Nyobain Sambal Kemang

sambal kemang

Indonesia adalah tanah yang subur. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya raya. Jadi ingat jaman penjajahan. Indonesia pun dijajah karena kekayaan alamnya. Hampir semua kekayaan tumbuhan ada di negeri ini. Mulai dari rempah-rempah, obat-obatan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan pasti masih banyak lagi. 

Untuk jenis buah-buahan. Mungkin hampir semua jenis buah-buahan mungkin ada di Indonesia. Asal buah-buah tersebut kadang tidak pula diketahui secara detail dan rinci. Karena kurangnya informasi tertulis yang dimiliki sejarah. Salah satunya adalah buah kemang.

Buah kemang ada terdengar informasinya bahwa ia berasal dari India. Katanya sih dulu tibanya di Jakarta. Mungkin itulah kenapa di Jakarta ada daerah yang namanya daerah kemang. Ngomong-ngomong, sudah pernah cicip kemang belum?

Kalau dilihat sepintas, kemang mirip dengan mangga. Tapi ternyata kemang warnanya lebih pucat. Dan kandungan airnya lebih banyak. Rasa kemang berbeda dengan rasa mangga. Kemang rasanya asam manis. Dan aromanya menyengat. 

Nyobain Sambal Kemang

Btw, sedari kecil, aku sering mendengar cerita tentang sambal kemang. Kata ayah, sambal kemang adalah salah satu masakan favorit beliau. Beliau akan makan dengan sangat lahap jika sambal kemang ini tersedia. 

Kendalanya adalah, buah kemang sekarang sudah langka. Mungkin nyaris tak ada yang menanam buah ini. Buah kemang bukan sejenis buah yang diproduksi secara masal. Mungkin memang tak banyak peminatnya. Dan kebetulan banget. Waktu ke pasar minggu lalu, ibuku ketemu orang yang berjualan buah ini.

Ibuk membeli buah kemang itu. Harga satu buah kemang hanya Rp, 5000,- . Ibuk membelinya dua buah. Satu buah cukup untuk sekali atau dua kali makan kata beliau. 

Ternyata membuat sambal kemang sangatlah mudah. Berikut ku bagikan caranya:

Bahan

- satu buah kemang

- cabai merah 20 buah

- cabai rawit 5 buah

- bawang merah 4 siung

- bawang putih satu siung

- terasi secukupnya

- garam secukupnya

- penyedap masakan secukupnya


Cara memasak

- buah kemangnya dikupas, kemudian di potong kecil-kecil dan di-blender. Blender-nya kasar tapi. Ngga sampai halus banget.

- semua bumbu di-blender kasar juga

- tumis terasi sampai wangi

- tumis bumbu sampai matang

- masukkan kemang

- aduk rata

- tambahkan garam

- tambahkan penyedap

- diaduk rata semuanya sampai matang.


Bagaimana rasanya?

Rasanya lezat banget. Asamnya khas kemang. Sedikit manis dan aroma nya tajam. Aroma terasi dan bumbunya pas berpadu. Lezat banget. Aroma kemang memang sangat tajam. Tapi tidak mengganggu. Justru membuat rasa sambal kemang jadi istimewa. Sambal kemang ini dimakan dengan nasi putih dan sayur rebus. Istimewa.

Dan ternyata sambal buah kemang ini habis pada waktu sekali makan. Pas banget dihidangkan dengan ikan goreng dan sayur rebusan. Sayur rebusan yang kami pakai adalah terong bulat hijau dan tebu telur. Pas mantap.

0 Response to "Nyobain Sambal Kemang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel