Kata Kata Bijak Hari Ini

sumber gambar: rawpixel on pixabay.com
Beberapa kata bijak telah menjadi populer sejak lama. Menjadi pegangan banyak orang. Mengingatkan dikala lupa. Dan emberi semangat dikala lemah. Kata-kata yang bijak kadang sangat diperlukan dikala diri mengalami masa sulit. Agar jangan sampai semangat surut. Agar terus bisa hidup dengan baik dan bijaksana. Berikut kata-kata bijak hari ini.

Sepatah kata yang telah diucapkan, sekelompok kuda juga sulit mengejarnya

Kata bijak ini berasal dari Tiongkok pada masa lampau. Pada masa itu masyarakat telah memiliki keyakinan bahwa kata-kata sangat sulit untuk diambil kembali jika telah diucapkan. Kata-kata memiliki kekuatan yang sangat besar dan cepat. Bisa cepat meresap ke dalam jiwa orang yang mendengarnya. Dan jika saja seseorang terluka karena kata-kata. Akan sangat sulit ditemukan obat nya. Obat untuk menarik kata-kata tersebut. Sehingga luka yang disebabkan karena kata-kata itu bisa hilang samasekali. 

Luka yang disebabkan karena kata-kata begitu mendalam. Dan kata-kata yang telah terucap tak bisa diambil lagi. Bahkan memang tak mungkin. Maka kata-kata bijak ini mengingatkan untuk sangat berhati-hati dalam bicara. Walau mungkin sulit. Tapi sangat penting untuk dijaga. Setidaknya berusaha sebisanya. 

Memiliki cita-cita dan rencana yang besar harus tahan terhadap hinaan

Cita-cita yang dimiliki sebagian orang mungkin adalah cita-cita yang besar. Begitu pula rencana-rencana yang telah disusun. Namun jika cita cita yang besar telah ditetapkan dan rencana besar telah disusun, akan tetap tidak berjalan jika tak tahan dengan berbagai bentuk hinaan. Karena jangankan rencana besar, sebuah rencana kecil saja kadang dikritik banyak orang.

Kadang seseorang hanya memiliki cita -cita yang kecil saja sudah dihina orang. Bahkan kadang seseorang sedang menikmati kebahagiaan sederhana saja juga dihina orang. Karena apa pun yang kita lakukan, mustahil semua orang akan menyukai kita. Tidak semua orang memiliki pikiran yang sama. Dan sangat tidak mungkin mengikuti semua keinginan orang. 

Jika memiliki rencana kecil saja akan ada orang yang menghina. Apalgi rencana yang besar. Banyak orang menghina. Banyak orang yang menjatuhkan semangat. Baiknya harus tahan akan hinaan. Karena hinaan akan berkemungkinan datang. Baiknya tidak terlalu mendengarkan kata-kata yang buruk. Tak ada untungnya. Hanya merugikan diri sendiri.

Pandangan seekor tikus hanya sebatas satu inci

Kata kata bijak ini juga berasal dari negeri Tiongkok. Kata bijak ini menunjukkan bahwa pandangan yang sempit hanya akan membuat diri menjadi kecil. Pandangan yang sempit adalah pandangan seekor tikus. Yang hanya dianggap sebagai hama gangguan. Dan hanya hewan kecil yang membawa penyakit. Maka ubahlah pikiran yang sempit menjadi pikiran yang lebih luas.

Cara memperluas pikiran adalah dengan memperluas wawasan. Memperkaya ilmu dan pengalaman-pengalaman positif. Memperbanyak kegiatan-kegiatan positif. Pandangan seorang manusia memang selayaknya adalah pandangan yang luas Karena setiap manusia telah dianugerahi potensi otak yang luas biasa. Yang mampu menampung banyak ilmu. Dan mampu mewujudkan banyak mimpi. Hanya dengan mengubah cara berpikir, akan sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang.

Semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan kita. Semoga kita senantiasa berada dalam kebaikan dan keberkahan. Semoga apa yang kita cita-citakan bisa terwujud. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

0 Response to "Kata Kata Bijak Hari Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel