Kata Kata Bijak Hari Ini

Kata Kata Bijak Hari Ini
sumber gambar: 32gustavsson at pixabay.com
Kata-kata bijak adalah kata-kata yang baik. Kata-kata bijak berasal dari tokoh-tokoh ternama. Dan berasal dari sejarah dunia. Sebagaimana lebih baik belajar dari sejarah. Maka baik pula belajar dari kebijakan tokoh sejarah. Yangmana telah dikisahkan dan disimpulkan dengan rangkaian kata. Dan beberapa kalimat telah lama menjadi pegangan masyarakat. Seperti kata-kata bijak berikut. Merupakan kata-kata bijak yang berasal dari negeri Tiongkok. Berikut penjelasannya.

Mengatasi kehausan dengan membayangkan buah plum

Terkadang, apa yang kita bayangkan akan sangat mempengaruhi kita. Ketika membayangkan hal yang menyenangkan, bisa tertawa. Ketika membayangkan hal sedih, bisa meneteskan air mata. Ketika membayangkan kesuksesan, bisa menjadi rajin. Ketika membayangkan kemiskinan, bisa bertekad. Apa yang kita bayangkan berpengaruh dengan keadaan kita. 

Di saat hati sedih. Jangan terlalu larut dalam kesedihan. Berhentilah berpikir dan membayangkan tentang kesedihan. Bayangkan kebaikan-kebaikan. Bayangkan hal-hal yang bisa disyukuri. Begitulah cara melawan bayangan kesedihan. Dengan cara membayangkan hal-hal yang baik dan bisa disyukuri. 

Ketika haus pun. Bisa diatasi dengan membayangkan buah-buahan. Seorang pemimpin pada masa perperangan di sejarah Tiongkok, menggunakan teknik ini. Saat itu pasukan perang yang dipimpinnya kehabisan bekal. Mereka dalam keadaan lelah. Dan posisi mereka sedang berada di padang tandus yang sangat jauh dari sumber makanan. Pasukan itu pun mengeluhkan bahwa mereka sangat kehausan.

Pemimpin mereka mengatakan bahwa posisi mereka dekat dengan pepohonan buah plum. Pasukan pun berubah menjadi semangat. Mereka kemudian memiliki energi untuk melanjutkan perjalanan. Buah plum yang dikatakan pemimpin mereka sebenarnya tidak ada. Setiap pasukan bertanya tentang dimana buah plum tersebut, pemimpin itu selalu menjawab, "sebentar lagi, sudah dekat."

Begitu terus sampai akhirnya mereka terus bergerak. Dan akhirnya sampai di perkampungan yang mereka bisa mendapatkan bekal. Walau mereka akhirnya tahu mereka dibohongi. Mereka sadar bahwa itu adalah strategi peimpin mereka agar energi mereka kembali ada. Dan kejadian benar-benarmembuktikan bahwa khayalan. Atau pikiran kita. Alias apa yang kita bayangkan. Berpengaruh pada diri kita. Sehingga baiknya selalu membayangkan kebaikan. Dan tidak perlu membayangkan keburukan. 

Seseorang akan memperoleh manfaat lebih jika bertindak lebih dahulu (mendahului orang lain)

Seseorang yang bertindak lebih dahulu adalah seorang yang pemberani. Seseorang yang bertindak lebih dahulu akan mendapatkan kesempatan yang besar untuk sukses. Karena biasanya pendahulu itu akan memiliki keuntungan kesan pertama yang baik. Jika kesan pertama sudah baik. Ia dengan mudah bisa mempertahankan diri.

Berikut juga dalam beramal. Seseorang yang bertindak lebih dahulu akan dianggap sebagai inisiator. Namanya akan dikenang baik sebagai orang yang berinisiatif. Ia pun akan mendapatkan pahala amal kebaikan yang dilakukan orang-orang setelahnya. Karena ia dihitung sebagai pemberi inisiatif kepada orang. Ia dianggap sebagai pemberi contoh. Ia adalah penyebab banyak orang lain melakukan hal yang sama. Karena itu layak ia panen pahala.

Tidak mendengar nasihat orang tua, akan (segera) dapat masalah

Orang tua adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup seseorang. Karena orang tualah yang menjadikan ia hadir di dunia. Orang tua yang merawatnya baik sebelum maupun setelah ia lahir. Selama sebelum lahir ibunya bersusah payah mengandung. Dan ayah bersusah payah menjaga. Begitu pun setelah lahir. Orang tua banyak menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, dan materi untuk anak-anaknya. 

Maka sudah sepantasnya nasihat orang tua didengarkan dengan baik dan dilaksanakan. Orang tua juga lebih anyak pengalaman dan ilmu dibandingkan dengan anak-anaknya. Dan biasanya orang tua tentu menginginkan kebaikan untuk anak-anaknya. Lebih baik untuk ikut nasihat orang tua.

Orang yang sangat berjasa seperti orang tua akan sangat sakit hatinya jika nasihatnya tidak diikuti. Dan kemarahan atau sekesidah orang tua dikaitkan dengan marahnya Tuhan. Karena begitu besarnya jasa orang tua. Makan mengecewakan orang tua hukumannya disegerakan di dunia. Cepat datang masalah terhadap anak yang menyakiti orang tua.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah. Semoga kita semua selalu dalam kebaikan dan keberkahan. Semoga kita senantiasa menjadi yang terbaik yang kita bisa. Semoga Allah mudahkan segala urusan kita. Dan semoga apa yang dicita-citakan segera terwujud. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

0 Response to "Kata Kata Bijak Hari Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel