Menggunakan Whatsapp untuk Kemudahan Belajar Bahasa Inggris

Menggunakan Whatsapp untuk Kemudahan Belajar Bahasa Inggris

Aplikasi Whatsapp

Teknologi informasi terus saja berkembang. Sekarang adalah jaman dimana satu informasi di suatu sudut dunia bisa diketahui oleh orang-orang di seberang sudut dunia lainnya dalam hitungan detik. Menakjubkan sekali. Teknologi informasi seperti ini sudah saat nya dimaksimalkan pula untuk memudahkan belajar ataupun mengajar. Salah satu hal yang paling banyak dipelajari orang-orang di dunia adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa internsional. Bahasa pemersatu yang bisa menghubungkan berbagai bangsa. Belajar bahasa Inggris tentu saja bukan kewajiban. Tapi menguasai bahasa Inggris merupakan keistimewaan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan belajar bahasa Inggris dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah dengan whatsapp. Aplikasi ini banyak sekali digunakan untuk berkomunikasi. Baik komunikasi antar pribadi maupun komunikasi grup. Whatsapp telah banyak menolong orang untuk tetap terhubung. Aplikasinya cenderung ringan dan sangat mudah digunakan. Mungkin karena itulah disukai banyak orang. 

Grup di whatsapp juga telah banyak menghubungkan komunitas. Ada banyak komunitas yang bisa terus menjaga kontak untuk berkomunikasi di whatsapp. Banyak grup yang memanfaatkan whatsapp sebagai teknologi yang membantu membuat program-program harian, mingguan, atau pun bulanan. Whatsapp juga telah banyak digunakan sebagai tempat rapat. Sungguh tempat rapat modern abad ini. Sekarang rapat pun bisa dilakukan di aplikasikasi android. Sehingga whatsapp memiliki fungsi ruang dimana kebaikan harusnya bisa banyak dimudahkan.

Jika rapat saja bisa dilakukan di whatsapp tentu grup belajar juga bisa. Grup belajar bahasa Inggris bisa dibuat di whatsapp. Bisa dengan dipandu oleh seorang guru. Atau bisa saja anatar siswa sendiri. grup di whatsapp bisa terdiri hanya tiga anggota saja. Jika saja hanya bisa mengumpulkan tiga teman yang memiliki kemauan belajar yang sama. Tiga teman yang memiliki kemauan meningkatkan bahasa Inggris sudah cukup untuk membuat satu grup whatsapp yang intens meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Telah ada beberapa peneliti yang tertarik untuk melakukan study mengenai pembelajaran dengan whatsapp. Terutama belajar bahasa Inggris dengan whatsapp. Salah satunya adalah Dedi Jasrial M. Pd. dari Bengkulu. Melalui artikelnya yang berjudul Utilizing Whatsapp Aplication for Teaching English: Why and How? dapat kita temukan penjelasan tentang bagaimana cara yang efektif menggunakan aplikasi whatsapp dalam mengajar ataupun belajar bahasa inggris. Hal ini membuktikan banyaknya manfaat yang bisa didapat dengan belajar bahasa Inggris melalui aplikasi whatsapp.


Whatsapp Web


Jika kurang maksimal menggunakan whatsapp melalui handphone, sekarang ada juga whatsapp web. Whatsapp web memudahkan pengguna yang ingin tetap aktif di layar dekstop. Sekarang whatsapp bisa diinstal di komputer. Pengguna yang ingin dimudahkan dengan ini bisa menggunakannya. Misalnya untuk memudahkan transfer file. Ketika file dikirim lewat whatsapp dan pengguna ingin langsung mengolahnya di komputer, maka whatsaap web menjadi pilihan yang baik.

Semasa menjalani pendidikan berasarama, beberapa teman juga telah menggunakan whatsapp web ini. Mereka membuktikan pekerjaan mereka menjadi lebih efektif. Ketika ada sekolompok teman yang presentasi. Materi presentasinya bisa langsung dikirkan ke whatsapp grup. Kemudian semua teman bisa langsung mendownload file tersebut. Semua peserta bisa dimudahkan dengan telah masing-masing memegang materi presentasinya. Jika memilih melihat dari handphone bisa juga. Namun langsung mendownloadnya di dekstop sehingga bisa melihat di layar komputer yang lebih lebar lebih disukai sebagian orang. Yang terpenting adalah ini sangat membantu berjalanya diskusi dengan baik.


Ada begitu banyak kemudahan untuk mempelajari sesuatu di jaman sekarang. Yang terpenting adalah kemauan. Dan bagaimana tetap menjaga semangat. Lalu berusaha melakukan yang terbaik. Seperti membuat grup belajar bahasa Inggris di whatsapp tentu tidak adak berjalan baik, jika tidak ada kemauan untuk terus belajar. Whatsapp hanyalah media. Hanyalah teknologi yang digunakan untuk memudahkan orang-orang. Yang menggerakkan media itu adalah pembelajar itu sendiri. Memanfaatkan teknologi untuk menjadi yang terbaik dari yang bisa dilakukan adalah suatu keberuntungan besar. 

Membuat whatsapp grup untuk belajar bahasa Inggris juga memuntut kemauan berbagi dan kepedulian sosial. Membagikan apa yang diketahui untuk dipelajari bersama. Membagikan file-file materi pelajaran. Satu teman mungkin mendapatkan materi pelajaran dari sumber yang tidak bisa didapatkan teman lain. Lalu membagikannya di grup whatsapp untuk diketahui bersama. Kecuali grup dengan pembimbing, ungkin pembimbing yang membagikan materi setiap pembelajaran. Namun tetap saling membantu memahami materi yang dipelajari. Dengan begitu barulah grup aktif berjalan. Dan manfaat yang banyak bisa diharapkan.

0 Response to "Menggunakan Whatsapp untuk Kemudahan Belajar Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel