Cara Menjadi Audiens dalam Seminar

seminar

Seminar

Baiklah sobat cuapguru, kali ini cuapguru akan membahas tentang bagaimana menjadi audiens dalam seminar. Sebelum lebih lanjut, yuk kita lihat dulu arti seminar dalam KBBI.

Seminar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu permasalahan di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagaimnya)

Seminar yang diadakan biasanya berkaitan dengan dunia perguruan tinggi. Karena perguruan tinggi tempatnya banyak peneliti. Baik dari kalangan mahasiswa maupun para dosen. Tapi ada juga seminar yang tidak melibatkan dosen maupun mahasiswa.

Yang jelas, seminar berjalan dengan materi yang sudah disiapkan secara matang. Untuk permasalahan yang dibahas biasanya tentang apa yang diperlukan untuk dicari solusi. Bisa juga tentang isu yang sedang hangat.

Cara Menjadi Audiens dalam Seminar

Untuk bisa mengikuti sebuah seminar, kita perlu tahu siapa yang mengadakan seminar. Biasanya akan ada nomor yang bisa dihubungi. Segera kontak nomor atau apa yang telah disediakan sebagai narahubungnya. Siapa tahu ada batasan jumlah peserta. Kita juga tidak tahu jumlah peminat yang mendaftar.

Jika sudah mendaftar, baiknya mencari tahu tentang apa saja yang akan dibahas pada seminar. Jika ingin memaksimalkan hasil ilmu yang didapat, buatlah daftar pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Nanti jika pada saat seminar, jika pertanyaan tersebut belum terjawab di materi awal, bisa tanyakan saat sesi tanya jawab.

Saat seminar berlangsung, ketika menjadi peserta seminar, lebih baik duduk di dekat orang yang tidak dikenal. Karena duduk bersama orang yang dikenal biasanya membuat lebih banyak ngobrol. Kemudian kurang fokus dengan isi seminar.

Lalu catatlah poin-poin yang dianggap penting. Mencatat adalah cara terbaik untuk mengingat. Mencatat juga sebagai salah satu cara untuk lebih paham atas apa yang disampaikan. Jari jemari yang terus bergerak juga membuat otak lebih aktif.


Seminar dengan Audiens yang Terbagi

Ada pula kalanya seminar menggunakan sesi yang terbagi. Biasanya ini adalah seminar dengan jumlah pembicara yang sangat banyak. Juga dengan jumlah audiens yang banyak.

Kemudian dibagilah kelas-kelas. Dalam setiap kelas akan ada beberapa pembicara. Audiens bebas memilih mau ikut kelas yang mana. Pembagian ini diharapkan dapat membuat penyampaian materi lebih terserap.

Seminar seperti ini biasanya seminar Internasional. Jumlah pembicara yang kan menyampaikan hasil penelitiannya memang banyak banget. Kemudian dibagi beberapa kelas. Pastikan untuk mengetahui jadwal per kelas. Sehingga bisa memilih mau melihat pembicara yang mana dengan topik apa.

0 Response to "Cara Menjadi Audiens dalam Seminar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel