Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendidikan Profesi Guru

Pendidikan Profesi Guru
sumber gambar: PPG BING UNP V
PPG adalah singkatan dari Pendidikan Profesi Guru. PPG merupakan pendidikan tinggi lanjutan setelah program pendidikan sarjana. PPG diperlukan untuk memiliki pekerjaan sebagai seorang guru yang mensyaratkan keahlian khusus. PPG ditempuh selama satu tahun. PPG bisa diikuti oleh sarjana pendidikan maupun non pendidikan. PPG merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku lagi sejak tahun 2005.

Lulusan dari PPG akan mendapatkan gelar. Gelar yang diberikan adalah Gr, di belakang nama seorang guru. Hal ini dikarenakan guru merupakan suatu profesi yang diatur dalam undang-undang. Dengan kata lain, PPG merupakan sarana legalisasi seorang guru. Sehingga diharapkan, lulusan PPG menjadi guru yang unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.

PPG yang diselenggarakan sekarang terdiri dari PPG bersubsidi dan PPG swadana. Dimana PPG bersubsidi merupakan program pendidikan yang penyelenggaraannya dibantu oleh pemerintah. Sedangkan PPG swandana merupakan program pendidikan yang penyelenggaraannya dibiayai penuh oleh mahasiswa.

Sistem Pembelajaran
Dalam PPG, sistem pembelajaran yang digunakan tidak sama seperti perkuliahan pada umumnya. Sistem yang digunakan adalah workshop/lokakarya untuk membuat perangkat pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan praktik lapangan untuk langsung mencobakan hasil workshop/lokakarya tersebut. 

Kelulusan
Untuk lulus dari PPG ada beberapa ujian yang harus dilalui mahasiswa PPG. Ujian tersebut meliputi Uji Kinerja dan Uji Tulis. Uji tulis terdiri dari Uji Tulis Lokal dan Uji Tulis nasional/UKM PPG. Setelah lulus semua ujian yang diberikan, mahasiswa mendapatkan sertifikat pendidik dan berhak menyandang gelar Gr sebagai legalisasi seorang guru profesional.

Kenapa PPG penting?
PPG sekarang menjadi sangat penting dikarenakan pemerintah sedang menuju target peraturan terbaru agar semua guru harus memiliki sertifikat pendidik. Hal ini berawal dari kurang menggembirakannya kualitas pendidikan. 

Indonesia sedang mengalami kekurangan guru dalam jumlah besar. Terlebih beberapa tahun ke depan masih akan ada pensiunan guru secara massal. Guru yang dulu diangkat secara serentak, kini memasuki pensiunan secara serentak pula. 

Seiring kekurangan guru dan target persyaratan baru bahwa guru harus memiliki sertifikat pendidik. Maka pemerintah pun menyelenggerakan PPG bahkan dalam beberapa jenis. Ada PPG dalam jabatan untuk guru yang sudah mengajar di sebuah sekolah. Ada PPG prajabatan untuk sarjanan yang baru lulus dan belum bertugas di sebuah sekolah. 

Post a Comment for "Pendidikan Profesi Guru "