Resep Gulai Pucuk Ubi dengan Sasa Santan Bubuk

Resep Gulai Pucuk Ubi dengan Sasa Santan Bubuk

Bahan

1 ikat Pucuk Ubi
2 buah telur
1 bungkus sasa santan bubuk
2 gelas air
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk
1 batang serai

Bumbu halus

15 buah cabai merah keriting
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas kunyit
2 buah kemiri

Cara memasak

1.Rebus telur, kupas, sisihkan
.2.Bersihkan pucuk ubi, potong-potong, rebus, sisihkan
3.Larutkan sasa santan bubuk dengan dua gelas air, sisihkan
4.Haluskan bumbu
5.Tumis bumbu halu beserta daun salam, daun jeruk, dan serai
6.Tumis sampai harum
7.Masukkan pucuk ubi yang sudah direbus
8.Aduk sampai bumbu merata
9.Masukkan santan
10.Aduk sampai santan masak mengeluarkan minyak
11.Lalu masukkan telur
12.Tunggu sampai bumbu meresap

Cerita Gulai dengan Santan Instan


Dulu awal menikah dan ikut suami, aku ada beli santan instan ini. Aku pikir siapa tahu aku mau berkreasi masak dengan santan. Nyatanya sudah beberapa bulan ga terpakai juga. Aku pernah mencoba masak santan sebelumnya, Tapi dengan membeli santan di pasar. Aku membeli santan cair. Tapi ternyata kebanyakan. Beli sedikit tidak bisa. Waktu itu aku beli lima ribu rupiah. Dan tenryaata kebanyakan banget. Aku kemudian ingat bahwa aku pernah beli santan bubuk. Aku berniat untuk masak berikutnya dengan santan bubuk tersebut.

Minggu pagi kemarin, aku dan suami belanja ke pasar. Kami mebeli sayur pucuk ubi. Niatnya memang mau disantan. Gulai pucuk ubi adalah salah satu masakan favoritku dan juga kesukaan suami. Kami juga membeli telur untuk tambahannya. Kali ini kami tidak membuat dengan ikan teri. Suami ternyata tidak suka gulai pucuk ubi dicampur ikan teri. Jadinya bahan ikan teri yang biasanya dipakai membuat gulai pucuk ubi tidak kami pakai.

Begitu sampai di rumah aku langsung membersihkan sayur pucuk ubi. Kemudian dipotong-potong dan direbus. Berikut merebus telur juga. Lalu menyiapkan bumbu. Kemudian aku melihat santan bubuk di tempat bumbu. Lalu mengambilnya dan menyiapkan dua gelas air. Prakiraanku dua gelas air cukup untuk porsi bahan-bahan yang sudah disiapkan. Santannya jadi tidak terlalu kental dan tidak juga encer. Santan instan bubuk seperti ini bisa juga memnjadi pilihan praktis.

Aku jadi teringat dulu semasa bertugas mengajar di daerah tertinggal. Aku bertugas di Pulau Timor,  Nusa Tenggara Timur. Orang-orang di sana kurang menyukai santan. Kebanyakan memilih makanan yang dimasak tidak dengan menggunakan kelapa. beberapa orang mengatakan padaku mereka merasa enek, "Enek saya, Bu. makan masakan bersantan. Kami tidak suka makanan yang disantan."

Berbeda sekali dengan keluargaku. Di keluarga hampir semua masakan adalah masakan bersantan. Sampai-sampai semua lauk dan sayur di sebut 'gulai'. Keluarga ayahku adalah penggemar santan. Bahkan kakek nenek punya gudang khusus kelapa di rumah mereka dulu. Mereka biasa membeli kelapa dalam jumlah banyak dan di stok di gudang itu.

Di Pulau Timor yang tidak menyukai santan, penyuka santan menjadi sulit menemukan jualan santan di pasar. Beberapa teman memilih beradaptasi dengan puasa santan saja selama bertugas di sana. Namun ada beberapa teman yang mengatakan bahwa mereka bisa menggunakan santan instan. Banyak juga yang menggemari pilihan santan instan. Kata mereka praktis dan kemasannya juga hemat.

0 Response to "Resep Gulai Pucuk Ubi dengan Sasa Santan Bubuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel