Home » » Reading for English

Reading for English

Posted by cuapguru on Friday, December 7, 2018

www.cuapguru.com

Bahasa Inggris telah lama menjadi bahasa internasional. Pelajaran bahasa inggris telah lama pula menjadi bahasan yang menantang. Ada banyak sisi dalam pelajaran bahasa inggris. Termasuk sisi kosa kata, tata bahasa, bunyi kata, krmampuan berbicara, kemampuan mendengar, kemampuan menulis, dan kemampuan membaca.

Sedangkan fokus pada pelajaran di sekolah-sekolah umumnya berada pada sisi empat kemampuan berbahasa, yaitu: mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Yang sampai sekarang masih saja menjadi tantangan yang teramat besar.

Ada banyak penelitian mengenai berbagai metode dalam pembelajaran bahasa inggris. Ada banyak upaya yang telah dilakukan untuk memaksimalkan cara belajar agar hasil yang didapatkan maksimal. Dan masih banyak penelitian yang akan masih terus dikembangkan.

Salah satu sisi yang diyakini perlu dikuasai terlebih dahulu adalah kosa kata. Kadang kita perlu juga mentarget hafalan. Minimal hafal sekian dan sekian. Meski, tak sedikit yang mengatakan bahwa kosa kata jangan dihafal. Tapi perbanyak saja membaca. Kosa kata akan meningkat dengan sendirinya. 

Membaca bukan lah kemampuan yang mudah bagi sebagian orang. Membaca juga memiliki tantangan. Misalnya saja bagi orang yang kepekaan suara nya tinggi. Ia akan dengan cepat terganggu dengan suara ini itu ketika ia mencoba berkonsentrasi membaca.

Misalnya juga, ada orang yang terlalu mudah berimajinasi. Ia akan terganggu konsentrasinya karena setiap kata yang ia baca langsung memunculkan imajinasi. Imajinasi yang terlalu banyak kemudian membuat ia membaca dengan sangat lama.

Kesulitan dalam membaca kadang membuat sebagian orang fruatasi. Efeknya dengan mudahnya mengantuk ketika membaca. Bahkan kadang baru membaca sebentar saja sudah mengantuk. Namun jika dihentikan membaca, kantuk pun hilang.

Membaca tak segampang itu bagi sebagian orang. Mungkin hal ini pula yang menyebabkan sebagian orang mengaku tak suka membaca. Sedang sebagian lagi dengan riang nya menyandang gelar sebagai penyuka buku.

Walau bagaimana pun, tetap saja membaca merupakan hal utama dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Jika ingin meningkatkan kemampuan membaca dengan cepat, maka membaca lah.

Dalam memilih bacaan berbahasa inggris. Kita dipermudah. Karena ada banyak sumber bacaan yang sangat mudah diakses. Zaman canggih internet memang telah berhasil mempermudah pelajar di penjuru dunia untuk memanbah ilmu.

Ada beberapa situs yang menyediakan bacaan bahasa inggris. Mulai dari berita, cerpen, novel, dan sebagainya. Cerpen atau novel pun ada yang disediakan bertingkat. Ada level penyeauaiannya. Misal, kita membaca level satu dirasa terlalu mudah, coba baca yang level dua. Jika masih terlalu mudah, maka baca yang level tiga, dan seterusnya.

Kita bisa memilih bacaan yang sesuai dengan kita. Tidak terlalu mudah juga tidak terlalu susah. Pilih yang nyaman kita baca. Bisa juga pilih sesuai tema kesukaan kita.

Jika ingin menambah informasi tentang kabar terkini, baca saja berita-berita. Membaca berita ini memiliki kelebihan. Selain meningkatkan kemampuan membaca, juga bisa menambah wawasan. Dan kata- kata yang digunakan di media berita cenderung lebih terpakai langsung dalam keseharian. Karena bahasanya terbarukan. Beda dengan novel atau cerpen lama yang bahasanya lama pula.

Terkadang, bahasa keseharian mungkin dirasa kurang indah. Ada beberapa orang yang mengagumi bahasa dalam karya sastra lama. Ada keindahan tersendiri dalam kata-kata bahasa sastra. Berbeda dengan bahasa berita yang serius dan formal.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email