Kata Kata Bijak dari Jepang

Kata Kata Bijak dari Jepang

Jepang memiliki banyak budaya yang mempesona. Keanggunan alam yang terjaga. Dan kedisiplinan masyarakatnya membuat jepang menjadi negara yang sangat maju peradabannya. Ada banyak tokoh- tokoh jepang yang mendunia. Baik dari jaman dahulu. Maupun di jaman sekarang. Jepang terus berinovasi. Ada semangat yang besar dalam diri mereka untuk berprestasi. Mereka memiliki kebijaksanaan yang tinggi. Mereka memiliki kata-kata bijak yang mereka yakini. Berikut beberapa kata-kata bijak dari Jepang yang telah cuapguru rangkum.

Tidak pernah ada orang hebat tanpa orang-orang yang membantunya.

Sehebat apapun seorang individu tidak pernah mengukir sejarah yang hebat jika ia benar-benar sendiri. Karena sejarah membuktikan bahwa seorang yang menjadi tokoh besar dalam peradaban adalah yang memiliki orang-orang di sekitarnya. Ada orang-orang yang membantunya. 

Kita, orang dewasa bisa saja terjebak dalam kebodohan. Tapi, jangan biarkan anak kecil menderita karenanya.

Kata bijak ini menunjukkan betapa pentingnya memikirkan generasi penerus. Keberlanjutan bangsa ke depan perlu dipikirkan meski kita tidak akan ada lagi menikmati asa itu. Kemajuan masa depan dimulai dari masa sekarang. Dimulai dengan kepedulian orang dewasa terhadap anak-anak kecil yang ada di sekitarnya. Jangan sampai pelajaran yang buruk malah menjadi pegangan hidup anak-anak. Jangan sampai anak-anak kecil menjadi tidak baik masa depannya. Mengusakan kebaikan bagi anak-anak merupakan tanggung jawab dari orang dewasa.

Kadang-kadang, lebih baik untuk berpura-pura tak melihat dan tak mendengar.

Manusia memiliki batasan kapasitas. Tidak bisa seorang manusia menguasai segalanya. Tidak bisa pula mengontrol segalanya. Tentu akan menyulitkan diri sendiri jika ingin tahu segala hal. Ada beberapa hal yang tidak perlu diketahui. Tidak perlu pula mencari tahu. Seperti sesuatu yang memang bukan tugas kita. Karena sebenarnya jika kita ingin memaksimalkan tugas kita, waktu kita pun akan tetap terasa kurang. Sehingga akan lebih baik jika bisa mengurangin beban kita dengan cuek terhadap hal-hal yang patutnya tak perlu kita campuri.

Menyelamatkan serigala merah dari seekor ular. Serigala menggigitmu.

Serigala sangat berbahaya. Ular pun berbahaya. Mereka bertarung hendaknya kita menyingkir. Itu adalah kesempatan kita untuk selamat. Rasa iba baiknya ditempatkan pada hal yang tepat. Sebaiknya ketika merasa iba juga menyertakan logika. Jangan sampai mencelakakan diri sendiri. 

Ketika bertemu dengan orang bodoh, bersikaplah seperti orang bodoh. Ketika bertingkah seperti orang bodoh, maka kau jadi orang bodoh.

Bersikap sesuai kadar lingkungan sangat baik. Kemampuan beradaptasi memang penting dipelajari. Dan sekolah-sekolah mengajarkan hal ini. Dimana kita harus bisa memposisikan diri. Namun bukan berarti larut dalam kondisi. Bukan berarti harus menjadi pribadi yang mudah terpengaruh. Hanya menyesuaikan diri agara tidak terlalu mencolok. Dan bukan menjatuhkan diri sehingga menjadi rugi.

Berpikirlah hingga tujuh kali sebelum meragukan seseorang.

Berhati-hati lah dalam menilai orang. Berpikirlah berulang ulang jika memang perlu menilai orang. Sebaiknya tidak melakukan penilaian terhadap orang. Karena kita tidak tahu rahasia hati orang. Dan tahu tidak apa sesungguhnya yang ada di dalam pikirannnya. Kita hanya bisa menebak dan menduga-duga. Bersikap waspada mungkin lebih baik. 

Bunga yang cantik tidak memberikan buah yang baik.

Karena bunga yang cantik lebih menampilkan kecantikannya. Kecantikan adalah keindahan untuk dipandang. Hingga terlalu menggilai kecantikan membuat lupa manfaat dari buah. Kecantikan kadang membuat lalai. Sehingga bunga tersebut tidak memberikan buah yang diharapkan.

Sebuah kata yang indah bisa menghangatkan seseorang selama musim dingin.

Kata kata yang baik sangat penting. Bahkan lebih penting dari banyak hal. Sebuah kata yang baik bisa menjaga kehangatan jiwa. Sebuah kata yang baik bisa menjadi bekal kehidupan yang baik. Seseorang mungkin saja menjadi mampu bertahan menghadapi hidup hanya karena sebuah kata indah yang diyakininya. Atau hanya karena sebuah kata indah yang pernah ia terima. Sebuah kata yang indah bisa menjadi semangat hidup seseorang selamanya. 

0 Response to "Kata Kata Bijak dari Jepang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel