Penyebab Gangguan Pendengaran pada Manusia

Penyebab Gangguan Pendengaran pada Manusia

Kehilangan pendengaran yang terjadi secara bertahap seiring bertambahnya usia (presbycusis) adalah hal yang masih wajar. Sekitar sepertiga dari orang-orang di Indonesia antara usia 65 dan 75 memiliki beberapa kendala di gangguan pendengaran. Selain karena usia ada beberapa hal yang menyebabkan manusia kurang pendengaran sebelah. 

Apa sajakah yang membuat seseorang kehilangan pendengarannya? Cari tahu apa saja penyebabnya di bawah ini.

Jenis-jenis Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran dapat diklasifikan menjadi tiga jenis:

1. Konduktif (melibatkan telinga luar atau tengah)
2. Sensorineural (melibatkan telinga bagian dalam)
3. Campur (kombinasi keduanya)

Penuaan dan paparan kronis terhadap suara keras berdampak pada gangguan pendengaran. Faktor-faktor lain, seperti kotoran telinga yang berlebihan juga dapat mengurangi seberapa baik telinga Anda mampu mendengarkan suara.

Anda tidak dapat menyembuhkan dengan cepat tipe gangguan pendengaran. Namun, Anda dan dokter Anda atau spesialis pendengaran dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan apa yang Anda dengar. Jika Anda tiba-tiba kehilangan pendengaran, khususnya di satu telinga, segera dapatkan bantuan medis.

Penyebab Kurangnya Pendengaran Manusia

Gangguan pendengaran terkait usia terjadi secara bertahap, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya Setiap jenis gangguan pendengaran mungkin memiliki beberapa penyebab berbeda. Paparan terhadap suara keras adalah penyebab umum gangguan pendengaran dan tinnitus.

Infeksi juga merupakan penyebab umum terjadinya gangguan pendengaran seperti cacat lahir, genetika, dan reaksi terhadap obat, terutama kemoterapi atau obat yang digunakan untuk pengobatan kanker. Berikut adalah berbagai penyebab masing-masing jenis gangguan pendengaran.

Penyebab gangguan pendengaran sensorineural:

1. Penuaan
2. Cedera
3. Paparan kebisingan yang berlebihan
4. Infeksi virus (seperti campak atau gondong)
5. Sinanaga
6. Obatototoksik (obat yang merusak pendengaran)
7. Meningitis
8. Diabetes
9. Pukulan
10. Demam tinggi atau suhu tubuh meningkat
11. Penyakit Ménière (gangguan pada telinga bagian dalam yang dapat memengaruhi pendengaran dan keseimbangan)
12. Tumor akustik
13. Keturunan
14. Kegemukan
15. Merokok
16. Hipertensi

Penyebab gangguan pendengaran konduktif:

1. Infeksi pada saluran telinga atau telinga tengah yang menyebabkan penumpukan cairan atau nanah
2. Perforasi atau jaringan parut pada gendang telinga
3. Penumpukan lilin
4. Dislokasi tulang telinga tengah (ossicles)
5. Benda asing di saluran telinga
6. Otosclerosis (pertumbuhan tulang abnormal di telinga tengah)
7. Pertumbuhan atau tumor yang tidak normal

Jika Anda mengalami gangguan pendengaran karena cacat, maka Anda bisa menggunakan alat bantu dengar modern. Alat bantu dengar akan memudahkan Anda mendengarkan suara-suara.

16 Responses to "Penyebab Gangguan Pendengaran pada Manusia"

  1. Waduh, sangat mengikuti KBBI sekali ini, tapi bagus juga, aku jadi ngerti arti kata sinanaga itu apa. Setahu saya, herpes zoster juga merupakan bagian dari infeksi virus juga, Kak.

    Yang jelas, gangguan pendengaran terjadi karena ada gangguan dari anatomi dan fisiologi dari telinga. Untuk mengetahui ini, sebenarnya bisa dari pemeriksaan di dokter umum saja. Bisa dicek dengan menggunakan garpu tala yang akan diinterpretasi oleh dokter umum. Itu sudah kompetensi kami sebenarnya.

    Efeknya sendiri bisa permanen atau sementara, ya kayak diabetes gitu atau penuaan, memang perlu juga namanya alat bantu dengar.

    Gitu, Kak.
    Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya senang dapat tambahan informasi langsung dari ahlinya. Terimakasih, kak Farhan.

      Delete
  2. Yang sering dialami orang sekitar ku atau anak2 adalah otitis media. Kalo ga tertangani dengan tepat bisa merembet kemana-mana dan bikin tuli.

    Kalau ABK yang dari lahir memang punya masalah pendengaran, biasanya dicek dulu dengan beberapa tes, seperti tes BERA, agar ketahuan berapa batas ambang dengar nya, butuh alat bantu dengar apa ga

    ReplyDelete
  3. Kalau aku dulu gara-gara ada yang masuk ke telinga, suer deh sakitnya bukan main. Terpaksa silaturahmi ke dokter PHP

    ReplyDelete
  4. Ini yang kadang saya khawatirkan terjadi di anak (bayi). Karena rumah pinggir jalan plus dekat terminal. Bising dan ramai banget kalau pas ada promosi brand tertentu.

    ReplyDelete
  5. ada banyak banget ya sebab gangguan pendengaran. aku masih punya pr masalah pendengaran suami blom ketauan sebabnya sampai sekarang. jadwal dokter tht yang cocok (ga gampang ngejudge) sama jadwal dia bentrok terus.

    ReplyDelete
  6. Banyak ternyata penyebabnya ya, aku bahkan pernah ke dokter THT karena ga bs denger akibat flu berat.. komplek sekali ya

    ReplyDelete
  7. Ternyata penyebab gangguan pendengar cukup banyak ya. Tak bisa ditebak-tebak, perlu pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut oleh dokter THT.

    ReplyDelete
  8. Hmm, diabetes sama kegemukan bisa menyebabkan gangguan pendengaran juga ya ternyata? Aku penasaran nih sama korelasinya, kucoba cari-cari infonya dulu deh :3

    ReplyDelete
  9. Wah ilmu baru ini, nice. Ternyata penyebabnya ada banyak kemungkinan ya, gak sesederhana yang disangka. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  10. Ada ilmu dan pengetahuan baru tentang pendengaran. Ternyata banyak sekali penyebab gangguan pendengaran iya, jika sedikit ada gangguan segera periksa ke ahlinya supaya bisa ditangani segera..

    Terima kasih informasinya iya mba. :)

    ReplyDelete
  11. Banyak juga ya penyebabnya ternyata, banyak yang baru aku tau pulsa heuuu. Merokok jg pengaruh ya ternyata, efeknya bener2 ke mana2.

    ReplyDelete
  12. Ternyata gangguan pada telinga banyak juga ya dan penyebabnya banyak banget solusinya harus rajin rajin check di THT nih ya mas biar kedepannya sehat sehat aja

    ReplyDelete
  13. Kebetulan bapakku pendengerannya berkurang krn dulu kerja di bagian cetak media gtu. TRus semenjak pensiun pakai alat bantu dengar. Kyknya penyebabnya paparan bisingnya suara2 alat2 cetak dr tahun ke tahun....
    Ini makanya aku anti kalau pakai headset hehe

    ReplyDelete
  14. Telinga ini berhubungan denga keseimbangan tubuh kita. Saya pernah flu berat dan telinga terasa sakit sekali. Itu telinga bagian mana yg terdampak ya?

    ReplyDelete
  15. Maksudnya penumpukan lilin apa ya mbak?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel