Resep Mie Celor

Resep Mie Celor

(untuk dua porsi)

Bahan:
Mie kuning
Tauge

Bumbu kuah:
bawang putih  2 siung
bawang merah 5 siung
buah pala 1/2
udang kering 3 buah
telur 1
merica secukupnya
gula merah secukupnya
garam secukupnya
penyedap secukupnya

semua bumbu kuah digiling halus dan ditumis

Cara memasak kuah:
rebus air didihkan
masukkan bumbu
masukkan gula merah
setelah larut, masukkan telur sambil diaduk
tambahkan garam dan penyedap
koreksi rasa

Pelengkap:
telur rebus
tahu goreng
daun bawang iris halus
daun seledri iris halus
bawang goreng

Penyajian:
masukkan semua bahan dalam mangkuk 
siram dengan kuah yang panas
tambahkan pelengkap

Cerita di balik Mie Celor dalam keluargaku

Ibuku berjualan di kantin sekolah. Dagangannya sedang dalam kondisi yang sepi. Beliau berpikir untuk mengubah menu makanan yang dijualnya. Berhari-hari beliau berpikir apa yang cocok untuk dijual. Lalu beliau pun menemukan ide untuk menjual Mie Celor. Saat itu beliau belum begitu paham bumbu dan cara memasak Mie Celor. Beliau adalah sosok yang tidak mudah menyerah. Beliau mencari orang yang terkenal dengan masakan Mie Celor yang lezat. Setelah beliau teukan, beliau meminta untuk diizinkan belajar.

Berhari-hari beliau belajar di rumah orang tersebut. Dengan catatan semua bahan beliau yang beli. Beliau sangat serius jika sedang mempelajari sesuatu. Sampai akhirnya beliau bisa memasak dengan hasil yang sempurna. Beliaupun menyiapkan persiapan berjualan Mie Celor. Setelah semua persiapan matang, beliau pun mulai berjualan Mie Celor. 

Saat pertama dijajakan, banyak siswa yang ragu mencoba. "Siapa tahu ga enak", kata kebanyakan siswa. Tapi dengan ilmu dagangnya ibuku selalu berpromosi. Beliau mengatakan dengan yakin bahwa tak akan menyesal jika mencoba masakan beliau. Beberapa siswa pun membeli. Dan memang mereka puas dengan makanan tersebut. Mereka pun bercerita dengan teman-temannya. Kabar tersebar dari mulut ke mulut dengan cepat. Hingga akhirnya dagangan itu habis.

Lama beliau berdagang Mie Celor dengan selalu laris setiap harinya. Namun ternyata masa tren itu ada. Hingga setelah beberapa tahun, penjualan mulai menjadi sepi. Beliau pun akhirnya mengganti menunya lagi. Semenjak beliau tidak menjual Mie Celor lagi, kadang-kadang di rumah beliau membuat Mie Celor untuk keluarga. Ada saat-saat tertentu rindu dengan makanan ini. Lalu beliau memasaknya. Dan kami sekeluarga makan dengan lahap. 

Sejak sudah menikah, aku pergi ikut suamiku yang bekerja jauh dari kampung halamanku. Terkadang aku rindu dengan Mie Celor masakan ibuku. Akupun menelpon ibu untuk meminta resepnya. Beliau dengan semangat memberitahukan resepnya. Dulu semasa di rumah, biasanya hanya beliau saja yang menyiapkan bumbu tersebut. Aku jadi kurang hafal. Karena itu aku menelponnya.

Setelah resep sudah di tangan. Aku pun langsung mengajak suami ke pasar. Untungnya pasar dekat dengan rumah. Hanya jarak tempuh lima menit berjalan saja. Jadi tidak terlalu repot. Syukurnya semua bahan ada di pasar ini. Aku pun membelinya. Lalu segera pulang dan ingin langsung memasaknya. Begitu pulang, langsung mempraktikkan resep tadi. Dan hasilnya lezat! "Selamat makan!" :D

1 Response to "Resep Mie Celor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel