Strategi Jitu Rahasia Sukses Mayora


Siapa sih yang ga suka ngemil? Kalau aku tentunya suka banget. Apalagi camilannya merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. Untuk minuman, aku sukanya minuman yang selain segar juga ada kandungan kebaikannya. Gimana kalau sahabat cuapguru? 

Indonesia memiliki kekayaan yang melimpah. Pasti kalimat semacam ini sudah tak asing lagi. Bahkan katanya, tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Hal semacam ini nyatanya membuat Indonesia juga jago dalam kreasi camilan dan minuman lho.

Lihat aja PT. Mayora Indah Tbk, PT ini sukses menjadi market leader untuk produk makanan dan minuman. Tak hanya di dalam negeri, bahkan di luar negeri. Sudah lebih dari 80 negara menjadi negara yang juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang dibuat PT Mayora.

PT. Mayora berhasil membuat Indonesia bangga. Bukan hanya sekadar berhasil memenuhi permintaan masyarakat atas produknya. Tapi menjadi market leader di negeri sendiri dan di luar negeri. Apasih rahasia kesuksesan Mayora?

CEO Mayora, Andre Admadja, tentu memiliki strategy khusus untuk kesuksesan perusahaannya. Perusahaan yang dipimpinnya ternyata memiliki winning strategy yang jitu. Winning Strategynya adalah winning people, winning produk, dan winning process.

Winning people artinya mereka hanya bekerjasama dengan orang-orang terbaik. Kerjasama yang dimaksud, baik secara ekternal maupun orang-orang di internal perusahaan. Hal ini sangat penting. Karena orang-orang yang hebat akan menghasilkan hasil yang hebat pula.

Winning produk artinya produk yang dikeluarkan hanyalah produk terbaik. Produk yang memiliki kualitas yang sangat baik. Rasa dari makanan dan minuman harus terjamin enak. Selain itu Mayora juga mengedepankan inovasi dalam makanan dan minuman yang diproduksinya.

Contohnya aja kopiko. Permen ini kopiko merupakan inovasi dari cara minum kopi biasa ke cara minum kopi yang fleksibel. Minum kopi bisa kapan aja dan dimana aja dengan permen kopiko. Semua orang pun mengakui rasa kopiko itu enak.

Produk Mayora yang sedang gencar dipromosikan adalah Teh Pucuk Harum dan Le Minerale. Dua produk minuman ini diusahakan untuk bisa menguasai pasar. Caranya dengan membuka segmen pasar baru, misalnya saja dengan mengemas minuman ke ukuran baru.

Kemudian ada juga strategy emotional experience. Contohnya untuk campaign minuman Le Minerale, Mayora ikut menggunakan campaign sejalan dengan gerakan Indonesia Sehat.  Le minerale hadir sebagai kebutuhan minuman dengan kandungan mineral alami. Minuman yang mendukung Gerakan Indonesia Sehat.

Untuk campaign Teh Pucuk Harum, Perusahaan memberikan kesempatan kepada konsumen muda untuk bisa menjalani proses produksi Teh Pucuk Harum

Winning Strategy yang berikutnya adalah winning process. Winning process berkaitan dengan strategi pemasaran. Contohnya untuk sukses memasarkan produk di luar negeri. Perusahaan perlu memahami karakter negara tujuan. Lalu harus memahami sistem regulasi dan distribusi setempat. Juga memahami kebutuhan konsumen di sana.

Itulah Strategi Mayora untuk keberhasilan produk-produknya. Sehingga sukses tak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri. Berbagai merek makanan dan minuman Mayora menjadi pemenuhan kebutuhan masyarakat. Juga menjadi kebanggaan Indonesia.

0 Response to "Strategi Jitu Rahasia Sukses Mayora"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel