Akibat Kurang Minum Air Putih

Cerita Akibat Kurang Minum Air Putih

Dari berbagai penutur sejarah lisan dikisahkan bahwa dahulu pernah ada seorang sakti bernama Serunting Sakti. Ucapannya menjadi nyata. Ia suka menyumpah. Dan apa pun yang diucapkannya sebagai sumpah benar-benar terjadi. Ia lalu dikenal dengan sebutan Si Pahit Lidah. Konon katanya ada beberapa bukti peninggalan dari kisah ini. Ada beberapa daerah di Sumatera bagian selatan yang memiliki patung-patung berbentuk manusia. Yangmana patung-patung tersebut berdasarkan cerita nenek moyang turun temurun merupakan korban sumpah Si Pahit Lidah. Patung-patung seperti ini juga ada di salah satu daerah di provinsi kelahiranku, Bengkulu. 

Bahkan ada sebagian penutur sejarah turun temurun yang meyakini bahwa Si Pahit Lidah merupakan asal mula nenek moyang orang orang di Bengkulu. Jadi orang orang Bengkulu kemungkinan besar adalah keturunan Si Pahit Lidah. Aku yang waktu itu masih kecil mulai mengira bahwa mungkin aku juga keturunan Si Pahit Lidah. Entah mengapa aku merasa lidah ku sangat pahit. Tapi tetap aku tak mencoba menjadikan pepohonan sebagai batu misalnya. Hanya sebatas prasangka anak-anak.

Cerita Akibat Kurang Minum Air Putih

Hingga pada suatu hari ketika berkesempatan mendapat informasi dari dokter secara langsung. Barulah diketahui bahwa lidah ku yang pahit mungkin dikarenakan kurang minum air putih. Dan memang sedari kecil aku sedikit sekali minum air putih. Pernah satu hari hanya minum segelas air putih. Bahkan pernah juga dalam sehari semalam aku hanya minum seteguk air putih. memang sedikit sekali konsumsi air putih ku. Nyatanya kurang minum air putih membuat lidah terasa pahit. Tak sempat ku minta penjelasan kenapa-dan kenapa begini dan begitu. 
Selain mengakibatkan lidah terasa pahit, kurang minum air putih juga bisa mengakibatkan halusinasi. Seperti orang-orang di padang pasir. Sudah masyur terdengar bahwa di tengah padang pasir, saat tidak menemukan air. Dan tubuh sudah sangat kering maka akan muncul berbagai imajinasi yang bahkan terasa sangat nyata. Standarnya melihat fatamorgana. Dikira air padahal bukan. Lebih parah lagi bahkan ada yang meyakini ia menemukan kerajaan di tengah padang pasir. Lebih ekstrim lagi bahkan ada yang bercerita bahwa ia telah mengalami petualangan yang diluar akal ketika di tengah teriknya padang pasir. Ia menemukan sebuah dunia lain. Dimana pada akhirnya ia hampir mati ditelan lumpur hidup. Dan banyak pohon-pohon yang berbicara di dunia lain itu.

Yah parah kan. Selain menyebabkan lidah pahit dan halusinasi seperti ini, kurang minum air putih menyebabkan banyak dampak buruk lainnya. Bisa juga menjadi gampang lelah. Tubuh yang kurang terhidrasi menjadi mudah capek. Baru kerja sedikit sudah capek. Dan gampang sekali merasa lesu dan lemas. Ujung-ujungnya menjadi malas. Dan kalau memang dalam keadaan seperti ini juga sangat tidak baik dipaksa kerja. Yang paling dibutuhkan tubuh adalah segera minum air putih. Dan kalau bisa minum yang banyak. Setelah tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh akan segar. Dan akan mudah mengembalikan semangat.

Cerita Akibat Kurang Minum Air Putih

Dari segi kecantikan ternyata kurang minum air putih juga kurang baik. Bisa mengakibatkan gampang keriput. Juga bisa mengakibatkan mudah berjerawat. Mungkin dikarenakan darah kurang lancar. Sehingga menjadikan sumbatan yang memunculkan jerawat. Sedangkan keriputnya kulit sangat rentan memang kalau kurang air. Jadi cukup minum air putih bisa dijadikan salah satu cara mengurangi pertumbuhan jerawat. Dan salah satu cara mencegah penuaan dini. Banyak minum air putih sangat baik untuk menjaga kecantikan.
Untuk para pelajar, kurangnya minum air putih bisa berkaitan dengan turunnya prestasi belajar. Karena kurang minum air putih bisa meruntuhkan konsentrasi. Kekurangan air putih menyebabkan daya konsentrasi menurun. Menyebabkan daya ingat menurun. Padahal para pelajar membutuhkan konsentrasi yang baik untuk bisa belajar dengan maksimal. Dan membutuhkan daya konsentrasi yang baik juga untuk bisa mengingat dengan baik. Maka memastikan tubuh cukup terhidrasi merupakan salah satu cara mempertahankan prestasi belajar.

Baca juga: Pemberian Vitamin A Yang Tepat, Manfaat Dan Dosis Yang Dianjurkan

Untuk para pelajar, baik sekali minum air putih diperbanyak di waktu subuh atau menjelang subuh. Karena untuk mengantisipasi kemungkinan sering ingin buang air kecil nanti di sekolah. Dan minum air putih di waktu subuh ini sangat baik untuk memulai hari dengan kesegaran maksimal. Dan baik sekali untuk selalu membawa air putih ke sekolah. Selalu sedia botol air minum. Ketika merasa haus, minumlah walau sedikit. Karena rasa haus adalah sinyal bahwa tubuh sedang membutuhkan asupan air minum. 

2 Responses to "Akibat Kurang Minum Air Putih"

  1. Iya tuh, kalau kurang minum air putih lidah memang pahit jadinya.

    ReplyDelete
  2. hati-hati kalau kurang minum air putih juga bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel