Tempat Rekreasi di Tanjung Enim

Tempat Rekreasi Yang Ada di Tanjung Enim

Tanjung Enim adalah sebuah kota kecil di Sumatera Selatan. Kota ini setingkat dengan kelurahan. Kota Tanjung Enim merupakan bagian dari Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Awalnya aku sendiri agak bingung. Sebelum pindah ke kota ini, aku kira Tanjung Enim adalah kota setara dengan kabupaten. Ternyata bukan. Tanjung Enim nyatanya adalah sebuah kelurahan. Bagian dari Kecamatan. Namun, Tanjung Enim memiliki fasilitas perkotaan. Dan memenuhi syarat kriteria sebuah kota berdasarkan peraturan pemerintah. Jadi Tanjung Enim adalah sebuah kota.

Kota Tanjung Enim memiliki kekayaan alam batu bara. Kalau ga salah, batu bara di sini bahkan sudah dikelola sejak jaman sebelum kemerdekaan. Setelah kemerdekaan baru diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Aktifitas penambangan terlihat sangat sibuk setiap harinya. Namun hal ini tidak mengganggu masyarakat. Karena masyarakat turut merasakan kebaikan yang banyak berkat adanya perusahaan tambang di kota kecil ini. Perusahaan tambang batu bara tersebut berkontribusi banyak terhadap majunya kota ini. 

Kota Tanjung Enim sekarang bahkan juga dicanangkan akan menjadi kota wisata. Hal ini pun digagas oleh perusahan batu bara yang ada di Tanjung Enim. Telah dibangun beberapa tempat wisata atau tempat rekreasi di kota Tanjung Enim. Tempat rekreasi tersebut merupakan tempat-tempat rekreasi keluarga. Jadi cocok untuk segala usia. Dan tidak ada biaya masuk ke tempat rekreasi tersebut. Semua adalah tempat rekreasi yang gratis.

Meskipun tempat rekreasinya gratis. Namun fasilitas di tempat rekreasi tergolong baik. Aku dan suami sudah pergi ke beberapa tempat rekreasi yang ada di Tanjung Enim. Yang pertama kami kunjungi adalah Taman Love. Taman Love ini berupa taman bunga-bunga dan tanaman-tanaman hias kecil. Ada juga area rerumputan yang luas. Di sini juga ada sungai kecil dan jembatan kecil. Ada beberapa tempat duduk yang cantik. Suasananya sangat sejuk. Sewaktu kami ke sini, ada beberapa pemuda yang sepertinya sedang latihan silat. Ada juga beberapa keluarga yang sedang rekreasi.



Tempat rekreasi berikutnya yang kami kunjungi adalah sport centrenya Tanjung Enim. Area cukup luas. Dibuat jalur jogging track. Juga ada beberapa alat olah raga. Ada pula taman bermain anak-anak lengkap dengan fasilitas bermain anak-anak. Di sini ada ibu-ibu yang biasanya jualan sarapan. Di sini juga ada aliran sungai yang sangai kecil. Di satu sisi area ini masih seperti hutan. Bahkan kami sempat melihat monyet-monyet bergelantungan di sana. Tempatnya sangat asri dan sejuk. Suasananya sangat sejuk seperti suasana desa.

Di sport centre ini juga ada lapangan yang bisa digunakan untuk penyelenggaraan sebuah acara. Lalu juga ada area menembak. Kalau mau lari pagi cocok banget di tempat ini. Di sini juga ada fasilitas untuk panjat tebing. Di dekat area ini ada gedung olah raga. Tapi aku belum pernah masuk ke gedung olah raga tersebut. Olahraga di sport centre ini saja sudah lebih dari cukup bagiku. Favoritku adalah jogging track. Lari dua putaran. Kemudian berolahraga dengan alat olahraga yang ada. Biasanya aku memilih alat olah raga untuk melatih kaki.


Tempat rekreasi berikutnya yang kami kunjungi adalah sirkuit balap. Kata suamiku sirkuit balap ini awalnya adalah bekas area penambangan. Perusahan tambang kemudian menyulap area ini menjadi sirkuit balap. Mungkin karena dilihat potensi lahannya. Memang kalau dilihat secara keseluruhan areanya jadi terlihat cantik. Disediakan banyak bangku di satu sisinya. Dari bangku-bangku ini bisa terlihat pemandangan alam seperti pemandangan lembah-lembah yang indah. Pemandangan ini mengingatkanku dengan NTT. Dimana ada banyak pemandangan perbukitan kering yang cantik.

Tanjung Enim juga memiliki kebun binatang atau taman marga satwa. Namanya Tanjung Enim Zoo and Jogging Track. Ini adalah tempat wisata yang paling ramai pengunjung. Di luar area Zoo ada parkiran yang luas. Ada pula area tempat membeli makanan. Tapi di area tempat membeli makanan ini tidak tersedia tempat duduk. Tempat membeli makanan ini nyatanya adalah jasa jika mau membeli makanan untuk di bawa ke dalam area Zoo nya. Area Zoo luas dan banyak tempat duduk. Jadi beli makanan di luar ini, kemudian cari tempat duduk di dalam area Zoo dan makan-makan di sana.

Di area Zoo ini ada banyak bangku. Ada beberapa bangku yang dibuat dari kayu. Seperti potongan batang kayu yang disusun. Kemudian ada pula beberapa bangku cantik. Ada bangku yang besar dan unik berbentuk sarang. Ada pula beberapa pondokan tempat beristirahat. Biasanya pondokan ini selalu penuh. Banyak orang yang makan-makan di sana. Untungnya di sini disediakan banyak tong sampah. Dan syukurnya masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan. Jadi Zoo tetap terjaga bersih.
Untuk hewan, di sini kebanyakan adalah dari unggas. Ada beberapa jenis unggas. Ada burung merak biru, ada pula burung merak putih. Ada burung jalak. Ada banyak burung merpati. Sarang burung merpatinya dibuat sangat cantik. Seperti rumah pohon. Ada ayam ketawa. Ada juga ayam hias. Ada ayam biasa. Ada angsa. Kemudian ada juga rusa. Lalu ada kelinci dan marmut. Untuk jenis dan jumlah hewannya memang sedikit. Namun tempat ini sudah cukup menjadi tempat rekreasi masyarakat menurutku. Karena tempatnya nyaman. Ada juga free wifi.

Sebagai tambahan kenyamanan, di sini dibuatkan beberapa aliran air. Dan juga beberapa kolam. Walaupun airnya tidak jernih. Tapi kesejukan menjadi bertambah. Plus suara gemercik air membuat sejuk di kala lelah. Area tempat rekreasi Zoo and Jogging Track ini juga berdekatan dengan masjid jamik. Kalau belum sholat bisa sholat dulu sebelum masuk area Zoo. Atau kalau masuk jam sholat bisa ke masjid dulu trus balik lagi. Atau kalau pas keluar di jam sholat, bisa solat dulu di masjid baru kemudian pulang.

1 Response to "Tempat Rekreasi di Tanjung Enim"

  1. Enak ya kalau masuk ke lokasi wisatanya gratisan, kapan gitu bisa ke Tanjung Enim

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel