Beberapa Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Selama Hamil



Tips tentang Kehamilan


Pastinya menjadi dambaan setiap wanita yang sedang hamil untuk memiliki kondisi berat badan yang ideal. Terjadinya berat badan yang kekurangan (underweight) ataupun kelebihan berat badan (overweight) akan mempengaruhi bagi kesehatan ibu hamil dan juga calon buah hatinya nanti. Oleh karena itu terpenuhinya nutrisi yang tepat dan seimbangnya pola makan tentunya akan dapat membantu ibu untuk bisa mendapatkan kualitas kelahiran yang baik. 
Berikut dibawah ini adanya beberapa tips yang bisa ibu praktekkan untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal selama hamil diantaranya yaitu : 
  • Selama menjalani masa kehamilan, sangat penting bagi ibu untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Pasalnya tidak semua makanan yang dikonsumsi ibu hamil itu mengandung nutrisi yang diperlukan ibu selama masa kehamilannya. Sehingga harus diperiksa dengan baik dan teliti komposisi dari makanan yang dikonsumsinya.
  • Supaya semua variasi nutrisi dapat terserap maka harus tetap seimbang pola makannya. Cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, dan juga kombinasi buah buahan serta sayur yang cukup. Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan dengan porsi yang secukupnya, supaya nantinya ibu hamil terhindar dari mengkonsumsi cemilan yang berlebihan. 
  • Ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumi suplemen yang mengandung asam folat, zat besi, vitamim, kalsium, dan lainnya yang pastinya berdasarkan kepada resep yang diberikan dokter. 
  • Tidak makan secara terburu buru karena dapat menyebabkan meningkatnya gula darah, terjadinya hal ini tentunya sangat berbahaya terhadap kehamilan. Ketika ibu hamil terlalu cepat mengunyah maka kemungkinannya akan menghabiskan banyak makanan. 
  • Cobalah setiap minggunya itu ibu menimbang berat badan, karena dengan melakukan ini maka akan mempermudah ibu untuk mengontrol berat badannya dan mengembalikannya ke berat badan ideal. 
  • Melakukan olahraga memang baik tetapi bagi ibu hamil ada baiknya menghindari melakukan olahraga yang terlalu berat, mengkonsumsi buah buahan dan sayuran, dan pastinya harus teratur minum air putih. 
  • Mulailah menjalani kebiasaan sehat seperti berolahraga, mengkonsumsi buah buahan, mengkonsumsi sayuran, dan juga jangan lupa setiap harinya itu harus teratur minum air putih. 
Setelah mengetahui beberapa tips untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal selama hamil maka saatnya untuk mencari tahu apakah berat badan sekarang dimana sedang dijalaninya masa kehamilan sudah ideal atau belum. Cara untuk mengetahui apakah kenaikan berat badan ibu hamil ideal adalah dengan berdasarkan kepada Body Mass Index atau BMI. BMI ini dapat dihitung berdasarkan kepada tinggi dan berat badan ibu sebelum hamil. Sekarang ini di internet telah banyak beredarnya kalkulator berat badan ibu hamil yang dapat digunakan untuk menghitung BMI. Tetapi jika kamu ingin menghitungnya secara manual maka bisa menggunakan rumus BMI seperti berikut ini : Berat Badan (dalam Kg) yang dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). 
Ketika ibu hamil mengalami kondisi berat badan berlebih atau overweight maka akan beresiko tinggi terkena hipertensi dan juga diabetes. Bagi calon bayi dari seorang ibu yang memiliki berat badan berlebih, kemungkinannya akan terhambat pertumbuhannya. Sedangkan jika berat badan ibu hamil kurang atau underweight maka akan menyebabkan resiko yang membahayakan juga, dimana pertumbuhan bayi juga akan terganggu dengan kondisi badan yang seperti itu. 
Jika selama kehamilan ibu mengetahui berat badan yang ideal, maka akan dapat mengetahui batas berat badan yang dianjurkan supaya keselamatan ibu dan calon bayinya terjamin.

0 Response to "Beberapa Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Selama Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel