Memanfaatkan Teknologi Jaman Now, Pemkot Kota Bengkulu luncurkan 4 Program Digital

Pemkot Kota Bengkulu luncurkan 4 Program Digital
Aktivitas di ruang monitoring center bersama Wakil Walikota Kota Bengkulu
Jaman now memang jamannya teknologi digital. Segala sesuatu sudah serba digital. Bahkan pesan makanan pun bisa dengan cara era digital. Tak perlu harus datang ke restoran, bisa pesan secara digital, online.

Pemkot Kota Bengkulu terus menambah prestasi. Pemkot Kota Bengkulu pun memanfaatkan jaman digital untuk kemajuan Kota Bengkulu. Dengan kerja keras dan dukungan banyak pihak, akhirnya Pemkot Kota Bengkulu melaunching 4 program digital, yaitu: Aplikasi HD City, Aplikasi HD OTO, Monitoring Centre dan Wifi Gratis.

Aplikasi HD City

Pemkot Kota Bengkulu luncurkan 4 Program Digital
Aplikasi sudah bisa didownload di play store
Merupakan aplikasi android yang berisikan informasi tentang Kota Bengkulu. Tersedia informasi tentang daftar rumah sakit, puskesmas, hotel, restoran, dan wisata unggulan yang ada di Kota Bengkulu. Juga, sekaligus merupakan aplikasi pemanggilan ambulance gratis.

Ambulance gratis?
Awalnya ide muncul dari Walikota Kota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE. Beliau melihat perlunya memaksimalkan kebermanfaatan mobil dinas yang dimiliki Kota Bengkulu. Beliau ingin mobil dinas yang adanya memang untuk masyarakat, benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat.

Alhamdulillah akhirnya terwujud dalam bentuk ambulance gratis online. Masyarakat Kota Bengkulu kini bisa memesan ambulance hanya dengan aplikasi di android mereka. Sangat mudah. Kemudahan ini diharapkan bisa menghilangkan kesulitan kendaraan untuk pelayanan kesehatan.

Cara memanggil ambulance gratis online:
1. Download aplikasi HD City di playstore. Ketik di pencarian " HD City Bengkulu". Nanti muncul aplikasi HD City. Download dan instal di android kamu.
2. Buka aplikasi tersebut. Buka menu HD Oto. Lalu ikuti langkah-langkah yang ada di sana.
3. Kamu juga akan diminta mengirimkan gambar pasien dan juga tanda tangan digital. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pemanggilan yang salah sasaran.
4. Pemesanan akan dikonfirmasi oleh operator untuk ditindaklanjuti. Dan ambulance online akan segera datang.

Aplikasi HD OTO
Aplikasi ini adalah aplikasi khusus untuk pengemudi ambulance gratis online. Aplikasi ini digunakan untuk penugasan penjemputan pasien. Untuk sekarang, jumlah mobil ambulance online yang standby adalah 22 mobil.

Wifi Gratis
Program wifi gratis ini merupakan program yang pro kekinian banget. Pemkot menyediakan program wifi gratis di tiga tempat: Taman Nusa Indah, Smart City, dan Monitoring Center.

Caranya gampang,
1. Aktifkan wifi di smartphone kamu
2. Pilih wifi free pemkot Kota Bengkulu
3. Nanti kamu akan masuk ke laman free wifi nya pemkot Kota Bengkulu. Di sana ada video singkat yang hanya berdurasi 10 detik. Klik video tersebut.
4. Setelah video terputar selama 10 detik, muncul pilihan "skip". Klik aja "skip" tersebut.
5. Kemudian kamu diminta mendaftar untuk bisa akses wifi gratisnya. Hanya dengan memasukkan data standar, seperti nama, alamat email, no. hp, dan password.
6. Selesai. Wifinya sudah bisa digunakan.

Monitoring Center

Pemkot Kota Bengkulu luncurkan 4 Program Digital
Bersama Blogger Bengkulu
Lokasinya di Jln. Jati, di samping kantor dinas pariwisata Kota Bengkulu. Tak jauh dari simpang skip. Monitoring center ini pusatnya pemantauan cctv. Sekarang cctv disebar di beberapa tempat strategis Kota Bengkulu. Totalnya ada 33 cctv. Yang 28 dari 33 cctv tersebut bisa berputar 360 derajat.

Sangat efektif untuk memantau tempat yang dibidik. Ada beberapa yang dilengkapi fasilitas suara. "Nantinya bisa diperdengarkan adzan juga dari suara di situ." Kata Dedy Wahyudi, SE, MM, Wakil Walikota Kota Bengkulu.

Selain untuk memantau cctv, monitoring center juga sebagai tempat pemantauan pelaporan masyarakat secara online. Termasuk tempatnya operator pemanggilan ambulance online. Jadi operator yang akan memeriksa dan mengkomfirmasi pemanggilan ambulance online berada di monitoring center ini.

Ketika ada pelaporan dari masyarakat. Dan masyarakat memanggil ambulance gratis online. Maka pemesanan akan menjadi tugas operator di monitoring center untuk di komfirmasi. Petugas memeriksa kebenaran laporan. Lalu mengkonfirmasi. Kemudian memberikan penugasan pada pengemudi ambulance. Barulah ambulance berangkat menuju lokasi yang diminta pemesan.

Semoga semua niat baik Pemkot Kota Bengkulu ini menjadi kebaikan bagi seluruh masyarakat Kota Bengkulu. Semoga Kota Bengkulu semakin maju dan berjaya. Semoga jalannya program-program digital ini dimudahkan Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

13 Responses to "Memanfaatkan Teknologi Jaman Now, Pemkot Kota Bengkulu luncurkan 4 Program Digital"

  1. Semoga bengkulu ke depan makin maju dan berjaya dengan adanya aplikasi ini semakin dikenal di luar daerah

    ReplyDelete
  2. Semakin maju saja kota bengkulu, semoga menjadi kota modern yang unggul di segala bidang kehidupan

    ReplyDelete
  3. bagus nih kalau ada cctv dimana-mana, supaya meminimalisisr tindka kejahatan. masa iya masih mau melakukan kejahatan dan hal tak baik lainnya padahal cctv nyebar dimana-mana

    ReplyDelete
  4. Bengkulu makin keren! Ini wifi dan lainnya semoga makin bemanfaat buat perkembangan kota ya

    ReplyDelete
  5. Waah keren nih inovasi pemkot Bengkulu, makin kece aja dengan wifi di mana-mana, jadi pengen ke Bengkulu

    ReplyDelete
  6. wahhhhhh ini sumpah keren banget invoasi pemkot Bengkulu-nya! Ambulance gratis itu perlu banget bisa dipesan secara online. Semoga akan diikuti oleh kota-kota lainnya. aamiin

    ReplyDelete
  7. Aku terkesima dengan niat awal pembuatan ambulance gratisnya. Semoga bisa benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat kota Bengkulu yaa. Penting banget buat darurat, terasa banget suka susah telpon ambulance pas butuh-butuhnya. :(

    ReplyDelete
  8. Wah kok keren Mbak. Di Jogja apakah sudah ada? Ini program daerah berarti ya bukan nasional? Aku share ya mbak

    ReplyDelete
  9. Wah inovasi pemkot Bengkulu patut diacungi jempol, ambulance gratis ,monitoring center ,semoga semuanya brjalan lncar dan membantu masyarakat

    ReplyDelete
  10. Semoga dengan cctv tindak kejahatan makin berkurang..dan jika kalao pelaku bisa ditindak cepat karena pelaku terekam di cctv

    ReplyDelete
  11. Turut senang dengan pemerintah yang mau mulai perhatian ke perkembangan teknologi. Ke depannya jadi lebih cepat dan efisien lagi.

    ReplyDelete
  12. Kmrn kayaknya sempet liat di IG siapa gtu ttg monitoring center ini. Keren ya jd bisa mengamati kondisi sekitar sekaligus mencegah kejahatan terjadi. Semoga makin banyak fasilitas2 negara kyk gini shg masyarakat sealu merasa aman

    ReplyDelete
  13. Keren lah ya Bengkulu. Fasilitas pelayanan publiknya sudah maju banget

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel