Tips Belajar Bahasa Inggris

Pada tulisan kali ini aku ingin berbagi tentang bagaimana tips nya untuk belajar bahasa Inggris. Sebenarnya, pertama kita harus paham dulu apa karakter kita. Seperti yang ada di tulisan aku sebelumnya. Bahwa karakter umum itu ada tiga, kinestetik, auditori, dan visual. Kalau kamu sudah tahu karakter kamu, insya Allah belajar akan lebih efektif. Begitupun dengan belajar bahasa Inggris. Namun berikut adalah tips lainnya selain dari karakter umum.

Tips Belajar Bahasa Inggris

1. Membaca
Cara tercepat dan terefektif dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan membaca bacaan berbahasa Inggris. Mengenai apa yang harus dibaca, kalau aku menyarankan dengan bacaan berbahasa Inggris yang bertingkat. Ada banyak banget di internet. Kamu bisa searching sumber bacaan yang menyediakan tingkat bacaan sesuai dengan tingkat pembaca.

Tingkat atau level kemampuan membaca ada yang beginner, intermediate, upper, dan mungkin ada tingkatan rinci lain. Yang tingkatan itu ada yang menyediakan tes nya ada yang hanya memprakirakan saja. Cara memprakirakannya begini. Coba baca. Kalau dalam membaca, di satu paragrafnya kamu ketemu lebih dari lima kata sulit alias kata yang tidak kamu tahu artinya, maka berarti kemampuan kamu belum saatnya membaca itu.

Harus bersabar. Tidak mengapa belajar dari awal. Nanti akhirnya akan tinggi juga. tergantung niat dan semangat. Kalau saja di tingkatan beginner juga terlalu sulit, maka tak ada salahnya menghafal kosa kata dasar. Kosa kata dasar ini juga bisa dicari internet. Bisa dengan katakunci pencarian "daily use vocabulary".

Kalau tingkatan intermediate, maka bacalah bacaan dengan label intermediate. Karena biasanya kalau membaca sesuai tingkat, kamu hanya akan menemui sedikit kata asing alias kata yang belum kamu ketahui artinya. Dan ketika bertemu dengan kata yang belum diketahui artinya. Tak usah buru-buru mencari arti di kamus. Tebak saja makna kalimat utuhnya. Sehingga kamu bisa menebak arti katanya. 

Kita baiknya mengurangi melihat kamus. Karena dikhawatirkan timbul stress. Secara tak sadar kita menjadi stress dengan bolak-balik kamus. Dan keuntungan menebak juga kita belajar lebih natural. Dan belajar hanya akan sedikit menguras energi.

Bacaan bertingkat biasanya adalah bacaan berupa cerpen atau novel atau cerita lainnya. Dan ini adalah jenis bacaan yang bertujuan menghibur. Kita juga bisa memilih bacaan yang sesuai dengan minat kita. Ada banyak sekali jenis bacaan, mulai dari persahabatan, keluarga, petualangan, sampai yang horor.

Jika tingkatan membaca sudah menengah. Baiknya membaca koran alias media berita-berita. Sekalian menambah wawasan kekinian. Dan bahasa yang digunakan juga lebih update. Karena bahasa yang digunakan di media berita adalah bahasa yang digunakan sehari hari. Berbeda dengan bahasa karya sastra seperti novel. Kadang memang bukan bahasa sehari-hari. Melainkan bahasa yang lebih dipercantik.

Sebisa mungkin rutin membaca setiap hari. Walau hanya sedikit setiap harinya. Dengan membaca, kemampuan berbahasa akan meningkat secara sadar maupun tak sadar. Dan dengan banyak membaca, kemampuan menulis juga membaik. untuk media berita berbahasa inggris Indonesia ada antaranews english ada juga thejakartapost.

Tips Belajar Bahasa Inggris

2. Mendengar
Banyak yang menyampaikan bahwa belajar bahasa Inggris bagus dengan cara mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris. Bahkan sekarang lagu bahasa Inggris masuk ke dalam pelajaran resmi di sekolah. Lagu masuk sebagai kompetensi dasar yang ditetapkan pemerintah. Itu terakhir yang aku ketahui di tahun 2018. Tapi belum tahu di tahun 2019 ini masih masuk apa tidak.

Kalau aku kurang setuju dengan belajar lagu. Karena belajar mendengar dengan tujuan komunikasi sehari-hari lebih baik mendengar langsung komunikasi sehari-hari. Misalnya dengan mendengar berita berbahasa Inggris. Bisa berita radio streeming radio luar negeri atau berita dari channel Youtube. Yang memang dari media berita. Atau bisa dengan mendengar buku mp3. Ada banyak di internet. Bisa dicari dengan katakunci "mp3 book". Bisa memilih buku yang mau kita dengarkan.

Kekurangan dari belajar dengan lagu juga karena kita jadi lebih fokus dengan suara musik, suara penyanyi, serta nada lagu. Berbeda dengan komunikasi berita atau mp3 book tadi. Akan lebih mencerminkan suasana keseharian. Dan kita harus belaajar menangkap pesan dari apa yang sedang kita dengar. Kemudian juga secara tidak langsung, kita juga belajar cara ucap bahasa tersebut. Kita secara tak sadar juga belajar berbicara. 

0 Response to "Tips Belajar Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel