Home » » Impian Berlibur ke Borobudur

Impian Berlibur ke Borobudur

Posted by cuapguru on Saturday, January 26, 2019

traveloka
Keindahan Candi Borobudur 
Assalamualaikum teman-teman. Terimakasih telah berkunjung ke cuapguru. Kali ini cuapguru mau berbagi kisah. Kisah tentang keresahan dan obatnya. Apa sih obat keresahan menurut teman-teman? Selain ibadah tentunya. Karena ibadah itu memang nomor satu. Kalau menurut aku sih traveling bisa banget jadi obat. Karena traveling bisa membuat suasana hati menjadi riang. Aku jadi teringat  keistimewaan traveling ini sedari pulang dari berobat ke dokter. Berikut kisahnya.

Awal tahun 2019 aku merasa drop banget. Badanku sering gemetaran. Seluruh badan, terutama tangan. Aku juga merasa terlampau sedih. Aku pun lesu dan sangat sangat mudah letih. Aku juga sangat kesulitan untuk bisa tidur. Lalu akhirnya berobat ke dokter. Finally dapatlah resep sembuh dari dokternya. Selain tentu saja meningkatkan ibadah sebagai solusi nomor satu, beliau berkata, "kamu harus riang".

Baik. Semua orang memang harus riang. Ga cuma aku yang harus riang. Kamu, aku, dan kita semua  harus riang. Tapi apa yang bisa membuat riang? Salah satu hal yang bisa buat jiwa riang adalah jalan-jalan alias traveling alias safar. Sudah jadi hal lumrah bahwa jalan-jalan itu berefek kepada kebahagian diri. Saat jalan-jalan, biasanya akan terasa rileks, merasa senang, dan kayak ada kebahagiaan gitu. Apalagi jalan-jalan dilakukan bersama orang tercinta. Pasti bahagia banget kan. Insya Allah.

Omong-omong tentang traveling nih, btw, salah satu kota yang aku pengen banget kunjungi adalah Yogyakarta. Kota yang terkenal kaya akan berbagai wisata. Aku tuh tertarik sama wisata-wisata yang ada di sana. Di sana wisatanya indah dan keren. Lengkap, dari yang tradisional hingga modern. Dan di antara hal yang mau aku kunjungi banget kalau aku ke jogja adalah situs warisan sejarah nan gagah, Candi Borobudur. Lokasi Borobudur tak jauh dari Yogyakarta. Sekitar satu jam.

Yang aku terbayang kalau aku kesana adalah menikmati indahnya pandangan alam dari puncak Candi Borobudur. Rasanya akan membuat jiwaku kagum atas keluhuran sejarah bangsa. Bangga. Rasa bangga melihat bangunan yang berarsitektur secantik itu. Dan pada masanya pastilah bangunan itu adalah yang sangat megah. Bahkan kemegahannya terasa sampai sekarang. Aku kagum sama susunan bebatuan yang bisa ditata sehingga menjadi bangunan gagah meski tanpa perekat. Keren banget. Aku mau photo di sana sini.

traveloka
Ardi foto di depan relief Borobudur
Kebetulan adikku, Ardi, pernah merantau ke Yogyakarta. Cerita adikku, ia pernah beberapa kali berkunjung ke Candi Borobudur. Ia pun mengakui bahwa keindahan alam di sana sungguh menawan. Bangunan Borobudur juga sangat indah. "Setiap lantai ada relief-relief yang keren", begitu katanya. Aku jadi bersemangat. Dan berbekal dari banyaknya informasi yang diberikan adikku, aku pun menyusun tips asik dan tips hemat berkunjung ke Borobudur. Berikut tips-tips nya:

Tips asik:

1. Foto dulu sebelum naik.
Kata adikku, pintu naik dan pintu turun nya berbeda. Nanti ada pemandunya yang mengarahkan. Jadi jalurnya satu gitu. Ga bisa bolak balik. Kalau mau foto tampak seluruh bangunan yang cantik, baiknya foto sebelum naik.

2. Patung dalam candi
traveloka
Foto bersama sahabat
Ada spot foto keren yang popular. Kata adikku ada patung yang berada dalam candi. Bagus foto disana. Aku juga mau kalau spot nya unik dan popular. Juga sekaligus menjajaki sejarah bangsa kan.

3. Foto di puncak
Arsitektur bangunan Borubudur memang keren. Dan di puncaknya tambah keren. Biasanya orang-orang banyak foto di sana. Aku lihat foto adikku. Indah banget kelihatan puncak candinya.

4. Foto view pemandangan dari puncak
Pemandangan dari puncak Borobudur sangat indah. Kalau aku ke sana, aku baiknya foto pemandangan nya juga kata adikku. Banyak orang yang berfoto dipinggir candi dan ambil gambar pemandangan sebagai latarnya gitu. Pasti bagus.

Tips hemat:

1. Pake jasa sewa motor
Cerita adik ku nih, kalau mau ke candi borobudur. Dari pusat kota Yogyakarta baiknya sewa motor aja. Lebih hemat. Bayaran sewa motor itu tergantung jenis motornya. Dan sewanya bisa perhari. Keuntungan lainnya selain hemat adalah fleksibel. Transprotasi kita jadi lancar. Tapi kalau khawatir banget ga tau jalan karena ga ada kenalan. Naik jasa transportasi online aja.

2. Bawa air minum
"Borobudur itu seperti gunung. Gunung yang dijadikan bangunan. Tinggi banget dan luas. Banyak tangga. Bawak aja air minum." Ini yang belum ada terpikir di pikiranku sebelumnya. Kalau ternyata Borobudur itu seperti gunung. Pantesan aja pemandangan dari puncaknya indah. Karena tinggi seperti naik bukit gitu.

3. Beli souvenir seperlunya
Katanya di sana akan ada penjual souvenir yang tangguh banget dalam menjajakan dagangan. Mereka akan terus mengejar calon konsumennya. Lebih baik berjalan lurus kalau ga mau beli. Terkadang hemat itu perlu.

4. Beli tiket hemat
Biasanya sebelum pergi aku cek harga-harga tiket. Harga tiket pesawat yang hemat. Sewa hotel yang hemat. Dan kalau ada yang hemat pasti tambah riang. Karena ada uang lebih jadinya. Aku biasanya cek langsung di aplikasi Traveloka. Dan kini pun ada tiket hemat masuk ke tempat wisata juga yang ternyata lebih murah. Hemat plus plus jadinya.

Semoga kita senantiasa dalam kebaikan dan keberkahan. Semoga kita bisa senantiasa rileks dan riang. Semoga impian ku untuk traveling terwujud. Semoga impian teman-teman untuk traveling terwujud. Aamiin Yaa Rabbal Alamin.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. Recommend liburan yang bagus, borobudur adalah salah satu keajaiban dunia, jadi berlibur kesana pasti seru,

    ReplyDelete
  2. berlibur sambil belajar sejarah emang disini tempatnya, mudah-mudahan tahun ini bisa ngejogja lagi, makin banyak aja nih tempat di Jogja yang nunggu dieksplor

    ReplyDelete
  3. kapanla..bisa main ke Brorobudur ni.....pengenn...pengen pengen

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email