Home » » Mempersiapkan Acara Lamaran Adat Bengkulu

Mempersiapkan Acara Lamaran Adat Bengkulu

Posted by cuapguru on Tuesday, April 9, 2019

Mempersiapkan Acara Lamaran Adat Bengkulu

Acara Lamaran adalah acara yang dinantikan setiap pasangan yang sedang jatuh cinta. Acara lamaran nyatanya berbeda antar tiap daerah. Bahkan ada daerah yang tidak memiliki kebiasaan menyelenggarakan acara lamaran. Untuk daerah Bengkulu, acara lamaran biasanya diselenggarakan seperti acara tunangan. Dimana acara ini dimaksudkan sebagai acara besar yang penting sebelum acara pernikahan dilaksanakan.

Biasanya acara lamaran diselenggarakan di waktu sabtu malam. Namun bisa juga tidak tepat sabtu malam. Bisa malam lain atau pun siang hari. Inti dari acara lamaran adalah penegasan bahwa akan diselenggarakannya sebuah pernikahan. Dalam acara lamaran disampaikan pula bantuan dana dari pihak keluarga calon mempelai laki-laki kepada keluarga calon mempelai perempuan.

Mengingat acara lamaran adalah acara besar. Maka persiapannya pun perlu dilakukan secara matang. Tujuan diadakan acara lamaran juga merupakan tujuan yang baik. Sehingga diharapkan acara berjalan dengan lancar dan berkah. Berikut apa saja yang perlu disiapkan untuk menyelenggarakan acara lamaran dengan adat Bengkulu.

Menentukan Tanggal Acara
Tanggal acara akan dilaksanakan ditentukan oleh keluarga calon mempelai laki -laki dan keluarga calon mempelai perempuan. Pertama calon keluarga laki-laki datang berkunjung ke rumah calon mempelai perempuan. Kedatangan bertujuan untuk berkenalan sekaligus menyampaikan niatan melangsungkan pernikahan. Berikut menetapkan kata sepakat untuk tanggal pelaksanaan acara lamaran.

Menyampaikan Pemberian Untuk Keluarga Perempuan
Dalam acara lamaran adat Bengkulu ada istilah hantaran dan bantuan dapur. Hantaran adalah uang yang diberikan pihak keluarga laki-laki untuk pihak keluarga perempuan. Uang inilah yang akan digunakan menyelenggarakan pesta pernikahan. Semakin besar uang hantaran yang diberikan keluarga laki-laki akan semakin besar pesar pernikahan bisa terselenggara. Karena biaya pesta pernikahan adalah tanggung jawab keluarga laki-laki. Meskipun pesta pernikahan diselenggarakan di rumah keluarga perempuan. Dan hantaran ini dikenakan pajak sebesar 10%.

Sedangkan bantuan dapur, adalah uang bantuan tambahan untuk belanja dapur. Alias tambahan bantuan untuk keperluan masak persiapan makanan di acara pernikahan. Biasanya dana memang banyak terkuras di bagian konsumsi. Karena itulah diperlukan bantuan dapur. Dana bantuan dapur ini tidak dikenakan pajak apa pun. Besarnya hantaran atau pun bantuan dapur yang akan diberikan keluarga laki-laki disesuaikan dengan kemampuan dan kemauan keluarga laki-laki.

Menjelaskan Adat Saat Acara Lamaran
Hal ini sangat diperlukan jika pihak keluarga laki-laki bukan berasal dari Bengkulu. Agar tidak terjadi miskomunikasi perlu dijelaskan secara detail tentang adat pelaksanaan acara lamaran. Misalnya saja bahwa seluruh laki-laki yang datang di acara lamaran harus menggunakan sarung. Kemudian biasanya di acara lamaran, keluarga laki-laki juga membawa oleh-oleh. Biasanya berupa makanan. Lalu dijelaskan pula bahwa diperlukan satu orang juru bicara dari pihak keluarga laki-laki. Karena nanti di acara lamaran akan ada tegur sapa secara singkat dari juru bicara keuarga perempuan kepada juru bicara pihak keluarga laki-laki.

Melapor ke Pak RT
Jika telah sepakat antar kedua keluarga calon mempelai, maka pihak keluarga perempuan kemudian melapor kepada Pak RT. Bahwa akan diselenggarakan acara lamaran. Penyampaian laporan kepada Pak RT harus sesegera mungkin agar tidak terjadi benturan acara dengan acara lain di lingkungan RT. Untuk menghidari siapa tahu juga ada yang mau menyenggarakan hajatan lain. Sekaligus juga meminta nasihat dan arahan dari Pak RT agar acara terlaksana dengan lancar dan baik.

Mempersiapkan Acara Lamaran Adat Bengkulu

Mempersiapkan Panitia Acara
Pihak keluarga perempuanlah yang mempersiapkan panitia acara dikarenakan acara dilaksanakan di rumah keluarga perempuan. Panitia ditentukan keluarga atas kesepakatan keluarga perempuan. Setelah panitian disepakati lalu kepala keluarga perempuan mendatangi rumah calon panitia untuk diminta bantuannya. Panitia yang dibutuhkan adalah: MC Acara, Pembaca Doa, dan Juru Bicara Keluarga. Kemudian yang tak kalah penting adalah meminta bantuan ibu-ibu jiran tetangga untuk membantu memasak untuk hidangan saat acara lamaran tersebut. 

Perlengkapan Acara
Yang khas di acara lamaran adalah adanya cerano dan sekapur sirih. Cerano dan sekapur sirih ini akan diletakkan di hadapan juru bicara pihak laki laki saat acara sebagai penyambutan. Kemudian, Acara lamaran tentu membutuhkan juga perlengkapan seperti Sound System, Mikropon dan sebagainya. Jika lamaran diselenggarakan secara sederhana maka cukup dengan itu saja. Namun jika acara mengundang banyak orang maka perlu meminjam kursi untuk tamu dan tenda juga.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email