Cara Mencapai Mimpi

Tips cara mencapai mimpi

Terkadang aku mempunyai mimpi. Dan terkadang ingin sekali untuk bisa segera terwujud. Kadang juga aku memiliki mimpi jangaka panjang. Dan aku mulai menyususun rencana. Mencapai mimpi bukanlah hal yang mudah bagiku. Penting bagiku untuk melakukan sesuatu secara serius. Aku pun biasanya mencatat sebuah mimpi dalam sebuah buku khusus untuk mencapai mimpi tersebut. Buku khusus yang sengaja aku jadikan acuan untuk bisa segera mencapai mimpi.

Biasanya aku memulai dengan mencatat judul besar tentang apa yang ingin ku capai. Kemudian aku mencatatkan target waktu yang kuberikan untuk diriku bisa menwujudkan mimpi tersebut. Aku menuliskan tahun kapan mimpi tersebut harus terwujud. Dan berapa hari yang aku punya untuk mencapainya. Lalu aku membuat list apa saja yang harus dilakukan untuk bisa mencapai mimpi tersebut. Dan kapan saja "to do list" itu akan dilaksanakan. Semua ini berawal dari sebuah keinginan yang besar.
Sedari kecil aku merasa aku adalah anak yang biasa-biasa saja. Aku tidak sepintar orang-orang yang ada di sekelilingku. Aku pun tidak punya prestasi apa pun seperti mereka. Hal ini sempat membuatku bersedih. Namun aku menyadari ini berarti aku harus rajin. Kemudian dengan rajin dan tekunnya aku, aku pun berhasil menyamai orang yang kuanggap hebat. Aku bisa mendapatkannya dengan rajin dan tekun. Hal inilah yang akan bisa membuatku survive di kehidupan sehari-hariku. 

Semakin bertambah usia aku merasa bahwa persaingan antar manusia itu ada. Aku lalu banyak membaca buku psikologi. Aku banyak membaca tentang indahnya memiliki mimpi. Tentang bagaimana harusnya seseorang bila mempunyai sebuah mimpi yang ingin diwujudkan. Aku pun menjadi bersemangat. Aku mulai menyusun rencana sampai untuk beberapa tahun ke depan. Aku menyusunnya dari target jangka pendek dan target jangka panjang. Aku menyusunya sampai ke detail apa saja yang harus aku lakukan dalam waktu satu hari. Aku mencatatkan sebuah mimpi yang bagiku terasa sedikit mustahil.
Aku mencatatkan mimpi bahwa aku harus menginjakkan kaki di luar negeri dan merasakan bagaimana rasanya hormat dengan bendera merah putih saat di luar negeri. Aku mencatatkan mimpi bahwa aku harus jadi utusan provinsi untuk kegiatan nasional. Aku mencatatkan mimpi untuk bisa mencoba hidup beberapa waktu di provinsi lain dengan program pemerintah. Aku ingin melihat bagaimana masyarakat lain hidup. Bagaimana budaya mereka sehari-hari. Aku mencatatkan mimpi untuk bisa ikut acara internasional. Aku mencatatkan mimpi bahwa aku harus jadi perwakilan universitasku untuk program ke luar provinsi. Intinya aku ingin melihat langsung dunia luar provinsi ku, tapi bukan dengan uang orang tua, melainkan dengan prestasi yang kuraih dengan usaha ku sendiri.

Setelah mencatatkan judul besar mimpi. Lalu mencatatkan target apa yang harus dicapai pertahun. Aku menyususn apa saja yang harus dilakukan dan kapan saja harus dilakukan. Itu menjadi sebuah agenda yang penuh dengan kerja keras dan kedisiplinan. Mungkin bagi orang yang pintar atau jenius itu hal yang aneh. Karena mudah bagi mereka. Tapi bagiku ini membutuhkan keseriusan. Penting bagiku untuk terus melihat ke dalam catatan. Aku harus mencatat apa saja yang telah aku lakukan. Aku ingin tahu apa saja progres yang telah ku capai. 

Buku catatan meraih mimpi seperti ini sangat membantu mendisiplinkan diri. Dan menjaga agar tetap "on the track". Catatan target-target membuat diri selalu ingat dan fokus. Fokus dalam sebuah tujuan sangat penting untuk bisa mencapai mimpi. Terkadang hidup banyak cerita lain. Ada begitu banyak kegiatan harian yang juga harus dikerjakan. Ada juga tugas tugas yang harus segera diselesaikan. Kalau tidak memiliki catatatn yang jelas. Maka akan gampang sekali buyar. 

Tips cara mencapai mimpi

Catatan ini juga bisa sebagai penjaga semangat. Dimana kadang lelah melanda. Maka catatan tentang mimpi bisa mengingatkan kita betapa kita telah menyusun rencana yang matang. Dan betapa banyak yang telah dilakukan untuk mencapai mimpi itu. Jadi tak semudah itu untuk mengatakan menyerah. Terus fokus dan terus semangat bisa terjaga jika aku memiliki sebuah catatan yang jelas. 
Kemudian jadi mudah untuk evaluasi diri. Melihat apa saja yang telah dilakukan dan apakah sesuai dengan yang telah direncanakan. Jika belum sesuai bisa dievaluasi. Target target kecil bisa diubah. Dan menambahkan catatan agar nanti selalu ingat untuk tidak melakukan kekeliruan dan kesalahan yang sama. Terus melihat apakah sesuai target kecil dengan target besarnya. Apakah harus ada penambahan kerja keras. Apakah harus ada perubahan jadwal waktu mengerjakan sesuatu. Terkadang setelah pelaksanaan baru tahu bahwa satu kegiatan ternyata tidak bisa dilakukan di waktu tertentu. Maka harus ada perubahan jadwal.

tips cara mencapai mimpi

Intinya semuanya tercatat. Apa saja yang harus dilakukan. Apa saja yang sudah dilakukan. Berapa lama lagi waktu yang ditargetkan tersedia. Apa saja kendala. Apa saja yang harus ditambahkan. Semuanya tercatat. Ikuti rencana itu. Kerjakan sesuai rencana. Ingat target. Ingat tujuan ingat mimpi. Tetap "on the track". Dan akhirnya semua yang pernah aku catatkan sebagai mimpi itu telah terwujud. 

2 Responses to "Cara Mencapai Mimpi"

  1. Cara yang bagus ya, catat mimpi dan rencanakan langkah untuk mewujudkan nya...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel