Drama Korea Terbaik yang Pernah Aku Tonton

Drama Korea Terbaik yang Pernah Aku Tonton Tentang Ratu Pertama Korea

Drama Korea pertama yang aku tonton adalah Jewel in The Palace. Drama Korea ini bercerita tentang perjalan hidup seorang wanita cerdas dan tangguh. Yang kemudian menjadi dokter wanita pertama di Korea. Waktu drama ini diputar di salah satu televisi nasional, aku masih kelas tiga SMP. Pada waktu itu aku dan teman-teman mengikuti drama tersebut. Dan kami sering saling bercerita tentang keseruan jalan ceritanya. Kami saling berbagi komentar mengenai sejarah Korea yang sangat menarik itu.

Namun bukan itu Drama Korea yang Terbaik yang Pernah Aku Tonton. Drama Korea yang terbaik adalah The Great Queen Seondeok. Drama yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang ratu pertama di Korea. Cerita ini sangat berkesan bagiku. Bagaimana sejarah yang sangat keren itu terjadi di masa yang sangat lampau. Kalau tidak salah kebetulan aku pernah baca ensiklopedia, Kerajaan tersebut ada pada masa sebelum masehi. Kerajaan yang sangat awal berdiri di muka bumi. Dan pada waktu itu sudah ada seorang ratu yang sangat cerdas.

Dan yang bikin drama korea ini sangat menarik juga adalah lawan politik terbesar ratu yang merupakan seorang perempuan juga, Misil. Misil merupakan seorang kesatria. Dia bahkan sering ikut langsung dalam perperangan. Dan dia memiliki ilmu beladiri yang sangat bagus. Selain kesatria dia adalah negarawan. Ia ahli politik dan berhasil memiliki banyak pengikut setia. Bahkan banyak kesatria yang rela mati demi mengikuti apa pun kata Misil. Misil adalah salah satu alasan kerajaan tersebut bisa stabil bertahan.

Misil terkenal pula dengan kecantikannya. Ia disebut-sebut sebagai wanita tercantik pada masa tersebut. Banyak sekali laki-laki yang ingin menjadi suaminya. Dalam film tersebut diperlihatkan ia hidup akur dengan dua suaminya. Pernah ada seorang kesatria yang bunuh diri karena tak bisa menikahinya. Dan ia pernah pula menjadi selir dari seorang raja. Ia cantik, cerdas, namun sedikit mengerikan. Karena ia sangat berambisi menjadi ratu. Dan melakukan banyak cara tanpa rasa kasihan. Ia bahkan rela membuang anaknya sendiri.

Demi menjadi ratu, ia rela melawan raja, namun ia tak pernah melakukan sesuatu di luar konstitusi. Yang ia lakukan adalah menyusun strategi lewat jalan belakang. Dan srategi yang dilakukannya terkenal sangat kejam. Ia dengan mudah menebas leher orang yang dianggapnya tidak becus menjalankan perintah. Atau dianggapnya akan mengganggu rencananya. Hal inilah yang membuat Raja yang merupakan ayah calon ratu masa depan takut pada Misil.
The Great Queen Seondeok yang dimaksud adalah, Deokman. Ia adalah putri raja yang terpaksa harus disembunyikan identitasnya dan dilarikan jauh dari kehidupan istana. Ia dibawa oleh seorang dayang istana hidup di tengah padang pasir. Padang pasir tersebut berada di dekat negara tetanggannya, Cina. Dan berada di jalur sutera. Ia hidup di perkampungan perdagangan. Hidup di sini malah membuat ia belajar banyak hal tentang ilmu pengetahuan. Baik ilmu pengetahuan alam, perdagangan, sastra, dan politik.

Deokman tumbuh menjadi gadis yang sangat cerdas, berani, dan kuat. Di tengah padang pasir bahkan ia lebih mirip seperti anak laki-laki. Hidup berdua dengan dayang yang sakit kaitan tersebut membuatnya menjadi wanita tomboy yang tangguh. Namun ia tetap terlihat sangat cantik dan ceria. Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan prajurit Misil yang bertugas untuk membunuhnya. Kehidupannya mulai berubah lagi. Perkampungannya terbakar karena ulah prajurit Misil. Dayang istana yang ia kira adalah ibu kandungnya tertelan pasir hisap. Ia pun diterjang badai pasir. Selamat dari prajurit Misil dan selamat dari badai pasir ia akhirnya memutuskan untuk pergi ke kampung halamannya, Kerajaan Silla.

Drama Korea Terbaik yang Pernah Aku Tonton Tentang Ratu Pertama Korea

Kerajaan ini ia ketahui dari dayang istana yang merawatnya. Ia pernah bertanya tentang asal mereka dan di mana ayahnya. Namun memang kemudian tidak membahasnya kembali. Tapi atas apa yang sudah terjadi akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke kerajaan Silla. Ia ingin mencari tahu siapa sebenarnya dirinya. Ia ingin tahu siapa ayahnya. Ia pun pergi ke Silla. Ia pergi jauh mengarungi padang pasir. Kemudian melalui sungai-sungai. Dan sampailah di kerajaan Silla dengan harapan mendapatkan kejelasan tentang dirinya.

begitu sampai di Kerajaan Silla, ia mulai terlibat dengan berbagai konflik. Ia kemudian tidak sengaja bertemu dengan saudara kembarnya. Lalu banyak hal yang terjadi. Yang kemudian memang menuntunnya menemukan takdirnya. Menjalani konflik konflik yang sangat lumrah dan sangat tidak disengaja. Ia akhirnya menjadi salah satu prajurit istana. Ia menyamar menjadi laki-laki. Hingga ia dewasa. 

Baca juga: 7 Kata Bijak dari 7 Presiden Indonesia

Hidup di dalam istana yang sebenarnya berisi semua anggota keluarganya. Sungguh sangat menggeramkan bagi penonton. Namun mungkin terlihat menyedihkan kalau melihat kepada Deokman. Deokman terus mencari tahu tentang dirinya. Hingga pada saat ia mengetahui siapa dirinya. Ternyata malah ia akan dibunuh oleh pejabat terdekat ayahnya. Pejabat tersebut mengaku demi menjaga kestabilan negara. Dan Deokman mengira ayahnya lah yang ingin membunuhnya. Betapa ia merasa perjalanan hidupnya sia-sia. 

Banyak konflik yang terjadi. Dan bahkan sampai menewaskan saudara kembarnya. Ia dikejar dari berbagai sisi. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk melawan semua keadaan. Ia menyusun strategi tersendiri untuk bisa menjadi puteri yang diakui. Diakui secara hukum dan diakui oleh seluruh lapisan masyarakat. Berkat kejeniusannya. Ia kemudian berhasil mencapai tujuannya. Dan setelah menjadi puteri yang sah diakui. Ia terus melawan Misil. Sampai akhirnya Misil bunuh diri. Dan bertepatan dengan itu pula ajal ayah puteri Deokman datang. Ia pun menjadi Ratu. Ratu pertama di Korea.

Drama Korea Terbaik yang Pernah Aku Tonton

Drama Korea ini benar-benar terbaik. Selain mengenalkan sejarah secara menarik. Plus bisa menjadi pelajaran politik. Bagaimana sulitnya mengatur negara. Bagaimana menjaga kestabilan pemerintahan. Dan bagaimana menjalani kehidupan. tentang pentingnya mimpi dan harapan. Tentang bagaimana membangkitkan semangat. Tentang mengapa kita harus tetap hidup meskipun keadaan sangat sulit. Bagaimana agar tidak mudah menyerah. Dan bagaimana menggapai mimpi dan harapan. Serta bagaimana pula menjaga mimpi dan harapan tersebut.

2 Responses to "Drama Korea Terbaik yang Pernah Aku Tonton"

  1. Wah, artikelnya menarik, tetap update ya sob

    ReplyDelete
  2. Sama, ini adalah salah satu film kesukaanku. Sayang si ratu meninggal sebelum menikah

    *eh

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel