Tempat Nongkrong Asyik di Solok

Tempat Nongkrong Asyik di Solok

Kabupaten Solok Sumatera Barat adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Solok merupakan Kabupaten dataran tinggi. Daerah Solok memiliki suasana pegunungan yang dingin dan sejuk. Kabupaten Solok telah lama menjadi daerah maju. Karena kabyupaten ini berada di jalur lintas Sumatera. Kabupaten Solok terkenal sebagai kabupaten yang religius. Kabupaten Solok juga terkenal sebagai daerah penghasil beras. Bahkan Beras Solok telah ada pula lagunya sedari lama. Judul lagunya adalah Bareh Solok. Berikut lirik Bareh Solok:

Bareh Solok tanak di dandang
Dipagatok ulam pario
Bunyi kulek cando badendang
Dek ditingkah, ehem, si samba lado

Bareh Solok bareh tanamo
Bareh Solok lamak rasonyo
Bareh Solok bareh tanamo
Bareh Solok lamak rasonyo

Urang Sumpu jalan barampek
Si Singkarak singgah dahulu
Bareh baru makan jo pangek
indak nampak, ehem, mintuo lalu

Bareh Solok bareh tanamo
Bareh Solok lamak rasonyo
Bareh Solok bareh tanamo
Bareh Solok lamak rasonyo

Di kabupaten Solok ada danau yang terkenal, Danau Singkarak. Danau Singkarak telah menjadi tujuan wisata nasional. Bahkan internasional. Sebenarnya ada lagi danau yang menjadi andalan di wisata di kabupaten Solok, yaitu danau kembar. Tapi danau ini tak setenar Danau Singkarak. Danau kembar tak memiliki area seluas Danau Singkarak. Lokasinya juga kurang strategis jika dibandingkan dengan lokasi Danau Singkarak yang berada di jalur lintas Sumatera.

taman arosuka solok

Selain tempat wisata alam yang indah, Kabupaten Solok juga memiliki tempat nongkrong asyik lho. Tempat nongkrong yang bisa dijadikan alternatif beristirahat sejenak di kala penat. Atau dikala sedang ingin menikmati kesejukan dan keindahan alam. Ada Taman Arosuka dan taman Tugu Ayam. Taman Arosuka dan Tugu Ayam ini taman yang berbeda tapi berdampingan. Kedua taman ini memiliki sedikit perbedaan. 
Taman arosuka adalah taman yang luas. Taman Arosuka memiliki area taman rumput yang konturnya miring. Mungkin karena keadaaan alam yang memang perbukitan. Di taman ini terdapat beberapa tempat duduk. Yang membuat taman ini  indah adalah beragam tanaman hias dan pepohonannya. Banyak orang yang duduk-duduk nogkrong atau berisitirahat di sini. Ada yang bersama teman-teman ada pula yang bersama keluarga. Di sini ada beberapa orang yang menjajakan dagangan makanan dan minuman. Ada wifi gratis di sini. 

tugu ayam kukuak balenggek

Taman Tugu ayam adalah taman yang lebih kecil. Di sini sebenarnya lebih menonjolkan tugu ayamnya. Mungkin tugu ayam ini bisa dikatakan sebagai salah satu ikon kabupaten solok. Tugu Ayam Kukuak Balenggek tepatnya. Merupakan tugu yang memberi informasi tentang adanya ayam kukuak khas kabupaten Solok. Di tugunya ada tulisan mengenai sejarah tugu tersebut tapi aku ga bisa baca karena kabur dari jauh. Sedangkan tugunya memang ga bisa didekati karena area tugu dikelilingi selokan yang lumayan lebar dan dalam. 

Baca juga: Ke Padang Panjang

Di sekeliling taman tugu ada banyak sekali jajanan kaki lima. Ada beragam macam makanan. Pembelinya pun ramai. Banyak juga orang yang datang ke sana hanya untuk beli jajanan trus langsung pergi. Ada juga orang-orang yang datang buat foto-foto saja trus pergi. Memang tugu ayam bisa menjadi tempat foto yang instagramable. Di area ini wifinya kencang banget. Kalau mau download apa gitu asyik banget di sini. Wifinya gratis. Memasuki area tamannya gratis.

Dari kedua taman ini dapat terlihat keasrian kabupaten Solok. Apalagi dari taman arosuka bagian atas. Terlihat lembah-lembah perbukitan yang ada begitu indah. Pemandangan rumah atap khas sumatera barat juga terlihat dari kedua taman ini. Yaitu atap dari beberapa bangunan yang ada di dekat taman. Di taman ini suhu terasa dingin Sebelum ke sini, aku dan suami memang sudah antisipasi dengan memakai jaket.

Baca juga: Ke Bukit Tinggi

1 Response to "Tempat Nongkrong Asyik di Solok"

  1. Asyik-asyik banget tempat nongkrongnya mba, saya jadi kangen ama teman kos saya dulu, dia dari Solok dan dulu baik banget.

    Kakaknya punya warung Padang dekat kos kami.
    Dan dia dulu sering banget bercerita tentang Indahnya Solok :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel