Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasrama

Sekolah dengan sistem asrama masih menjadi impian banyak orang. Namun juga bagi sebagian nya lagi, masih menjadi hal yang tidak menarik bahkan menakutkan. Sebenarnya semua sekolah tentu mengharapkan hasil yang terbaik. Dan mengusahakan proses yang baik pula. Namun kelebihan dan kekurangan tentu tetap selalu ada. Berikut kelebihan-kelebihan serta kekurangan yang ada pada sistem sekolah berasrama.

Kelebihan

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasarama
mencuci piring masing-masing merupakan salah satu cara untuk melatih tanggung jawab dan kemandirian
Belajar Mandiri
Dengan tinggal di asrama. Berarti harus belajar mandiri. Suka maupun tidak suka. Segala kepentingan pribadi tentu harus diurus sendiri. Dikarenakan jauh dari orang tua maupun keluarga. Dan semua teman sekolah di asrama pun memiliki kesibukan yang sama. Jadi terpaksa belajar mandiri karena kondisi menjadi kelebihan sekolah di asrama.

Belajar Disiplin
Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasarama
waktu makan yang terjadwal membuat peserta belajar  lebih disiplin
Sistem asrama biasanya telah mengatur banyak peraturan hidup berasrama. Mulai dari peraturan belajar sampai dengan peraturan setelah jam belajar. Misalnya saja jam makan. Jam makan sudah ditentukan di waktu tertentu dengan durasi waktu yang sudah ditetapkan pula. Sehingga semua peserta didik sekolah berasrama terbiasa belajar berdisiplin. Kalau tidak, akan kesulitan sendiri. 

Belajar Konsisten
Dengan banyaknya peraturan asrama yang harus ditaati. Kehidupan di asrama menjadi teratur. Dan konsistensi terjaga oleh peraturan itu. Pertauran tidak mungkin diabaikan. Ada banyak petugas yang mengawasi dan siap menghukum. Jadi, walaupun kadang tidak mau atau berat untuk konsisten melakukan jadwal, tetap saja harus ikut dengan jadwal yang ada. Jadi hidup menjadi sangat teratur.

Belajar Toleransi
Biasanya di asrama akan terkumpul beragam orang dari beragam asal. Dengan beragam adat dan budaya. Kebiasan hidup setiap orang menjadi sangat berbeda. Ini akan mengajarkan kepada peserta didik untuk bertoleransi. Dengan sendirinya toleransi akan terbentuk ketika interaksi di asrama. Maka adalah salah satu kelebihan sekolah berasrama, peserta didik menjadi lebih menerima perbendaan perbedaan yang ada pada setiap orang.

Fasilitas Lebih Lengkap
Karena Asrama itu adalah pendidikan nyaris terkontrol 24 jam, maka biasanya jumlah fasilitasnya lebih lengkap dibandingkan sekolah biasa. Fasilitas di asrama menjadi lebih banyak juga. Hal ini membuat sekolah berasarama lebih berpotensi menghasilkan peserta didik yang lebih berkualitas. 

Lebih Aman
Banyaknya pengawasan membuat di asrama lebih aman. Belum lagi ditambah dengan petugas keamanan. Sehingga sekolah dengan sistem berasrama menjadi lebih aman dibandingkan dengan sekolah biasa. Keteraturan jadwal dan ketatnya peraturan di asrama juga membuat asrama semakin aman.

Kekurangan
Privasi Berkurang
Hidup bersama begitu banyak orang membuat privasi jauh berkurang. Apalagi sekamar lebih dari tiga orang. Maka menjaga privasi memang sulit. Segala sesuatu yang dimiliki seseorang akan diketahui yang lainnya. Begitu pula dengan aktifitas. Apa pun yang dilakukan seseorang akan ada yang melihatnya. 

Makanan Tidak Sesuai Selera

Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasarama
makan bersama di ruang makan asrama
Makanan yang dibuat secara umum tentu kesulitan jika melihat kemauan pribadi. Tidak bisa dibayangkan jika setiap orang memaksakan makan dengan seleranya masing-masing. Akan ada terlalu banyak tugas penyedia makanan. Dan makanan yang dibuat secara umum rentan membuat orang kecewa. Karena nyatanya selera setiap orang memang berbeda-beda. Tak mungkin penyedia makanan bisa memenuhi semua selera peserta didik yang ada. Jadi benar-benar harus bersabar.

Mudah Bosan
Keteraturan dan disiplin yang dijaga asrama ternyata berdampak pada psikologis peserta didik. Keteraturan yang sangat rapih malah membuat peserta stress karena bosan. Segala sesuatu sudah ada jadwalnya. Segala sesuatu sudah sesuai dengan tata aturan harian. Setiap hari dari waktu-ke waktu selalu sama. Selalu beraktifitas yang itu-itu saja secara prsis. Makan juga terjadwal menunya. Perasaan bosan malah semakin mudah datang karena semua itu.

Kurang Mengenal Lingkungan Luar Asrama
Sibuk dengan semua peraturan asrama. Dan sibuk belajar membuat peserta didik tidak mengenal lingkungan di luar asrama. Peserta didik hanya fokus untuk mentaati semua peraturan yang ada di asrama. Waktu untuk mengenal lingkungan luar asrama memang tidak ada. Dan peserta didik pun terlatih menjadi cuek dengan lingkungan.

6 Responses to "Kelebihan dan Kekurangan Sekolah Berasrama"

  1. Menurutku pengalaman masuk asrama selama di paskib udah cukup.. aku nggak suka diatur-atur haha

    ReplyDelete
  2. Mungkin bisa ditambahkan ke efek negatif ni kak, aku baru baca di twitter kemaren tentang maraknya homoseksualitas di asrama khusus laki-laki.

    ReplyDelete
  3. Lebih aman pastinya ya mbak . Aku jga d asrama nih .Hehe

    ReplyDelete
  4. Aku bru rau trnyta mbak nina dlu pernah tnggal d asrama .

    ReplyDelete
  5. Makanannya sering sama ya, bikin rindu dengan makanan rumah, masakan ibu is the best

    ReplyDelete
  6. para ibu biasanya tidak tega melepas anaknya ke asrama, padahal hal ini baik untuk membentuk kepribadian anak, yach tapi telat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel