Mie Rebus Kreasi Sederhana


Mie rebus adalah salah satu makanan favoritku sedari kecil. Mie rebus instan biasa dengan berbagai merek aku suka. Aku suka yang rasa apa saja juga. Dulunya aku pernah mengagumi yang rasa pedas saja. Karena terlalu banyak makan yang satu rasa itu akhirnya bosan. Kalau kini lebih suka yang rasa soto atau kari. Rasanya begitu sederhana tapi lezat. Mengingatkan dengan nikmatnya makan di tengah ladang saat benar benar lapar dan lelah bekerja. 

Hal yang paling berkesan tentang mie rebus bagiku adalah mie bantuan gempa. Saat gempa dasyat mengguncang Bengkulu di tahun 2000. Kakekku dapat banyak bantuan mie rebus. Karena terlalu banyak, beliau bagikan ke kami. Beliau datang ke rumah kami dengan membawa satu plastik besar berisi mie instan rebus bantuan pemerintah. Mie nya kecil-kecil. Mungkin pada waktu itu dijual sekitar Rp 500 rupiah per buahnya. Tapi begitu dimasak dan dinikmati, rasanya sungguh lezat. Mie gempa itu begitu berkesan bagiku.


Dalam menikmati mie rebus instan. Terkadang cara makan mie rebusnya ku kreasikan. Ada beberapa bahan yang perlu ditambahkan. Kadang dengan satu bahan tambahan saja. Kadang juga dengan beberapa bahan tambahan. Kadang ku kurangi kadar bumbunya. Tapi yang pasti, mie instan itu ku masak dua kali. Sekali rebus hanya untuk mematangkan mie nya saja. Kemudian airnya ku buang. Lalu dimasak lagi kedua kalinya supaya bersih. Atau bisa juga masak sekali saja. Tapi kuahnya pakai air panas yang sudah ada di dalam termos.
Dulu aku sempat juga menyukai mie rebus yang direndam saja. Aku merasa ada kelezatan yang berbeda. Mienya sengaja kurendam lama sampai benar-benar mengembang. Bahkan sampai kuahnya hampir habis karena telah meresap ke dalam mie. Tapi sekarang aku lebih memilih direbus dengan air panas. Memasaknya dengan air yang mendidih akan terasa berbeda dengan dengan air yang belum mendidih. Jadi sampai airnya benar benar mendidih bergelembung banyak baru mie nya dimasukkan.

Setelah mienya dimasukkan kadang aku kacau mienya. Diaduk terus sampai matang. Jadi mie nya bukan dibalik balik. Tapi diaduk aduk. Rasanya berbeda. Setelah matangnya pas. Aku angkat dan tiriskan. Masukkan mie tersebut ke dalam mangkuk. Lalu kuambil sebuah tomat segar. Tomat itu ku belah empat. Kemudian tomat diletakkan diatas mie. Bumbu bumbu dibuka dan ditaburkan diatas mie plus tomat tadi. Barulah disiram dengan air panas. Rasanya begitu sederhana. Aku sangat suka. Simpel dan lezat.
Cara lain kadang aku memakai sawi putih. Sawi putihnya dipotong halus. Dan direbus terlebih dahulu sebelum merebus mie. Lalu disisihkan. Merebusnya juga sangat sebentar sehingga masih gurih. Barulah merebus mie. Setelah matang, mie ditiriskan dan dimasukkan ke dalam mangkuk saji. Sayu sawi yang telah dibus tadi diletakkan di atas mie. Dan bumbu diatas sayur sawi. Kemudian disiram dengan air panas. Aduk mienya sampai bumbunya merata. Lalu taburi dengan bawang goreng.

Sesekali aku hanya mau menambahkan cabe rawit ke mie rebusnya. Tanpa ada campuran lain. Jadi mienya direbus bersamaan dengan cabe. Atau mie nya direbus seperti biasa. Dimasukkan ke mangkuk setelah matang. Kemudian cabe rawit mentahnya ditambahkan di atas mie. Dipotong kecil. Satu mie instan biasanya aku suka dengan memakai lima buah cabe rawit. Rasanya pedas dan seru.


Kalau aku lagi mau yang lumayan komplit. Berarti aku mau menambahkan cabe giling ke dalam mie rebus. Plus dengan tambahan irisan bawang. Jadi pertama mie nya direbus dulu. Setelah matang tiriskan dan sisihkan. Rebus air lagi untuk kuahnya. Msukkan Irisan bawang merah plus bawang prey. Masukkan cabe giling. Masukkan semua bumbu kemasan mie instan. Masukkan mie yang sudah direbus tadi. Lalu tambahkan telur. Setelah telur matang dan bumbu meresap. Mie siap disajikan. Plus tambahkan bawang goreng dan irisan tomat segar.

7 Responses to "Mie Rebus Kreasi Sederhana"

  1. Saya mulai mengurangi makan mie. Tapi kalo kepengen, saya makan mie dan telur saja. Sangat efektif membuat saya kekenyangan. Kalo pake nasi, duuuh...dobel kenyang

    ReplyDelete
  2. Suka bnget mkn mie mbak . Apalagi klo kepepet hehe

    ReplyDelete
  3. Aku jga suka makan mie rebus mbak. Cma skrang udah dikurnGin. Khawatir berdampak suatu saat nanti karna kurang sehat . But ,selamat berkreasi dg mie mbakk

    ReplyDelete
  4. Layak dicoba nih resep mie rebus nya... Mantap

    ReplyDelete
  5. Makan mie pake cabai rawit itu memang juara euy, de bes

    ReplyDelete
  6. kalau fira, kreasi apapun mi-nya, ga boleh tinggal daun sop hehe.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel