Home » » Pemberian Vitamin A Yang Tepat, Manfaat Dan Dosis Yang Dianjurkan

Pemberian Vitamin A Yang Tepat, Manfaat Dan Dosis Yang Dianjurkan

Posted by cuapguru on Tuesday, May 28, 2019



Selama ini, banyak orang yang menganggap jika vitamin A hanya bermanfaat bagi kesehatan mata saja. Padahal ada banyak manfaat yang diberikan oleh Vitamin A, mulai dari kulit, pertumbuhan, hingga sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah pentingnya memenuhi kebutuhan akan vitamin A setiap harinya. Namun banyak orang yang belum mengetahui bagaimana pemberian vitamin A yang tepat serta dosis yang dianjurkan. Dan pada kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai vitamin A, manfaat serta dosis yang dianjurkan untuk dikonsumsi.
Sumber Vitamin A
Sebelum mengulas lebih lanjut tentang konsumsi vitamin A, tentunya harus dipahami darimana sajakah sumber vitamin A itu bisa didapatkan. Sebagian besar kebutuhan akan vitamin A bisa didapatkan dari makanan sehari-hari. Jika tidak bisa digunakan seluruhnya, maka sisa vitamin A yang sudah terserap akan tersimpan di dalam tubuh dan akan digunakan di kemudian harinya. Kandungan vitamin A bisa ditemukan pada ikan, hati, yogurt, keju, susu, telur, susu rendah lemak, mentega rendah lemak, dan masih banyak lainnya.
Yang perlu anda perhatikan disini adalah meskipun hati menjadi salah satu sumber makanan dengan kandungan yang kaya akan vitamin A, akan tetapi konsumsinya harus dibatasi. Tak boleh melebihi dari 1 kali seminggu, ini dilakukan agar menghindari kelebihan asupan vitamin A.
Selain itu dalam kategori sayur dan buah, wortel menjadi salah satu sumber vitamin A yang cukup populer. Dan selain itu ada pula bayam, paprika merah, dan ubi yang termasuk sayuran yang kaya akan vitamin A. Sedangkan untuk buah-buahan, terutama buah yang berwarna kuning seperti papaya dan mangga adalah sumber vitamin A terbaik.
Manfaat Vitamin A
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak manfaat yang diberikan oleh vitamin A. Tak hanya untuk kesehatan mata saja namun banyak hal lainnya seperti berikut ini:
  • Mendukung sistem imun tubuh bisa bekerja lebih optimal dalam menghadapi infeksi
  • Membantu sistem penglihatan menajdi lebih optimal meskipun kondisi cahaya sedang
  • Menjaga kulit tetap sehat
  • Memperlambat perjalanan gangguan mata yang bisa mempengaruhi retina
  • Dapat digunakan sebagai obat jerawat maupun gangguan kulit lainnya. biasanya ini adalah turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinoid. Obat ini dapat dioleskan maupun dikonsumsi menurut resep dokter
  • Mengurangi mata kering dan sakit campak bagi yang kekurangan vitamin A
  • Menekan resiko komplikasi dari penyakit campak
  • Mengurangi resiko rabun senja
  • Dan masih banyak lainnya.
Kebutuhan Vitamin A Harian
Baik muda dan tua, pria maupun wanita memiliki kebutuhan akan vitamin A yang berbeda untuk seharinya. Kecukupan vitamin A sebenarnya bisa didapatkan dari makanan serta minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Namun bagi yang mengalami kekurangan vitamin A, biasanya doter meresepkan vitamin A dalam bentuk yang kapsul atau pil yang bisa dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Untuk orang dewasa, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran 5 porsi per hari bisa memenuhi 65% dari jumlah kebutuhan vitamin A per harinya. Untuk pria dewasa, membutuhka 900 mikrogram per hari sedangkan untuk wanita dewasa butuh sekitar 700 mikrogram. Kebutuhan ini bisa meningkat saat wanita sedang dalam masa hamil dan menyusui. Bagi wanita yang hamil dengan usia diatas 19 tahun, maka jumlah vitamin A yang direkomendasikan seharinya adalah 770 mikrogram, sementara ibu menyusui membutuhkan 1.300 mikrogram.
Berbeda dengan anak-anak, kebutuhan akan vitamin A tentunya harus disesuaikan dengan usia. Untuk anak berusia 1-3 tahun, direkomendasikan asupan vitamin A sebesar 300 mikrogram, untuk usia 4-8 tahun mendapatkan 400 mikrogram, dan untuk usia 9-13 tahun membutuhkan 600 mikrogram.
Bagaimana Cara Mengkonsumsi Vitamin A Yang Benar?
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, meskipun pemberian vitamin A bisa didapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari hari. Akan tetapi jika anda mengalami kekurangan vitamin A, tentu saja direkomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen A yang bisa dibeli di apotek. Namun unuk mengkonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen tentunya tidak boleh sembarangan. Berikut ini beberapa tips bagi anda untuk mengkonsumsi vitamin A dengan tepat.
  • Gunakan suplemen vitamin A yang memang dianjurkan dokter. Untuk itu sebaiknya anda mendapatkan resep vitamin A ini dari dokter. Selain itu konsumsilah sesuai keterangan yang ada pada kemasan. Hindari mengkonsumsi lebih dari satu suplemen vitamin, ini akan menghindarikan anda dari overdosis maupun efek samping yang berakibat serius
  • Jika mengkonsumsi suplemen dalam bentuk cairan, maka gunakan sendok ataupun gerlas takar khusus yang biasanya disertakan dalam kemasan. Jangan gunakan sendok makan biasanya karena mungkin saja takarannya berbeda
  • Bagi ibu hamil, tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi vitamin A, bahkan termasuk minyak ikan. Terkecuali jika diresepkan dokter. Vitamin A dengan dosis tinggi dapat beresiko menyebabkan cacat lahir. Begitu pula jangan mengkonsumsi banyak makanan dengan kandungan vitamin A yang tinggi seperti hati.
  • Bagi anda yang lupa mengkonsumsi vitamin A pada jadwalnya, akan lebih baik untuk segera melakukannya saat jeda dengan jadwal berikutnya tak begitu dekat. Namun jika sudah dekat, sebaiknya jangan menggandakan dosis
Nah itu tadi penjelasan seputar pemberian vitamin A yang lengkap, mulai dari dosis, dan tips bagi anda yang mengkonsumsi suplemen vitamin A. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. lebih dari satu suplemen vitamin ini maksudnya jangan mix vitamin ya? misal kita konsumsi vitamin A jangan cmpur2 denan vitamin B, B komples, c dll. Gitu ya?

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email