Home » » Kata Kata Bijak dari Negeri Tiongkok

Kata Kata Bijak dari Negeri Tiongkok

Posted by cuapguru on Thursday, February 21, 2019

kata kata bijak

Sudah umum diketahui bahwa negeri Tiongkok kaya akan sejarah peradaban. Negeri Tiongkok memiliki banyak kejayaan dan kaya akan budaya yang megah. Bangunan bersejarah yang indah masih berdiri kokoh hingga saat ini. Patutlah jika ada pepatah yang mengatakan "Belajarlah sampai ke negeri Tiongkok." Karena disana tentu menyimpan rahasia keberhasilan yang sangat baik jika untuk diambil menjadi suatu pelajaran yang berharga untuk kehidupan yang lebih baik.

Diantara pelajaran yang bisa dipetik dari kehidupan negeri Tiongkok adalah cara bijak dalam menjalani hidup. Ada banyak kata-kata bijak dari negeri Tiongkok. Mulai dari kehidupan politik kerajaan, dari guru-guru ternama, dari kalangan pelajar, maupun dari kehidupan sehari-hari. Berikut kumpulan kata-kata bijak dari negeri Tiongkok yang telah cuapguru rangkum.

Kalau orang tak melihat depan dan belakang, akan menderita seumur hidup.

Setiap orang haruslah bermawas diri. Setiap saat harus berhati-hati. Melihat keadaan sekitar. Kemudian menciptakan pikiran yang positif. Melangkah dengan baik untuk masa depan. Dan tenang dalam mengenang masa lalu. Agara kehidupan masa sekarang berjalan dengan nyaman.

Setiap keuntungan pasti ada resikonya.

Hidup ini ada siang ada malam. Ada suka ada pula duka. Kehidupan telah diatur seimbang dalam segala hal. Maka baiknya selalu berhati-hati dalam bersikap. Walaupun sedang dalam keadaan bergembira. Karena ada saatnya bergembira juga berarti ada tantangan dibaliknya. Ada usaha yang harus dikeluarkan untuk mempertahankan keuntungan. Dan mungkin ada pula orang yang iri dengan keuntungan yang dimiliki. Maka harus selalu waspada walau dalam keadaan untung.

Jika tidak mau mengorbankan yang kecil, maka tidak akan pernah bisa mendapatkan yang besar.

Setiap tujuan yang ingin dicapai, tentu ada pengorbanan. Ada pengorbanan waktu, tenaga, uang, dan lain-lain. Begitulah kehidupan. Tidak mungkin bisa sukses besar kalau tidak mau berusaha dengan sangat gigih. Sukses besar membutuhkan usaha yang besar. 

Tidak takut lambat, tapi takut jika tidak bergerak.

Ini bermakna bahwa pergerakan yang lambat bukanlah suatu masalah besar. Menjadi masalah besar jika tidak bergerak samasekali. Jika kamu sedang dalam pergerakan yang sangat lambat, itu tida mengapa. Teruslah berjalan. Karena usahamu telah mebuahkan fakta keberhasilan walau sedikit. Dan akan tumbuh besar jika kamu terus bertahan dan terus berusaha.

Tentara yang sombong pasti kalah.

Orang yang sombong berkemungkinan besar kalah. Karena dengan meremehkan orang lain akan membuat lalai diri. Meskipun posisi dalam keadaan hebat, maka tidak perlu sombong. Karena hanya akan menjatuhkan diri sendiri. Leboih baik bersyukur untuk segala hal yang telah dimiliki.

Jasa seseorang dinilai bukan dinilai dari kuantitasnya saja tapi dari kualitas.

Bahwasanyan setiap jasa harus dihormati. Banyak atau sedikit. Budi baik orang harus dibalas dengan budi baik pula. Orang-orang yang telah berjasa walau sedikit adalah orang yang sayang dan peduli.

Orang yang sedang dalam kebahagiaan namun tidak merasakan kebahagiaan itu seperti kapal yang sedang berlayar namun tidak terasa bergerak.

Orang orang yang ada disekitar biasanya kurang dianggap. Namun akan sangat merasa kehilangan jika telah tiada. Hendaknya selalu menghargai orang yang ada disekitar. Karena jangan sampai menyesai dikemudian hari. Sedangkan waktu tidak mungkin diputar kembali. Sebesar apapun penyesalan waktu tidak bisa diputar mundur.

Kesengsaraan dan penderitaan bisa membuat orang berubah.

Dalam keadaan tertekan orang biasanya akan memberontak. Dalam keadaan sengsara orang akan tergerak untuk memperjuangkan diri. Maka sudah lumrah dalam keadaan menderita baiknya menjadi lebih baik. Menjadi lebih termotifasi untuk memperbaiki diri. Jangan sampai malah menyerah dan jatuh.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email