Pesan Ayah Tentang Father Parenting

semoga jadi amal jariyah untuk ayahku

Father Parenting adalah hal yang sangat penting. Meski umum diketahui bahwa pengasuhan adalah tugas dan tanggung jawab istri. Namun faktanya tetap saja father parenting tidak bisa dianggap sepeleh. Pengaruh peran ayah sangat besar dalam pertumbuhan psikologis anak. Dan sangat baik pula untuk penanaman karakter yang positif pada anak. Perhatian dan pendidikan dari sosok ayah adalah sangat baik untuk lebih diperhatikan.

Beberapa hari sebelum ayahku meninggal. Beliau sempat menceritakan tentang pentingnya father parenting. Aku waktu itu menyimaknya dengan seksama. Beliau menceritakan beberapa cara yang bagus diterapkan bagi para ayah. Dan beliau berharap hal ini berdampak positif pada perkembangan anak-anak. Berikut tips yang beliau bagikan.

1. Langsung Menyapa Anak Ketika Sampai di Rumah

Ayah berpesan untuk langsung menyapa anak ketika sampai di rumah. Kata beliau ini sangat penting. Meskipun father dalam keadaan sangat lelah. Tentu dimaklumi bahwa sosok father sebagai pencari nafkah akan dalam kondisi lelah ketika baru sampai dari tempat kerja. Apalagi seharian. Dan terlebih jika lembur kerja. Pasti ketika sampai rumah dalam keadaan sangat lelah. 

Namun, jangan abaikan anak. Tetaplah menyapa anak-anak. Walau hanya sepintas lalu. Walau hanya senyuman dan salam. Kata beliau hal ini sudah terbukti berpengaruh pada psikologis anak. Anak yang selalu disapa father nya seperti ini akan timbul rasa sayang terhadap ayahnya. Mungkin karena tertanam di dalam memori terdalamnya. 

Apalagi jika kebiasaan ini memang dibiasakan sedari anak masih kecil. Bahkan sedari anak dalam kandungan. Kemudian semasa anak bayi. Dan seterusnya cara ini dibiasakan setiap hari. Maka akan sangat tertanam di jiwa sang anak. Rasa sayang dan rindu terhadap father akan sangat tertanam dalam. 

2. Usahakan Selalu Makan di Rumah

Meski kerja keras setiap hari. Dan harus pergi pagi pulang petang. Tetap usahakan selalu makan di rumah. Anak-anak harus melihat father makan di rumah. Anak-anak harus terbiasa melihat fathernya sedang makan. Hal ini pun juga telah terbukti berefek besar pada jiwa anak. Anak-anak akan menjadi anak yang mencintai makanan rumahnya. Walaupun anak-anak sibuk bermain di luar rumah, anak-anak akan tertanam rasa enggan makan di luar. Anak-anak akan lebih nyaman makan di rumahnya.

Kata beliau, kebiasaan father makan di rumah ini berimbas pada perlindungan anak. Karena hal ini diharapkan berefek pada kebiasaan anak mengutamakan makanan rumahan. Dan mengurangi makanan yang dijual diluar. Yang mana umum diketahui bahwa kurang aman dibandingkan makanan yang dimasak sendiri di rumah. Kebiasaan ini diharapkan membuat anak-anak terlindungi dari makan sembarangan.

3. Menjadi Pelawak Keluarga

Menjadi sosok father yang lucu menjadikan suasana keluarga menjadi indah. Father yang suka menjadi pelawak di rumah menjadikan anak-anak terhibur. Anak-anak yang sedang stress di masa pertumbuhannya merasa rumah adalah tempat yang aman untuk berlindung. Anak-anak juga akan berkurang rasa stressnya. Apalagi jika sedang banyak tantangan-tantangan yang anak-anak hadapi kisalnya di sekolahnya. Maka ketika di rumah, anak-anak merasa bahagia dan terhibur. Diharapkan tertanam pada karakter anak untuk senang berada di dekat father.

Perasaan senang terhadap father membuat anak senang berada di rumah. Dan perasaan senang berada bersama father dan senang berada di rumah ini menjadi penting sebagai tameng keluarga. Anak-anak akan lebih terlindungi dengan cara ini. Karena jaman yang semakin banyak variasi ini akan kurang mengganggu anak-anak yang merasa terlindungi yang merasa senang dengan father.

Semoga father dan calon father bisa maksimal dalam menjalani tugas father parenting. Semoga Allah senantiasa memudahkan kita. Semoga kita senantiasa berada dalam kebaikan dan keberkahan. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

2 Responses to "Pesan Ayah Tentang Father Parenting"

  1. Ya benar banget, semua ayah harusnya begitu agar dekat dengan anak.

    ReplyDelete
  2. ah, ingat ayah yang selalu membawa keceriaan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel