Banjir

banjir bengkulu penyebab dan solusinya

Banjir


Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sangat umum terjadi di bagian bumi manapun. Dari mulai daerah yang tertinggal sampai kota paling maju pun bisa saja mengalami banjir. Banjir adalah suatu keadaan dimana jumlah air melebihi kapasitas tampungannya. Sehingga air tergenang atau mengalir di daerah yang tidak seharusnya. Jika hujan sangat lebat dan terjadi berhari-hari maka warga bisa saja mulai waspada akan terjadinya banjir. Banjir bukanlah peristiwa langka. Mengingat air dan air hujan adalah bagian dari siklus kehidupan di muka bumi.

Keadaan banjir bisa sangat bervariasi tergantung dari jumlah air dan kondisi kemiringan tanah. Banjir bisa saja hanya genangan namun lama keringnya. Bisa jadi juga merupakan arus yang kuat dengan jumlah yang banyak. Banjir bisa juga merupakan banjir bertahap dimana air banjir itu datang dengan jumlah yang berangsur-angsur membesar. Namun bisa jadi suatu ketika banjir besar datang dengan sangat cepat tanpa peringatan. Banjir seperti ini sangat memungkinkan banyaknya korban. 

Baca juga: Pendidikan Bencana

Aku punya seorang teman yang berasal dari daerah yang memiliki banyak sungai. Ia bercerita bahwa di daerahnya banjir adalah hal yang sangat biasa. Bahkan banjir tidak menghalangi perkuliahannya. Pernah suatu waktu banjir setinggi bangku di kampus mereka. Mereka tetap melaksanakan ujian akhir semester. Mereka diminta naik di atas bangku. Bagi mereka hal ini bukanlah hal yang aneh. Sebagai tambahan ia bercerita bahwa ia bahkan sudah biasa mendorong motor di banjir setinggi pinggang orang dewasa.

Penah juga aku menonton program berita di televisi. Diperlihatkan bagaimana penduduk suatu tempat dengan sikap biasa saja membuang sampah di sungai. Bahkan sampah yang seperti tidak masuk akal di buang ke sungai. Misalnya lemari, kasur, kulkas, televisi, dan barang bekas dengan ukuran besar lainnya. Belum lagi ditambahi dengan sampah-sampah plastik lainnya. Yang setelah lama tentu akan menghambat aliran sungai. Ketika salah seorang warga ditanya apakah ia tahu akibat dari perbuatan mereka. Ia malah tertawa terbahak-bahak.

Baca juga: About Geography

Seorang ahli manajemen air sekaligus Global Water Ambassador, Henk Ovink mengatakan bahwa cara paling efektif untuk mencegah banjir adalah berteman dengan air. Air merupakan bagian penting dari bumi. Air adalah sesuatu yang memang selalu berdampingan dengan manusia. Air memiliki siklus tersendiri. Air memiliki karakter tersendiri. Manusia seharusnya berteman baik dengan air. Memahami bagaimana bersikap dengan air. Memperlakukan air dengan sangat baik. Sehingga pada akhirnya air tidak akan menjadi suatu ancaman bencana. 

banjir bengkulu penyebab dan solusinya

Banjir Bengkulu

Banjir Bengkulu yang belum lama ini terjadi disebut-sebut sebagai bencana banjir terbesar yang pernah terjadi di Bengkulu. Sebagai seorang yang lahir dan besar di Bengkulu aku mengakui itu. Sebelumnya belum ada terjadi banjir sebesar itu. Kalaupun banjir hanya di daerah tertentu. Daerah banjirnya tidak seluas itu. Dan kerusakan yang ditimbulkan juga tidak separah itu. Ibuku bahkan bercerita bahwa air masuk sampai ke dapurnya. Padahal rumah beliau tergolong di daratan yang tinggi.

Waktu banjir besar ini terjadi aku sudah ikut suami tinggal di Tanjung Enim. Aku hanya melihat berita-berita yang ada. Perasaanku adalah khawatir sekaligus heran. Khawatir karena melihat kondisi Bengkulu yang begitu parah. Hampir semua keluarga ku ada di sana. Teman-temanku juga di banyak di sana. Namun heran bagaimana mungkin banjir seperti itu bisa terjadi.

Aku pun mencari beberapa berita di youtube. Siapa tahu bisa menambah informasi. Siapa tahu ada berita yang terlewatkan oleh ku sehingga aku tidak tahu apa penyebab yang sesungguhnya. Lalu aku menemukan isu bahwa banjir di Bengkulu berkaitan dengan aktivitas penambangan. Ada beberapa  perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Bengkulu. Kabarnya aktivitas penambangan ini telah merusak alam yang ada di sana. Sehingga alam tidak lagi menjadi teman masyarakat.

banjir bengkulu penyebab dan solusinya

Penambangan

Hasil tambang adalah kekayaan alam. Kekayaan alam adalah untuk manusia. Untuk mensejahterakan manusia. Aktivitas penambangan dilakukan untuk kebaikan kehidupan. Aktivitas penambangan bukanlah suatu hal yang terlarang. Kegiatan penambangan batu bara juga seperti itu. Seperti di tempat tinggal ku sekarang. Kebetulan sekali aku tinggal di daerah yang memiliki perusahaan batu bara. Perusahan batu bara yang termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia. 

Kegiatan tambang di sini sama sekali tidak merusak alam. Yang dilakukan perusahaan adalah berteman dengan alam. Jika ada suatu lahan yang baru saja digunakan dan tidak akan digunakan lagi, lahan tersebut langsung dikelola untuk penghijauan kembali. Tak lama kemudian lahan tersebut telah kembali menjadi hijau. Suasana sejuk dan banyaknya pepohonan tetap terjaga. 


Masyarakat juga sangat merasakan manfaat dari adanya perusahaan tambang. Hasil dari perusahaan tambang diberikan untuk kebaikan masyarakat. Banyak fasilitas umum yang dibangun perusahaan tambang. Bahkan masyarakat berani bilang hampir semua fasilitas umum yang ada di sini adalah dari perusahaan tambang tersebut.

0 Response to "Banjir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel