Home » » Thanking

Thanking

Posted by cuapguru on Monday, April 22, 2019

thanking
sumber gambar: pixabay.com

Thanking artinya berterimakasih. Dalam banyak hal di kehidupan ini dimana kita baiknya berterimakasih. Berterima kasih pada Tuhan tentu saja yang utama. Kemudian berterimakasih kepada makhluk. Berterimakasih bisa diungkapkan dengan kata-kata. Meskipun kadang ungkapan berterimakasih terlihat sepeleh, sebenarnya ia kaya akan makna. Dan mengungkapkan rasa terimakasi adalah salah satu hal yang perlu. Penting untuk diaplikasikan dalan kehidupan sehari-hari.

Dalam budaya Indonesia. Tentu ada banyak cara mengungangkapkan terimakasih. Terlebih Indonesia kaya akan bahasa daerah. Ada banyak suku bangsa yang ada di Indonesia. Sehingga ungkapan berterimakasih pun ada banyak juga. Kalau di daerah asalku, Bengkulu, kami biasa dengan ungapan "mokasih yo". Begitu simpel digunakan sehari-hari. Ringan sekali untuk diucapkan. Maka jangan lupa mengucapkannya disituasi kita ingin berterimakasih. 

Dalam budaya berbahasa Inggris. Ungkapan berterimakasih juga sering diucapkan. Ada bahasa yang sangat singat "thanks". Dan ungkapan berterimakasih sangat sering diucapkan. Ketika seseorang memuji kita, kita langsung berterimakasih. Berterimakasih atas pujian orang tersebut. Karena pujian itu menunjukkan perhatian dari nya. Namun penting diingat sebagai muslim, kalau dipuji harus mengucapkan Masya Allah. Maha Suci Allah. Karena untuk menghindari penyakit ain. Yaitu penyakit yang diderita karena kekaguman orang. Bahkan ain bisa mempercepat kematian/ajal (Hadist Sahih Bukhari Muslim).

Dalam situsi lain, misalnya kita baru saja mendapat bantuan dari seseorang. Meskipun bantuan kecil. Seperti teman yang mengingatkan kita apakah sudah menyelesaikan tugas. Kita juga berterimakasih. Lalu teman yang membantu mengerjakan suatu kegiatan/pekerjaan. Kita juga pastinya mengucapkan terimakasih. Namun baik diperhatikan bahwa jika kita yang membantu, tidak perlu menunggu-nunggu ucapan terimakasih dari orang yang dibantu. Niatkan membantu karena Allah. Maka bantuan kita tercatat sebagai pahala. Dengan atau tanpa ucapan terimakasih dari orang lain, tetap harus berbuat baik.

Oke Friends, berikut beberapa ungkapan berterimakasih dalam Bahasa Inggris.

Makasih = Thanks 
Makasih ya = Thank you
Makasih banyak = Thank a lot
Makasih banyak ya = Thank you so much
Makasih bantuannya = Thank you for your help

Berikut respon ketika mendapat ucapan terimakasih dalam Bahasa Inggirs

Oke = okay
Kamu juga baik = You are welcome
Ga usah disebut = Don't mention it
Ga seberapa = Not at all
Biasa aja = That's all right
Biasa aja = That's fine


Example!
Dialog 1
The situation: It was Jane's birthday. She got present from Lili.

Lili: I have something for you
Jane: Wow! Thank you so much!
Lili: You are welcome


Dialog 2
The situation: Jane got sick. She did't come to school for several days. Then her friend, Lili, came to her home.  Lili brought some Jane's favorite fruit.

Lili: I heard you were ill. So I bring this fruit for you.
Jane: Thanks a lot, Lili.
Lili: Don't mention it


Dialog 3
The situation: Jane brought some cookies that she made. She gave it to Lili.

Jane: Lili, this cookies is special for you!
Lili: Thank you!
Jane: Not at all

Semoga Allah senantiasa memudahkan semua urusan kita. Semoga kita senantiasa berada dalam kebaikan dan keberkahan. Semoga apa yang kita pelajari menjadi ilmu yang bermanfaat. Semoga apa yang kita cita-citakan bisa segera terwujud. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email