PAST TENSE

Past Tense

Past Tense adalah Bentuk Waktu Lampau/Telah Berlalu. Past Tense merupakan salah satu dari tenses (bentuk waktu) yang paling sering digunakan. Past tense digunakan untuk menunjukkan informasi bahwa sesuatu yang diterangkan adalah sesuatu yang sudah terjadi atau sudah berlalu atau kejadian di waktu lampau. Misalnya Della ate soto last night. Artinya Della makan soto tadi malam. Makan di kalimat ini menggunakan kata kerja bentuk past tense. Biasa disebut juga kata kerja bentuk ke dua (Verb 2/ V2). 

Makan = eat → eat adalah bentuk kata kerja dasar/ kata kerja bentuk 1/ verb 1
Makan = ate → ate adalah bentuk kedua dari eat. kata eat berubah menjadi ate untuk menunjukkan bahwa kegiatan makan yang dilakukan adalah di waktu yang telah berlalu. Maka ate disebut kata kerja bentuk kedua atau verb 2. 

belajar bahasa inggris

Susunan kalimat Past Tense:

(+) S V2  O
(?) Did S V1  O?
(-) S did not V1  O

Examples

(+) Guido watched Gundala yesterday
(-) Guido did not watched Gundala yesterday
(?) Did Guido watch Gundala yesterday?


(+) Guido ate gado-gado yesterday
(-) Guido did not eat gado-gado yesterday
(?) Did Guido eat gado-gado yesterday?


(+) I was in Padang last year
(-) I was not in Padang last year
(?) Was I in Padang last year?

Beberapa contoh kalimat bentuk positif Past Tense 

➊ Rian made a robot
➋ Andi saw Rian yesterday
➌ lala wrote a new novel
➍ I read it last night
➎ Fahrul drew an amazing scenery
➏ You drank Thai Tea yesterday
➐ I called you there
➑ Kana was very angry
➒ Yana was calm
➓ They were together

Beberapa contoh kalimat bentuk negatif Past Tense 

➊ You did not make your homework
➋ I did not make my homework
➌ We did not make our homework
➍ Our teacher did not come
➎ We were not lucky at the time
➏ He was not very kind
➐ Anita was not sick yesterday
➑ She did not call us
➒ She did not say anything
➓ Andi was not happy

Beberapa contoh kalimat bentuk pertanyaan Past Tense 

➊ Did you come to her party?
➋ Did you see Lala?
➌ Did you call her?
➍ Did she hear you?
➎ Did she answer?
➏ Did he love you?
➐ Did he go?
➑ Did they met?
➒ Did your mother make a cake?
➓ Did you eat it?

Sudah sangat umum bahwa kalimat past tense itu menggunakan keterangan waktu "yesterday" atau "last night". Jelas terlihat bahwa kalimat past tense adalah kalimat tentang apa yang terjadi di masa lampau, di kemaren hari. Lalu bagaimana dengan kejadian beberapa jam yang lalu? atau beberapa menit yang lalu? Karena juga telah berlalu (lampau) maka sudah menggunakan kalimat past tense. Misalnya detik ini Tiara bertanya kepada saya dimana Lala. Tiara mau mengajak Lala makan tekwan. Saya kebetulan tadi lihat Lala makan tekwan di kantin. Lala makan bersama Yana. Maka saya menyampaikan informasi tentang apa yang tadi saya lihat (lampau) dengan kalimat past tense: "Lala was in cafeteria. I saw Lala with Yana there. They ate tekwan."

Kalaupun kejadiannya barusan aja berlalu juga sama. Menggunakan past tense juga. Karena juga sudah berlalu. Walaupun baru saja berlalu. Misalnya saya tak sengaja melihat Ando membanting handphonenya. Lalu saya bertanya, "Why did you do that?" Artinya, kenapa kamu ngelakuin itu, banting hape?" Trus Ando nanya ke saya, " Did you see that?" Artinya, kamu liat ya tadi? Ando keheranan. Ando kira ga ada orang yang lihat.

Yang perlu diingat dari ciri kalimat past tense adalah bentuk kata kerjanya menggunakan kata kerja bentuk kedua atau verb 2. Kalau belum hafal perubahan bentuk kata kerja, apa boleh buat, memang harus dihafal. Kata kerja bentuk kedua ini hanya digunakan di kalimat bentuk positifnya saja. Kalimat bentuk negatifnya menggunakan kata bantu "did" lalu diberi "not" Jadinya "did not". Setelah menadapat kata tambahan did not maka kata kerja kembali ke bentuk pertama. Begitu juga dengan bentuk kalimat pertanyaan. Dalam kalimat tanya digunakan kata bantu "did" sebagai penanya. Setelah menggunakan "did" maka kata kerja kembali ke bentuk pertama. " Did you see that?"

0 Response to "PAST TENSE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel