Home » » Kekayaan dan Keunikan TTU, NTT Indonesia

Kekayaan dan Keunikan TTU, NTT Indonesia

Posted by cuapguru on Sunday, August 12, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Apa kabar sahabat cuapguru? Semoga selalu dalam lindungan Allah dan limpahan kebaikan. Btw, cuapguru merasa bangga dengan kemenangan Timnas U-16 di pertandingan melawan Thailand tadi malam. Semoga Indonesia Juara terus ke depan nya. 

Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Selain kaya prestasi, Indonesia juga kaya budaya dan bahasa. Alam Indonesia yang sangat kaya juga menjadi kebanggan kita bersama. Omong-omong nih sahabat cuapguru, kekayaan Indonesia yang sangat banyak juga sangat terasa di daratan Timor. Khususnya di Timur Tengah Utara atau "TTU". Ada banyak kekayaan dan keunikan di TTU yang baiknya kita kenali. 

Sewaktu berada di daratan Timor, khususnya TTU, saya berusaha sangat memperhatikan kebudayaan di sana. Berikut ini kekayaan dan keunikan TTU yang sempat saya catat.

AIR
Air di timor tengah utara umumnya adalah air yang mengandung kapur. Air nya berwarna keruh. Jika kita lama membiarkan air di dalam sebuah gelas, misalnya, nanti gelas tersebut akan menjadi putih. Karena zat kapur yang ada pada air. Perabotan dan pakaian sulit dijaga agar tidak menjadi putih karena kapur.

Air juga umumnya sulit didapatkan. Hanya ada beberapa titik wilayah yang beruntung mendapatkan air dengan mudah dan lancar. Umumnya harus berjuang keras untuk mendapatkan air. Biasanya ada mata air kecil di beberapa daerah. Terkadang, harus membeli air untuk memenuhi kebutuhan keseharian. Satu tanki air biasanya berharga Rp. 75 ribu. Dan lama/banyaknya pemakaian tergantung pada masing-masing individu.

KUDA
Setiap tahunnya ada lomba pacuan kuda di TTU (Timor Tengah Utara). Ada dua daerah yang menyediakan area pacuan kuda. Yang pertama, di ibukota kabupaten, Kefamenanu. Pacuan kuda terdapat di daerah kilo 7. Kedua, di wini, pacuan kuda di wini lebih bagus daripada pacuan kuda di kefamenanu.

Di Kefamenanu dan di beberapa daerah tentu ada pemeliharaan kuda. Di Kefamenanu, sering pada pagi hari terlihat. Pemelihara kuda mengajak kudanya berjalan-jalan mengitari beberapa kawasan.

BABI
Babi adalah hewan yang sangat familiar di TTU. Melihat kandang babi di rumah- rumah warga adalah hal yang biasa. Bahkan terkadang ada babi yang berkeliaran. Babi adalah hewan yang istimewa. Karena berharga lumayan mahal katanya. Kedai yang menyediakan menu babi tentu ada dimana- mana.

GARAM
Garam timor katanya selain untuk perasa makanan juga bisa digunakan sebagai obat. Gram disini sering dijual perbungkus. Sebungkus kecilnya seharga Rp. 5000. Bungkusannya kebanyakan menggunakan kantong kresek. Tapi ada juga yang menggunakan anyaman tradisional berbentuk tabung kecil.

BAHAN MAKANAN
SM3T

Disini beras dijual perkilo. Beras biasa Rp. 12.000/ kilo. Sedangkan bumbu- bumbu biasanya dijual pertumpukan kecil. Satu tumpuk Rp. 5000. Kadang juga ditakar dengan takaran tertentu. Misalnya dengan kaleng bekas susu kaleng.

DAGANGAN
SM3T

Ada beberapa pedagang yang masih sangat tradisional. Mereka tidak stay di pasar. Mereka menjajakan dagangan door to door. Dan mereka membawa bak besar perisi penuh dagangan di atas kepala mereka. Mereka berjalan keliling kota. Bahkan di saat terpanas sekalipun. Uniknya lagi terkadang mereka tidak segan langsung meminta kalau ada kita mau kasih mereka beras atau pakaian layak pakai.

JUALAN BENSIN DALAM BOTOL
Di TTU ada banyak sekali jualan bensin eceran. Dimana-mana ada berjejer jualan bensin. Jualan bensinnya tidak menggunakan jerigen. Tapi menggunakan botol bekas. Botol botol kaca bekas ada banyak di TTU ini.

BAHASA
Bahasa TTU adalah bahasa dawan.

Mesek = satu

Noak = dua

Teun = tiga

Hak = empat

Nim = lima

Au = aku

Loem = cinta

Ko = kamu

Nauben = pergi/berangkat

Fafi = babi

Ada juga bahasa percampuran.

Nona = perempuan muda

Nyong = pria muda

Bajingan = keren/hebat
SM3T
Sonde = tidak                  

Beta = aku

Pele = menghalangi

dll.

MAKAN BUAH PAKAI MASAKO
Orang TTU biasa memakan buah pakai masako. Misalnya musim mangga, orang-orang makan mangga yang masak dan manis tetap dengan masako.

UPACARA HARI BESAR
Setiap upacara peringatan hari besar. Peserta upacara diwajibkan memakai pakaian adat. Tidak hanya pakaian TTU, tapi boleh juga memakai pakaian adat daerah asal kita.

MAKAN BESAR
Khususnya di sekolah, selalu ada jamuan setelah kegiatan besar. Misalnya, setelah pelaksanaan mid semester, semesteran, ujian sekolah, dan ujian nasional.

DANSA
Orang-orang di TTU sangat gemar berdansa. Di setiap acara besar selalu ada dansa- dansa. Bahkan di acara perpisahan sekolah sekalipun. Selalu ada kegiatan berdansa ini. Selain dansa, ada juga tari berkelompok dengan bentuk lingkaran.

ANJING
Di TTU, anjing sangatlah banyak. rumah- rumah banyak yang memelihara anjing sebagai penjaga rumah. Selain sebagai penjaga, anjing juga biasa dikonsumsi. Anjing juga banyak berkeliaran.

PAKAIAN TRADISIONAL
SM3T
Pakaian traditional masih sangat terpakai dalam keseharian di TTU. Pemandangan orang dengan pakaian tradisional ada dimana-mana.

JASA MENGISI BATERAI HP
Masih ada beberapa daerah di kabupaten TTU yang belum dialiri listrik. Ternyata di Kefamenanu ada tawaran jasa cas HP. Bayarannya Rp 3000/jam.

MUSIM
Di TTU ada bayak musim, mulai dari musim kering dimana jarang kita bisa melihat daun hijau. Ada musim dingin yang berkabut. Ada musim hujan saat nya untuk menanam jagung.

Untuk buah-buahan pun ada musimnya, musim buah asam, musim semangka, musim mangga, musim jambu biji, musim mentimun, dll. Tidak seperti di daerah subur Indonesia yang buah-buah tersebut bisa didapatkan sepanjang tahun. Di sini hanya ada pada saat musim tertentu.

Finally, sebenarnya masih banyak lagi kekayaan dan keunikan TTU yang akan saya ceritakan. Tapi mungkin di lain waktu akan saya bagikan. Semoga menjadi kebaikan.

Thanks for reading & sharing cuapguru

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Memang daerah yang unik ya, ada sesuatu yang membuatnha menjadi khas, dan pulau timor ini memang penuh dengan kekhasan nya

    ReplyDelete

IBX5AB59D2A8A617

Search This Blog

Follow by Email