Home » » TOEFL dan Tips Trik Pengerjaan Soal Yang Harus Kamu Tahu

TOEFL dan Tips Trik Pengerjaan Soal Yang Harus Kamu Tahu

Posted by cuapguru on Saturday, November 10, 2018

TOEFL dan tips trik

Assalamualaikum wr.wb.
www.cuapguru.com_ TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL adalah alat ukur kemampuan berbahasa Inggris yang memang dikhususkan untuk orang-orang yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu bagi mereka. 

TOEFL terdiri dari dua jenis, yaitu computer based testing dan paper based testing. Jenis computer based testing adalah jenis TOEFL yang menggunakan komputer sebagai media pengujiannya. Skala penilaian untuk jenis ini maksimal 300. Sedangkan paper based adalah jenis TOEFL yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skala penilaian jenis ini maksimal 677.

Dalam TOEFL ada empat bagian yang diujikan: listening comprehension, structure and written expression, reading comprehension, dan test of english written.

Listening comprehension digunakan untuk menguji kemampuan menyimak dan memahami bahasa lisan. Pada bagian ini peserta test diminta untuk mendengarkan dialog maupun monolog. Kemudian diminta menyimpulkan apa yang dimaksud dari dialog atau monolog yang telah diperdengarkan. Atau juga diminta mengenai informasi yang terdapat dari dialog atau monolog tersebut.

Structure and written expression digunakan untuk menguji kemampuan gramatikal dan penguasaan gaya bahasa tulis bahasa Inggris. Peserta test diminta melengkapi sebuah kalimat dan diminta menemukan kesalahan yang terdapat dalam sebuah kalimat.

Reading comprehension digunakan untuk menguji kemampuan memahami teks bacaan. Biasanya peserta dltes diminta menjawab pertanyaan seputar ide pokok, judul, informasi rinci, dan kosa kata yang terdapat dalam teks.

Test of english written digunakan untuk menguji kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Pada bagian ini peserta tes diminta menulis dari tema yang diberikan. Biasanya tes ini dilakukan sebelum listening comprehension. Tapi tidak semua TOEFL menggunakan bagian tes ini.

Soal tes listening comprehension berjumlah 50 pertanyaan. Dan waktu yang diberikan adalah selama  40 menit. Kemudian, structure and written expression berjumlah 40 pertanyaan. Dan waktu yang diberikan adalah selama 25 menit. Lalu reading comprehension berjumlah 50 pertanyaan. Dan waktu yang diberikan adalah selama 55 menit. Pertanyaan-pertannyaan tersebut adalah dalam bentuk pilihan ganda. Sedangkan test of English written dalam bentuk menulis essai selama 30 menit.

Berikut tips dalam mengerjakan soal-soal TOEFL:

1. Baca secara cepat namun tetap fokus

2. Perhatikan apa yang menjadi subjek dan verb dalam kalimat

3. Ingat-ingat kata kunci nya

4. Perhatikan kalimat-kalimat pertama dalam setiap paragraf jika ada teks bacaan untuk mengetahui tema secara cepat.

5. Pahami konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu

6. Lakukan baca cepat untuk memukan informasi rinci yang ditanyakan dalam soal

7. Kumpulkan fakta dan data dari teks bacaan untuk menyimpulkan 

8. Berkonsentrasi penuh dalam membaca

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email