Home » » Tempat Wisata yang Indah di Sumatera Barat, Pulau Angso Duo

Tempat Wisata yang Indah di Sumatera Barat, Pulau Angso Duo

Posted by cuapguru on Sunday, March 17, 2019

Tempat Wisata yang Indah di Sumatera Barat, Pulau Angso Duo

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan wisata alam. Ada berbagai wisata alam yang menarik nan menawan di berbagai sudut provinsi Sumbar. Salah satu wisata yang terkenal dengan keindahannya adalah Pulau Angso Duo. Pulau Angso duo terletak di Padang Pariaman.

Dari Ibukota Sumatera Barat, Padang, aku dan kawan-kawan naik kereta api menuju Pariaman.  Kami mengambil bangku kelas ekonomi. Ongkosnya hanya Rp. 5000 rupiah. Kami berangkat pagi hari. Sekitar pukul 09. 13 wib. Dengan prakiraan sampai di Pariaman pukul 10. 36 wib. Berarti lama perjalanan lebih kurang satu setengah jam dari Padang ke Pariaman.

Sesampainya di Pariaman, aku takjub dengan wisatanya yang tampak telah dikelola dengan baik. Wisatawan pun sangat ramai. Begitu turun dari kereta api, kami langsung di sambut dengan beberapa jasa transportasi menyebrangi laut. Ada yang menawarkan paket-paket wisata gitu tapi aku kurang paham sih.

Pasalnya dua dari kawan kami adalah orang asli Pariaman. Jadi kami mengikuti kawan kami saja. Kami mengekor ke mana mereka pergi. Dan mereka menjasi tourguide pribadi kami. Kami merasa aman dan nyaman. Serta perjalanan wisata kami lancar.

Tempat Wisata yang Indah di Sumatera Barat, Pulau Angso Duo

Sembari teman kami mencarikan perahu. Kami memyusuri pinggiran Pantai Pariaman. Pantainya indah. Pasir putihnya luas. Ada banyak wisatawan di sana. Dan ada banyak penjaja makanan. Yang khas adalah sala lauak. Makanan berbentuk bola kecil-kecil. Terbuat dari terigu dicampur daging ikan yang telah dihaluskan. Kemudian juga ada udang goreng dan ikan goreng. Tiga tusuk harganya Rp. 20.000,-.

Setelah perahunya dapat. Kami merapat ke parahu itu. Kami semua muat di satu kapal. Satu orang membayar Rp. 20.000,- Perahunya ukuran sedang. Untuk masuk ke dalam perahu, kami harus masuk beberapa meter ke laut. Karena perahunya tidak bisa terlalu ke tepi. Jadi celana sudah basah-basah sedikit. Lalu kami saling sambut agar bisa menaiki perahu.

Di dalam perahu ada disediakan apelampung. Tapi hanya beberapa dari kami yang pakai pelampung. Selebihnya tidak mau pakai. Seketika aku berniat akan belajar renang. Ngeri juga berada di tengah laut.

Jarak antara pinggir pantai menuju pulau tidak begitu jauh. Namun lautnya tampak seperti laut dalam. Air lautnya mengerikan juga kalau dipandang. Dan kecepatan kapalnya membuat sedikit khawatir. Tapi karena jarak pulaunya tak begitu jauh, hanya sebentar saja sudah sampai di pulaunya.


Ternyata Pulau Angso Duo memang sangat indah. Pasirnya teramat putih. Terlebih banyak batu-batu putih kecil juga. Mungkin lebih dominan bebatuan putih kecil  terhampar di sana daripada pasir. Jadi pantainya tampak berkilau indah. Rencananya aku mau lepas sandal. Tapi batuannya terasa kasar. Akhirnya aku tetap memakai sandal.

Di sana ada disedikan pondok yang tinggi. Kami pun langsung memanfaatkan pondok itu untuk beristirahat. Di atas sana kami makan-makan. Kami memesan makanan yang berada dekat pondok itu. Ada beraneka popmie yang ditawarkan di sana. Kami pun memesan popmie rebus dan menyantap dengan sala lauak serta udang goreng yang kami beli tadi.

Tempat Wisata yang Indah di Sumatera Barat, Pulau Angso Duo

Setelah makan, kami berkeliling pulau. Pulaunya kecil, mudah dikelilingi. Kami berkeliling sambil berfoto disana sini. Lalu pas masuk waktu zuhur, kami mampir ke mushola. Ada disediakan mushola di pulau ini. Musholanya dari papan kayu. Dan berupa rumah panggung. Sayangnya ambil wudhunya dintempat terbuka dan campur saja laki-laki dan perempuan. 

Setelah sholat kami pun bersiap pulang. Menunggu jemputan perahu yang tadi kami sewa. Lalu kami juga foto-foto sambil menunggu perahunya sampai. Kemudian kami pun pulang menuju pantai pariaman lagi. Setalah sampai di pantai kami mencari tempat makan siang. Setelah makan kami bersiap menunggu kereta pulang.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Newest
You are reading the newest post

2 komentar:

  1. Alam yang indah menyajikan ketenangan bagi manusia yang ingin melepas penat dan penyegaran kembali

    ReplyDelete
  2. kalau ke sini nanti pengen bawa banyak cemilan dan topi pantai, jadi bisa menikmati alam sambil nyemil di pinggir pantai

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email