Home » » Tips Diet

Tips Diet

Posted by cuapguru on Monday, February 18, 2019

tips diet

Diet merupakan suatu upaya mengontrol makanan untuk mendapat bentuk tubuh yang diinginkan. Upaya mengontrol makanan adalah suatu hal yang baik dan memang dianjurkan. Karena memang ada banyak perubahan yang terjadi di tubuh disebabkan oleh pengaruh makanan. Bahkan ada pepatah yang menyebutkan, "You are what you eat".  Ini menunjukkan bahwa makanan sangat penting untuk diperhatikan. Dan berikut tips diet yang ingin cuapguru bagikan.

Kurangi konsumsi gula
Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula pada setiap item makanan kamu. Dan juga minuman yang biasa kamu minum. Misalnya selama ini kamu rutin minum teh setiap pagi. Dengan takaran satu sendok gula untuk satu cangkir teh. Maka kamu bisa ubah di satu cangkir teh cukup seperempat gula saja. Bila terasa berlebihan atau sangat kurang zat gulanya. Maka kurangilah secara bertahap. Misalnya untuk pertama-tama kurangi jadi tiga perempat. Beberapa hari kemudian jadi hanya setengah sendok untuk satu cangkir teh. Berikutnya hanya seperempat sendok gula untuk satu cangkir teh. Kemudian beberapa hari lagi kurangi menjadi secangkir teh tanpa gula.

Begitu pun dengan makanan. Jika selama ini menyukai makanan manis. Maka turunkanlah kadar manis makanan secara bertahap. Sampai akhirnya kamu bisa sedikit sekali mengkonsumsi gula. Hal ini penting karena faktanya gula berkontribusi besar dalam meningkatkan ukuran tubuh. Dan semakin sedikit kamu mengkonsumsi gula ukuran tubuh akan cenderung turun pula.

Kurangi konsumsi nasi putih
Kebutuhan nasi putih sesungguhnya tidaklah banyak untuk setiap harinya. Kamu bisa mengurangi konsumsi nasi putih dengan meniadakan sarapan pagi dengan nasi putih. Sarapan pagi bisa diganti dengan satu sendok madu saja. Atau segelas susu saja. Bisa juga dengan sebuah telur saja. Selain sarapan pagi kamu juga bisa meniadakan makan malam dengan nasi putih. Makan malam juga bisa diganti dengan segelas susu saja. Atau makan ayam satu dua potong saja. 

Selain meniadakan makan pagi dan malam dengan nasi putih. Kamu bisa meniadakan makan siang dengan nasi putih. Namun jika meniadakan makan siang dengan nasi putih itu berarti diwaktu lain alias malam atau pagi kamu harus makan nasi putihnya. Yang berbeda hanyalah meniadakan nasi putih pada waktu yang berbeda. Makan siang bisa diganti dengan makan buah-buahan saja.

Kalau mau nasi putih bisa diganti dengan nasi merah. Kandungan nasi merah lebih baik daripada nasi putih. Dan memakan nasi merah akan lebih cepat kenyang dibandingkan dengan nasi putih. Sehingga secara otomatis konsumsi nasi berkurang. Makan nasi merah juga merupakan cara yang efektif mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Perbanyak minum air putih
Minum air putih sangat penting. Minum air putih dapat memperlancar peredaran darah. Juga memperlancar pencernaan. Semakin banyak minum air putih semakin baik. Jika konsumsi air putih maksimal, konsumsi makanan juga akan berkurang. Namun tetap perlu diingat jangan kebanyakna minum air putih. Karena kebanyakan minum air putih juga tidak baik. Bisa menyebabkan kelebihan cairan. 

Olahraga rutin
Olah raga secara rutin memang sangat baik. Perlu diperhatikan untuk rutin. yang dimaksud dengan rutin adalah konsisten. Misalnya seminggu sekali. Atau Seminggu dua kali. Atau setiap hari  di setiap pagi. Atau setiap sore hari. Dengan proporsi yang sama. Misalnya target setiap hari 15 menit. Dan olahraga yang mengeluarkan keringat. Seperti lari atau jogging. 

Puasa Senin Kamis
Yang terbaik tentulah diet dan ibadah. Diet bernilai ibadah. Atau ibadah menjadi jalan diet. Puasa senin kamis sangat ideal. Dengan catatan kontrol makanan untuk sahur dan berbuka. Jangan sampai puasa senin kamis. Tapi makanan sahur dan makanan berbuka puasanya berlebihan. Kelebihan dari puasa adalah sepanjang hari tidak mengkonsumsi apa-apa. Berbeda dengan diet tanpa puasa karena di sepanjang hari berkemungkinan ada makanan lain seperti camilan atau lainnya.

Semoga yang ingin diet Allah mudahkan jalannya. Semoga dietnya berhasil. Semoga Allah mudahkan kita untuk meraih apa yang kita impikan. Semoga Allah mudahkan jalan kita. Semoga apa yang kita lakukan menjadi kebaikan dan berkah. Aaminn Ya Rabbal Alamin.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email