Bagaimana Sih Cara Yang Benar Dalam Mendesain Rumah Minimalis? Ini Dia Jawabannya


Bagaimana Sih Cara Yang Benar Dalam Mendesain Rumah Minimalis

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa desain rumah yang minimalis saat ini tengah banyak digandrungi oleh masyarakatnya. Seperti yang dikutip dari situs desain rumah, hal tersebut dapat mengakomodir semua aspek kebutuhan ruang secara efisien. Selain mengusung konsep kesederhanaan, desain rumah minimalis juga lebih mengoptimalkan semua elemen arsitektural yang dapat mengakomodir semua kebutuhan penghuninya. Dengan demikian, maka tak heran jika desain rumah minimalis tersebut menjadi primadona bagi masyarakat modern. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara yang benar dalam mendesain rumah minimalis.

1. Perhatikan Bentuk Dasar Geometris

Desain rumah minimalis memang selalu memaksimalkan pola-pola dasar geometris. Ya, tidak ada hiasan dan penambahan pola yang sekiranya tak penting. Tampilan bangunan secara keseluruhan lebih natural dan tentunya lebih minim, dengan mengusung pola geometri yang lebih simple. Setiap pola yang ada menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial serta fungsional. Mulai dari pola denah, pola massa bangunan, pola pintu, dan deret jendela kotak-kotak yang tampak mendominasi dalam desain rumah minimalis.

2. Kesederhanaan Yang Dinamis

Pada dasarnya, setiap bentuk fungsional yang ada akan dikolaborasikan dengan harmonis sehingga tercipta kedinamisan. Meski memanfaatkan pola-pola dasar geometri dengan bahan-bahan yang sederhana, namun desain rumah minimalis ini dapat memberikan tampilan yang dinamis, serta dengan pengulangan struktur yang menjadi ciri khasnya.

3. Tidak Menggunakan Dinding Pembatas

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa desain rumah minimalis itu tidak akan membuat pola yang sekiranya tidak penting. Ya, rumah minimalis memang sengaja akan mentiadakan dinding pembatas antar ruang, sehingga ruangan tersebut fungsinya dapat disatukan atau yang sifatnya lebih fungsional. Keterbukaan hubungan antar ruang lebih mengutamakan terbuka dibagian interior dan eksterior, yang juga sangat kuat dalam menciptakan kedekatan ruang di dalam rumah dan di area sekitarnya.

4. Garis Vertikal dan Horizontal yang Lebih Mendominasi

Garis vertical dan horizpntal sebagai pola dasar dua dimensi dan tiga dimensi, akan menonjol di hampir keseluruhan desain rumah minimalis. Mulai dari facade, pola ruang, bentuk massa bangunan, bentuk ruang, desain furniture, dan ekspos strukturalnya.

5. Tampilan Geometris Dengan Warna Monokrom Yang Selaras
Tentunya akan ada permainan geometri dengan dominasi garis vertical dan horizontal yang dipertajam oleh warna monokrom seperti hitam, abu-abu, dan putih. Dengan warna-warna tersebut, sehingga terciptalah ketajaman karakter dari desain rumah minimalisnya. Warna-warna monokrom ini juga dapat mewakili konsep kesederhanaan yang menjadi dasar warna cat rumah minimalis.

6. Sentuhan Sedikit Ornamen

Kehadiran setiap elemen akan ditujukan untuk menampilkan esensi kesederhanaan yang mumpuni, di dalam pemanfaatan bentuk dan bahan yang juga sederhana. Selain itu, setiap ornament yang ada akan bersifat fungsional untuk menunjukkan ide kebebasan serta nilai-nilai dasar dalam kenyamanan hidup. Ornament-ornamen tersebut tidak hanya bersifat estetika saja, melainkan untuk mempertajam karakter pada setiap elemen dan bahan pembentukannya.

7. Memanfaatkan Pencahayaan Yang Lebih Maksimal

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa desain rumah minimalis sangat berkaitan dengan konsep kesederhanaan yang fungsional, serta mengutamakan elemen pendukung abstrak yang tersedia oleh alam seperti pencahayaan alami, sirkulasi udara, keindahan kualitas ruang, dan keasrian panorama alam sekitar.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mendesain rumah minimilasi, yang semoga saja bisa dijadikan sebagai bahan referensi.

1 Response to "Bagaimana Sih Cara Yang Benar Dalam Mendesain Rumah Minimalis? Ini Dia Jawabannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel