Home » » Saying Sorry

Saying Sorry

Posted by cuapguru on Monday, May 6, 2019


Manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Salah dan khilaf adalah sifat manusia. Terkadang sesuatu yang telah dipersiapkan dengan sangat baik juga masih memiliki kesalahan. Terkadang sesuatu yang kita yakini baik juga bisa dianggap salah. Dalam kehidupan sehari-hari berkumpul dan bertemu dengan banyak orang. Orang-orang memiliki cara berpikir yang berbeda-beda. Maka sesuatu yang kita anggap benar pun bisa jadi salah dalam pemikiran orang lain.

Kadang memang kita menyadari bahwa kita yang salah. Maka cepat meminta maaf adalah suatu yang baik. Sebagaimana ucapan terima kasih itu penting, begitu juga dengan ucapan meminta maaf. Sebisa mungkin masalah tidak dibiarkan berlarut. Segera masalah diselesaikan dengan cara yang baik. Dalam segi cara mengucapkan maaf setiap bahasa memiliki kata dan caranya tersendiri. Kalau di daerah kelahiranku Bengkulu, di keseharian sering dengan kata "aku minta maaf nian".

Dalam bahasa Inggris pengucapan meminta maaf ada pula beberapa cara. Dan perlu diketahui sebagaimana dalam budaya mereka ringan mengucapkan terimakasih. Berbahasa Inggris juga ringan mengucapkan minta maaf. Ringan mengucapkan meminta maaf bukan berarti dengan mudahnya melakukan kesalahan. Usahakan menghindari suatu kesalahan. Jika terlanjur salah dan tidak disegaja.  Maka ringankan mengucap maaf.

Baca pula: Thanking

Ada pula salah seorang dosen ku dulu pernah menyampaikan, "Do not say sorry too much". Bahwa sering mengucapkan meminta maaf berarti sering melakukan kesalahan. Beliau memaksudkan agar sebaiknya bukan memperbanyak mengucapkan "maaf". Tapi melatih kontrol diri supaya tetap melakukan kebaikan dan kebenaran. Selalu berusaha untuk tidak melakukan kesalahan. Dan kalau melakukan kesalahan segera perbaiki kesalahan itu. Beliau mengingatkan bahwa permintaan maaf yang terpenting adalah dengan perubahan sikap. Dan perbaikan kesalahan.

Bagaimana pun manusia tetaplah terkadang tak sengaja tersalah. Dan jika itu terjadi pengucapan maaf juga perlu. Tentu harus diiringi dengan perbaikan kesalahan sebagai bentuk tanggungjawab. Sebagai wujud nyata dari permintaan maaf yang tulus. Dan berikut beberapa ucapan permintaan maaf dalam bahasa Inggris. Beserta beberapa ucapan responnya. Ucapan respon jika disampaikan permintaan maaf.

Maaf = Sorry
Aku minta maaf = I am sorry
Aku minta maaf banget kalau aku..... = I am so sorry if I.....
Aku minta maaf banget kalau aku..... = I am very sorry if I.....
Aku minta maaf untuk..... = I apologize for.....
Tolong maafin aku = Please accept my apologize
Aku minta maaf. Aku ga bermaksud gitu = I'm sorry. I did't mean that

Oke = That's okey
Kamu ga salah = That's all right
Ga masalah = No problem
Ga usah dipikirkan = Never mind
Ga usah cemas = Don't worry
Aku ga masalah = I doesn't matter
Aku terima permintaan maaf kamu = I accept you apology


Example:

Victoria: Excuse me, Mam. (Permisi, Bu)

Teacher: Why are you so late, Victoria? (Kenapa kamu sangat terlambat, Victoria?)

Victoria: I am very sorry. I got a traffic jam. I was really trapped in the traffic jam. (Saya minta benar-benar minta maaf, Bu. Saya terjebak macet, Bu)

Teacher: Next time please come earlier (Lain kali datanglah lebih pagi lagi)

Victoria: Ok, Mam. I promise. (Iya, Bu. Saya janji akan datang lebih pagi)

Teacher: Good. Then you may have a seat. (Baiklah. Sekarang kamu boleh duduk)

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email