Home » » Membentuk Kecerdasan Anak Dari Dini

Membentuk Kecerdasan Anak Dari Dini

Posted by cuapguru on Sunday, November 11, 2018

Membentuk kecerdasan anak dari dini
Assalamualaikum Wr. Wb
www.cuapguru.com_ Kecerdasan adalah kemampuan mental untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan memecahkan masalah. Kecerdasan merupakan perangkat pola pikir yang berguna untuk menghadapi bebagai jenis kejadian dalam keseharian kehidupan. Sehingga memiliki anak-anak dengan kecerdasan tentu saja menjadi dambaan kebanyakan orang tua.

Kecerdasan itu sendiri terbagi menjadi banyak jenis. Ada kecerdasan dalam linguistik verbal. Ada kecerdasan dalam logika matematika. Ada kecerdasan dalam bidang spasial visual. Ada kecerdasan dalam bidang ritmik musik. Ada kecerdasan dalam bidang kinestetik. Ada kecerdasan dalam bidang interpersonal. Ada kecerdasan dalam bidang intrapersonal. Ada pula kecerdasan dalam bidang naturalis. Ada pula kecerdasan dalam bidang eksistensial.

Selain jenis kecerdasan, tingkatan kecerdasan pun bervariasi. Mulai dari dibawah rata-rata, normal, di atas rata-rata, dan jauh di atas rata-rata. Kecerdasan yang memiliki tingkatan jauh di atas rata-rata biasanya disebut dengan kejeniusan atau jenius. Dan pada zaman sekarang, ada banyak cara mengukur tingkat kecerdasan. Mulai dari yang tradiaional dengan paper test sampai dengan deteksi kecerdasan dengan scan sidik jari.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi jenis kecerdasan pada anak. Dan begitu pula pada tingkatan kecerdasan. Bisa jadi murni karena gen. Namun, ada juga yang dikarenakan dibentuk dengan sengaja. Lalu ada juga faktor lingkungan tumbuh kembang anak. 

Berikut beberapa tips untuk kamu yang mau membentuk anak supaya jenius:

1. Mulailah sejak sebelum anak dilahirkan
Yaitu mulai menjaga kesehatan ibu. Makan makanan bergizi yang berkhasiat pada kecerdasan anak, seperti minyak ikan.

 Al-Ma'idah Ayat 88

"Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya."

2. Berikan ASI eksklusif selama dua tahun

Al Baqarah Ayat 233

"Dan ibu-ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang ingin menyusui secara sempurna. Dan kewajiban ayah menanggung nafkah dan pakaian mereka dengan cara yang patut. Seseorang tidak dibebani lebih dari kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita karena anaknya dan jangan pula seorang ayah (menderita) karena anaknya. Ahli waris pun (berkewajiban) seperti itu pula. Apabila keduanya ingin menyapih dengan persetujuan dan permusyawaratan antara keduanya, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin menyusukan anakmu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu memberikan pembayaran dengan cara yang patut. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Al Luqman Ayat 14

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."

Al Ahqaf Ayat 15

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim."

3. Percaya bahwa setiap anak istimewa

4. Latih anak supaya mandiri

5. Menumbuhkan minat membaca

Al Alaq Ayat 1, 3, 4

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,"

"Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia."

"Yang mengajar (manusia) dengan pena."

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Kecerdasan anak memang perlu diperhatikan semenjak dini, agar besarnya jadi apa yang diinginkan,dan kebanggaan orang tua

    ReplyDelete
  2. Semoga anak-anak Indonesia cendas, beriman dan bermartabat

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email