5 Strategi bisnis yang bisa kamu jalankan saat Ramadhan tiba

5 Strategi bisnis yang bisa kamu jalankan saat Ramadhan tiba

Dijuluki bulan penuh berkah, Ramadhan seperti ingin memberikan keberkahan ke semua makhluk di bumi ini. Tak hanya umat Islam saja yang merasakan kebahagiaan bulan Ramadhan, tapi juga semua penggiat bisnis yang ada dan merasakan keberkahannya. Kamu bisa merasakaha Ramadhan berkah dari berbagai lini mulai dari kehidupan sosial, bisnis, hingga kehidupan pribadi yang terus membuat kita jadi lebih baik lagi menghadapi hidup. Jika kamu adalah seorang pebisnis dan bingung bagaimana menjalankan bisnis di bulan Ramadhan yang tentunya berbeda dengan hari-hari biasa, tentu ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan. Tak melulus soal diskon dan promo Ramadhan, tapi ada banyak yang bisa kamu lakukan untuk beradaptasi selama satu bulan hingga hari raya Idul Fitri yang bisa menguntungkan bisnismu dan menaikkan brand yang kamu miliki sehingga omset meroket hanya dalam satu bulan.

Ramadhan berkah bagi pebisnis dengan 5 langkah tepat

Berbicara bisnis tentu tak harus selalu membicarakan berapa omset yang harus tercapai dalam satu bulan ke depan. Lebih dari itu, seorang pebisnis handal perlu memahami strategi dan bagaimana beradaptasi dengan lingkungan saat ini. Kita tahu Indonesia memiliki penduduk mayoritas Islam yang pastinya saat bulan Ramadhan akan sangat kental suasana berpuasa dan ibadahnya. Beberapa langkah ini bisa kamu terapkan untuk membuat bisnismu berjalan mengikuti arus dan tentu mendapatkan keuntungan yang juga memuaskan. Dengan cara memahami apa yang pasar inginkan dan adaptasi cepat selama bulan Ramadhan berkah ini.

Menghormati bulan Ramadhan dan yang menjalankan ibadah puasa

Bulan Ramadhan datang setahun sekali dengan durasi 30 hari sehingga kamu punya waktu untuk merubah beberapa peraturan yang berkaitan dengan budaya puasa ini. Jika kamu memiliki usaha kuliner misalnya, kamu bisa memasang tirai penutup sebagai langkah untuk menghormati orang yang berpuasa di luar sana. Ditambah lagi bisa juga dengan mengubah jadwal buka dan jadwal tutup seperti memundurkan waktu buka menjadi lebih siang dan memajuka waktu tutup untuk mempermudah karyawan yang beragama Islam dalam menjalankan ibadah puasa. Berikan keleluasaan bagi mereka untuk pulang cepat agar bisa mempersiapkan diri dalam berbuka puasa bersama keluarga dan beribaha shalat tarawih di malam hari. Di waktu pagi bisa memperlama buka untuk membuat mereka leluasa menyiapkan makan sahur dan ibadah shalat subuh dan pengajian di pagi hari. Kamu mungkin berpikir bahwa memperlama waktu buka dan mempercepat waktu tutup akan menurunkan omsetmu selama sebulan ini, tapi sekali lagi percayalah bahwa ini bukan hanya soal pendapatan yang menurun atau melonjak, tapi lebih bagaimana kamu menyikapi fenomena sosial saat bulan Ramadhan tiba yang tentunya berbeda dari hari biasanya.

1. Biaya khusus untuk promo Ramadhan

Saat bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk membuat promo-promo khusus untuk para pelanggan yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Promo ramadhan ini bisa berupa kampanye tentang bulan Ramadhan dan keuntungan yang disesuaikan dengan produk-produk atau layanan yang kamu berikan. Memang kamu perlu menyiapkan dana khusus untuk promo dan kampanye ini dan hasilnya pun tak serta mertak terlihat saat itu juga. Tapi eksistensi bisnismu dalam memahami apa yang sedang tren saat ini bisa membuat para konsumen mengapresiasi secara positif. Misalnya kamu menyiapkan takjil buka puasa pada pelanggan setiap hari selama bulan Ramadhan yang berimbas pada konsumen yang datang dan berbelanja atau menggunakan jasa bisnismu. Atau bisa juga dengan memberikan potongan harga untuk produk-produk tertentu sesuai dengan tema Ramadhan yang sedang hangat. Omset bisa jadi meningkat karena kamu merespon Ramadhan ini sehingga lebih dekat dengan apa yang dirasakan konsumen saat ini. Ini yang membuat Ramadhan berkah semakin berkah dan semua bisa mendapatkan kegembiaraan dari bulan yang penuh kebahagiaan ini.

2. Dekorasi dan tema Ramadhan di tempat bisnismu

Jika kamu memiliki usaha kuliner dengan prospek bisnis yang cukup menjanjikan, maka bukan tak mungkin kamu mendekorasi beberapa sudut sehingga memiliki kesan Ramadhan yang kental. Ini akan membuat para konsumen yang datang memiliki apreasiasi untuk langkah tepat ini. Atau bisa juga kamu membuat poster-poster yang bertema Ramadhan dan pernak-perniknya. Meski nantinya tidak berpengaruh pada omset, tapi ada keunikan dan perbedaan yang dirasakan antara dekorasi Ramadhan dengan dekorasi umum yang telah kamu siapkan sebelumnya. Keakraban di bulan Ramadhan yang terjalin baik akan memberikan dampak yang positif di kemudian hari di mata konsumen.

3. Manfaatkan media sosial

Saat ini menggunakan media sosial sebagai ajang untuk promosi dan berbagi kebaikan tentu saja sangat memungkinkan dan tepat sasaran. Mengingat semua orang pelangganmu bisa jadi memiliki akun media sosial. Cobalah buat postingan-postingan positif yang berkaitan dengan bulan Ramadhan seperti tips berpuasa, tips berbagi, dan lainnya yang memungkinkan dibagikan ulang oleh pelangganmu. Atau kamu juga bisa menggunakan Instagram untuk membuat kuis atau bermain tagar agar semua orang ikut berpartisipasi dalam agenda promo yang kamu rencanakan. Penggunaan media sosial ini terbilang cukup efektif karena hanya membutuhkan modal yang kecil tapi berdampak pada perkembangan bisnis yang massif dan cepat. Jika kamu mampu membuat konten yang viral, maka bukan tidak mungkin bisnismu akan lebih cepat dikenal apalagi di momen Ramadhan berkah yang membahagiakan ini.

4. Jangan lupa sedekah

Kamu bisa ikut mengambil pahala di Bulan Ramadhan dengan memberikan sedekah dari hasil omset yang kamu dapatkan dari promo Ramadhan. Seperti iLotte yang memberikan penawaran khusus dan potongan hara selama bulan Ramadhan yang dikemas dalam Ramadhan Sale sehingga menjadi Ramadhan berkah untuk semuanya. Menyisihkan pendapatan untuk bersedakah dengan cara yang baik dan unik bisa membuat produk dan jasa yang kamu kelola semakin mendapatkan tempat di hati masyrakat terutama pelanggan tetapmu dan orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

5. Jaga niat untuk mengisi Ramadhan dengan caramu sendiri

Memang sebagai seorang pebisnis, kamu punya hitungan sendiri bagaimana mengelola semua promo dan jasa di bulan Ramadhan ini dengan memberikan kebijakan-kebijakan. Sekali lagi awali semuanya dengan niat yang baik tidak hanya sekedar meraup keuntungan yang besar di bulan Ramadhan. Dengan diawali misi kebaikan dan berbagi, tentu bisnismu akan mendapatkan respon yang cukup baik dari konsumen. Dengan begitu secara perlahan omset besar dan keuntungan yang melimpah bisa kamu dapatkan dengan cepat. Apalagi di saat Lebaran, biasanya semua lini bisnis akan mengalami peningkatan yang cukup pesat sehingga jika kamu merasa kebijakan bisnis di bulan Ramadhan ini tak begitu menguntungkan secara hitungan bisnis, kamu bisa mengejarnya saat Lebaran tiba.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam membangun bisnismu saat bulan Ramadhan. Yang terbaik adalah yang paling bisa berbuat banyak untuk orang lain. Apalagi kamu bisa mencari keberkahan dan mencuri pahala dari muslim yang sedang berpuasa dengan cara yang positif. 

1 Response to "5 Strategi bisnis yang bisa kamu jalankan saat Ramadhan tiba"

  1. yup, jaga niat tuh penting beud
    solanya salah niat hancurlah sudah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel