Home » » Pantai Panjang Kota Bengkulu

Pantai Panjang Kota Bengkulu

Posted by cuapguru on Monday, February 25, 2019


Pantai Panjang adalah tempat tujuan wisata andalan Kota Bengkulu. Bahkan juga andalan Provinsi Bengkulu. Garis pantainya yang panjang. Pasir putihnya yang lembut dan terhampar luas. Serta alamnya yang masih sangat asri dan sejuk. Membuat Pantai Panjang pantas menjadi primadona wisatawan baik lokal maupun dari Provinsi lain. 

Dari hari ke hari, tahun ke tahun. Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Panjang semakin ramai. Keramaian ini banyak bertambah pula sejak tiket masuk ke wisata Pantai Panjang digratiskan. Kemudian ada pula fasilitas joging track, sport center, dan taman batu terapi. Kini pun bertambah fasilitas transportasi yang bisa mengantarkan wisatawan ke area wisata Pantai Panjang, yaitu bus Trans Rafflesia.

Pantai Panjang ini memiliki sejarah yang panjang pula. Dimana ada cerita misteri tentang Puteri Gading Cempaka yang katanya menghuni Pantai Panjang. Terkadang adanya korban tenggelam di Pantai Panjang dikaitkan dengan misteri Puteri Gading Cempaka. Padahal memang secara alami pantai panjang bukan termasuk pantai yang aman untuk berenang atau bermain air. Hal ini dikarenakan adanya karang-karang. Juga adanya angin yang kadang datang secara tiba-tiba dengan efek memutar air yang berkarang tersebut. Sehingga terjadi pusaran air dalam sekejap yang sangat berbahaya.

Disarankan untuk tidak mandi atau main air di Pantai Panjang. Sebenarnya sudah ada tulisan "Dilarang Mandi" dengan simbol tengkorak pula. Jadi sangat disarankan untuk tidak main air apalagi mandi di kawasan Pantai Panjang. Pantai Panjang bukan pantai yang tepat untuk mandi pantai. Pantai Panjang lebih tepat dijadikan tempat berolahraga seperti joging di pinggir pantainya. Atau kumpul bersama komunitas. Atau duduk minum kelapa sambil melihat indahnya alam dan menikmati sejuknya angin pantai.


Sekarang ramai sekali masyarakat yang joging di joging track pantai panjang. Terutama di akhir pekan. Seperti minggu pagi, biasanya sangat ramai yang joging di Pantai Panjang. Juga sore sabtu dan sore minggu. Selain itu banyak masyarakat yang duduk-duduk menikmati indahnya pemandangan. Biasanya kumpul bersama komunitas, bersama teman-teman, dan bersama keluarga. Sejuknya angin di Pantai Panjang biasanya menjadi alasan yang membuat orang betah berlama-lama di pantai tersebut.

Pantai panjang bisa dikatakan tempat yang favorit bagi anak muda di kota Bengkulu. Banyak yang mengaku tak bosan-bosan bermain ke Pantai Panjang. Karena area pantai yang sangat luas dan panjang. Ada banyak tempat untuk duduk-duduk bersama teman-teman. Bisa menjadi tempat dimana bisa berbagi cerita. Bisa juga menjadi tempat rapat santai. Bisa juga tempat hunting foto-foto yang instagramable.

Di Pantai Panjang ada jasa sewa delman. Bisa naik delman dengan membayar Rp. 20.000 rupiah. Dan sekali naik bisa berempat orang. Dan naiknya diajak menyusuri Pantai Panjang. Biasanya menyusuri Pantai Panjang dari kawasan berpasirnya. Jadi kuda delman berjalan menyusuri pasir pantai. Seru banget.


Ini adalah jalan utama memasuka kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu. Jalannya berhadapan dengan gerbang Sport Center. Di sisi kanan kiri jalan dipenuhi dengan dagangan. Mulai dari topi-topi, baju-baju, asesori, kacamata, dan makanan-makanan. Biasanya kalau sore di sini sangat ramai. Dan anak muda yang berolah raga ke sport center juga ramai.

Di dekat kawasan ini juga ada taman membaca untuk anak-anak. Hanya terdiri dari satu ruangan. Juga ada pos polisi di sini. Alhamdulillah keamanan menjadi lebih terjaga. Di dekat pos polisi juga ada Mushola. Kemudian juga ada taman batu terapi.


Semoga fasilitas yang ada di Pantai Panjang Kota Bengkulu bisa terus bertambah lengkap. Supaya wisatawan betah ke sana. Dan semoga sarana transportasi untuk menjangkau wisata Pantai Panjang juga semakin mudah didapatkan. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan tempat wisata dengan selalu buang sampah pada tempatnya. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email