Fakta Unik tentang Pesta Pernikahan- Undangan Basa Basi

Fakta Unik tentang Pesta Pernikahan- Undangan Basa Basi

Pesta pernikahan merupakan suatu acara yang penuh dengan kebahagiaan. Tujuan acara adalah sebagai tanda syukur sekaligus memberitahukan tentang adanya status baru. Dimana sebelunya bujang atau gadis. Kini telah berubah menjadi suami atau istri. Hal ini adalah suatu sistem berdasarkan tuntunan agama. Juga telah menjadi adat istiadat yang umum dimana-mana. Hal ini dimaksudkan agar ada kejelasan tentan status. Agar tercipta tatanan masyarakat yang rapih dan nyaman.

Besar kecil nya suatu pesta pernikahan tergantung dari keluarga penyelenggara pesta. Umumnya tentu ditentukan oleh kesanggupan keluarga. Dulunya acara pesta pernikahan lumayan lama. Ada beberapa hari beserta beberapa rangkaian acaranya. Namun sekarang seiring perubahan zaman, pesta pernikahan kerap diselenggarakan hanya dalam satu hari saja. Mengingat efektifitas dan efisiensi. Hal ini diharapkan menjadi kebaikan. Agar memudahkan suatu penikahan. Karena sulitnya menyelenggarakan pernikahan akan berbanding lurus dengan tingginya angka kerusakan di masyarakat.

Mengenai tamu undangan di pesta pernikahan. Aku adalah salah satu orang yang percaya bahwa mengadiri undangan itu hukumnya wajib. Kewajiban menghadiri pernikahan yang kita diundang ke sana ada di hadist sahih bukhari muslim. Sehingga kalau diundang ke suatu acara pesta pernikahan, aku akan mengusahakan datang sebisa mungkin. Kecuali memang ada suatu penyebab yang membuat terpaksa tidak bisa hadir. Maka apa hendak dikata. Bukan tidak mau tapi tidak bisa.

Seiring waktu berjalan dan usia bertambah. Semakin banyak pula pesta pernikahan yang telah didatangi. Akhirnya aku menemukan suatu hal yang berbeda. Suatu hal yang berbeda dengan keyakinanku. Keyakinanku bahwa menghadiri pesta pernikahan itu wajib. Dan aku selalu datang dengan senang hati. Faktanya ada orang yang tak mengharapkan kehadiran ku. Atau kami lebih tepatnya pada kejadian itu.

Kami menghadiri pernikahan teman. Aku dan beberapa ornag teman lainnya. Kami ada berlima. Kami datang dengan bahagia. Dengan membawa doa dan hadiah. Begitu sampai kami pun makan seperti tamu lainnya. Kami makan dengan ceria sambil banyak bercerita. Lalu selesai makan kami pun berencana mau berpamitan dengan teman yang sedang jadi pengantin. Begitu kami mendekati area pelaminan, tampak wajah teman itu masam. Ia pun menyambut kami dengan datar. 

Begitu ku ucapkan selamat, iya dia bilang terimakasih tapi dengan wajah yang tak mengenakkan. Keluarga mereka pun cuek. Masing-masing orang tua pengantin yang juga duduk di pelaminan tidak menggubris kami samasekali. Mereka asik ngobrol masing-masing. Kami berencana foto sebelum naik ke panggung. Kami sudah memberikan handphone salah satu teman ke fotographer yang memang standbye di depan pelaminan. Ia ternyata enggan memoto kami. Lalu teman yang menikah itu tiba-tiba memanggil temannya untuk foto-foto. Kami pun diusir dari pelaminan.

Aku bersyukur hari itu aku dapat pelajaran. Bahwa ternyata tidak semua undangan itu berharap untuk didatangi. Bisa jadi ada undangan yang dikirimkan hanya untuk basa basi. Sedangkan yang mengundang tidak menginginkan kehadiran yang diundang. Dulu aku dengan polosnya berpikir bahwa pasti orang senang dengan kedatangan tamu yang diundangnya. Kini aku mendapatkan pengetahuan baru tentang adanya kemungkinan seperti hal ini terjadi. 

Bagaimanapun, hal yang wajib dalam agama tetaplah berhukum wajib. Maka niatkan segala sesuatu karena Allah adalah kebaikan yang besar. Semoga kita senantiasa dalam kebaikan dan keberkahan. Semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

0 Response to "Fakta Unik tentang Pesta Pernikahan- Undangan Basa Basi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel