Home » » 7 Kata Bijak dari 7 Presiden Indonesia

7 Kata Bijak dari 7 Presiden Indonesia

Posted by cuapguru on Tuesday, September 25, 2018

presiden
sumber gambar: wikipedia

Sebagai seorang manusia biasa, seorang presiden pun tidak dapat bebas dari kekhilafan atau kesalahan. Namun apapun keadaannya, seorang presiden merupakan sosok yang harus ditinggikan posisinya karena bertindak sebagai pemimpin negeri. Terlepas dari apa tindakan seorang presiden, tentunya ada satu dua patah kata bijak yang dapat kita ambil sebagai pelajaran hidup. Berikut ini adalah kata-kata bijak dari Presiden Indonesia.

Soekarno

“Barang siapa yang mengingingkan mutiara, maka harus berani terjun ke dalam lautan yang dalam”

Ungkapan yang pernah dilontarkan oleh Presiden Soekarno tersebut memiliki artian bahwa tidak ada sesuatu yang besar dapat dirain dengan instan. Semua hal memerlukan perjuangan walaupun harus ditempuh dengan cara yang tidak mudah dan terkadang juga menyakitkan. Bahkan tidak sedikit yang membentur dinding kegagalan. Namun ketika dilakukan dengan serius, tanpa mengeluh dan keyakinan tinggi, maka tidak ada hasil yang mengkhianati proses.

Soeharto

“Seseorang harus berani menjaga kebaikannya, karena itulah investasi terbaik bagi kehidupan”

Pada saat masih menjabat sebagai Presiden Indonesia, Presiden Soeharto pernah mengungkapkan hal tersebut dengan makna bahwa kebaikan merupakan investasi terbaik bagi kehidupan terlebih untuk diri sendiri. Sebagaimanapun level, derajat, pangkat dan apapun seseorang, akan tetapi jika tidak memiliki kebaikan dalam diri, maka sia-sialah hidupnya.

BJ Habibie

“Apabila ada seseorang yang menghina Anda, maka tetaplah dia dan anggap bahwa hinaan itu adalah sebuah pujian yang telah disusun orang yang bersangkutan selama berjam-jam dengan mengamati Anda”

Arti dari ungkapan tersebut adalah bukan tidak pantas melakukan ‘serangan balik’ namun lebih ke arah menjaga dan menahan diri, sekaligus menghemat energi daripada harus meladeni seseorang yang tidak mengerti apapun tentang Anda dan hanya dapat melakukan cibiran, hinaan dan ejekan. Tetaplah fokus melangkah tanpa memperdulikan hal tersebut.

Abdurrahman Wahid

“Memuliakan seseorang sama dengan memuliakan penciptanya, akan tetapi merendahkan seseorang sama juga dengan menistakan yang menciptakannya”

Banyak cara bakal dilakukan seseorang atau kelompok tertentu demi mendapatkan dan meraih ambisi serta posisi yang diharapkan, termasuk dengan memfitnah, menista dan merendahkan seseorang atau kelompok lainnya. Justru hal tersebut bukanlah sesuatu yang tepat dilakukan karena Tuhan menciptakan manusia dengan segala keistimewaan, maka dengan merendahkan, menista dan menjelekkannya, sama dengan melakukan hal sama kepada Tuhan.

Megawati Soekarnoputri

“Nabi itu seorang pemimpin hebat, tapi dia bukan sarjana kok”

Sepele dan sederhana apa yang pernah diungkapkan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri beberapa tahun lalu. Hal itu merupakan sindiran kepada seseorang yang menilai orang lain berdasarkan tingkat pendidikan yang dimiliki.

Susilo Bambang Yudhoyono

“Harapan dapat menjadi pelawan rasa takut apabila kita memang benar-benar meyakini dan percaya”

Apa yang diungkapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut adalah benar karena tanpa keyakinan dan rasa percaya yang tinggi, maka harapan akan tinggal harapan ketika rasa takut gagal dan jatuh menyelimuti diri.

Joko Widodo

“Teruslah bekerja karena itu akan menghasilkan sesuatu daripada terus ngomong yang akan hanya menghasilkan suatu alasan saja”

Ungkapan yang dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo ini sama artinya dengan istilah lain, yaitu “Lebih baik bergerak daripada jalan di tempat” yang memiliki artian dengan bergerak dan bekerja, maka akan ada hasil yang dapat dilihat nantinya, daripada hanya sekadar mengumbar retorika dan ujaran belaka yang justru menghasilkan omong  kosong besar tanpa arti.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Menyejukan sekali pembahasanya, ditengah gonjang ganjing antara pro pemerintah dan pro oposisi, yang tidak tahu lagi membedakan mana yang benar dan mana yang salah, sudah sepatutnya kita selalu berfikiran positif demi kemajuan bangsa yang besar ini

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email