga adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alam mineralnya. Papua adalah penghasil emas. Papua juga terkenal dengan wisata kelas internasional, Raja Ampat. Siapa yang tidak kenal dengan nama Raja Ampat.

Indahnya Raja Ampat


Raja Ampat
Raja Ampat, Papua Barat (Source: econusa.id)

Raja Ampat. Mungkin sama dengan kebanyakan orang lain. Aku ingin juga ke sana. Katanya belum ke Papua kalau belum ke Raja Ampat.

Aku pertama kali tertarik dengan Raja Ampat ketika pernah nonton pembahasannya di televisi. Itu sudah lama. Sampai saat ini belum kesampaian juga mau ke Raja Ampat.

Sampe pernah juga aku ikut seleksi pertukaran pemuda kapal. Rutenya ada ke raja ampat. Sayang ga lolos seleksi. Jadi batal ke Raja Ampat.

Waktu dapat kesempatan mengajar dengan stay setahun dari program pemerintah, Papua Barat jadi salah satu daerah sasarannya. Aku sempat berpikir mungkin aku dapat Papua. Sempat juga menghayal mau nanti berkebun di sana. Eh tahunya aku ga dapat ngajar di Papua.

Alam Raja Ampat sangat megah. Menikmati pemandangan di sana membuat hati berdecak kagum atas ciptaan Tuhan. Begitu indah. Pergi ke tempat seperti ini walau sekali seumur hidup semangatnya bisa disimpan sempanjang hayat.

Bagiku, mengunjungi tempat yang indah banget kayak Raja Ampat akan banyak memberikan kesegaran, motivasi, dan kehangatan. Tempat yang akan jadi kenangan seumur hidup. Semoga aja pada suatu saat bisa jalan-jalan ke sana bareng suami dan anak. aamiin.

Selain alamnya yang megah, Raja Ampat memiliki potensi fauna yang sangat kaya.  Ada banyak spesies ikan di sana. Yang bahkan tidak akan ditemukan di tempat lain. 

Hiu Karpet
Hiu Karpet, Fauna Raja Ampat (Source: econusa.id)

Salah satu contohnya adalah hiu karpet. Ikan ini bentuknya seperti hiu juga seperti karpet. Sedangkan kulitnya bermotif macan tutul. Unik banget.

Papua itu Indonesia

Papua itu Indonesia. Papua itu istimewa. Papua memiliki kekhasan yang tinggi. Papua yang unik menjadikan Papua begitu berharga.

Keunikan dan kekayaan yang berlimpah dari alam Papua tentunya harus dilestarikan dan dijaga. Kesadaran menjaga ini bukan hanya berlaku untuk penduduk setempat. Tapi juga bagi semua orang yang datang ke Papua.

Selain menjaga alam, masyarakat harus bisa memaksimalkan potensi alam. Harapannya bisa menjadikan masyarakat makmur. Ada yayasan yang telah berupaya untuk itu. EcoNusa yang berfokus pada upaya memaksimalkan potensi sumber daya alam di sana. Semoga bisa menjadi kebaikan untuk Papua, Indonesia.

Sumber Referensi:
https://econusa.id/
https://hutanpapua.id/
https://indonesia.go.id/
UU Otonomi Khusus

1 Response to "Papua Surga Wisata Hijau di Indonesia"

  1. Papua,,, kapan lah bisa jalan jalan kesana, melihat alam nya yang penuh keindahan dan keunikan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel